Universitas Pertamina: Pilihan Jurusan dan Biaya Kuliah

Universitas Pertamina: Pilihan Jurusan dan Biaya Kuliah

Pertamina University atau Universitas Pertamina adalah sebuah perguruan tinggi di Jakarta Selatan yang dinaungi oleh Yayasan Pertamina. Status akreditasi Universitas Pertamina saat ini adalah Baik.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta versi Kemenristekdikti

Universitas Pertamina Jakarta membuka program studi sains dan teknologi maupun sosial dan humaniora. Apa saja jurusan di univ Pertamina? Berikut program studi atau jurusan dan fakultas di Universitas Pertamina.

jurusan di universitas pertamina
Photo by Kateryna Babaieva on Pexels

1. Teknologi Industri

Ada empat program studi atau jurusan Universitas Pertamina di Fakultas Teknologi Industri. Keempat jurusan di Universitas Pertamina tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknik Kimia

Bidang keilmuan Teknik Kimia Pertamina University meliputi analisis manajemen risiko serta desain, optimisasi, analisis, dan pengendalian proses kimia industri. Untuk itu, Teknik Kimia menawarkan tiga peminatan yang terdiri dari Desain Produk Kimia, Desain dan Integrasi Proses Kimia, serta Teknik Bioproses.

2. Teknik Mesin

Alumni salah satu jurusan di Universitas Pertamina ini dibutuhkan di industri pemipaan, manufaktur, maupun fabrikasi. Ada tiga peminatan yang ditawarkan di Teknik Mesin, yaitu Kehandalan dan Integritas Struktur, Teknik Inovasi Energi, serta Robotika Industri.

3. Teknik Logistik

Kehadiran Teknik Logistik merupakan bagian dari peran Universitas Pertamina Jakarta dalam manajemen logistik dan rantai pasok industri global. Alumni jurusan Universitas Pertamina dibekali dengan keahlian dan kemampuan untuk berkontribusi dalam menangani hambatan konektivitas logistik, khususnya di Indonesia yang memiliki kesenjangan ekonomi dan geografis.

Jurusan di Universitas Pertamina ini merupakan salah satu pelopor Program Sarjana Teknik Logistik di perguruan tinggi. Di jurusan ini tersedia peminatan Rantai Pasok Global, Logistik Energi Berkelanjutan, dan Logistik Maritim.

4. Teknik Elektro

Jurusan di Universitas Pertamina ini pada awalnya berdiri lantaran PT. Pertamina memerlukan pusat pengembangan ilmu dan teknologi dalam mendukung pembangkitan energi listrik konvensional maupun energi terbarukan. Oleh sebab itu, alumni Teknik Elektro Pertamina University banyak dibutuhkan oleh industri energi dan manufaktur. Jurusan Universitas Pertamina ini menawarkan peminatan Teknik Kontrol, Sistem Tenaga, dan Sistem Otomasi Fasilitas.

fakultas di universitas pertamina
Photo by Christina Morillo on Pexels

2. Sains dan Ilmu Komputer

Fakultas di Universitas Pertamina ini menaungi dua program studi atau jurusan. Kedua jurusan Universitas Pertamina tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kimia

Jurusan di Universitas Pertamina ini fokus pada pengembangan keilmuan mahasiswa dalam pemeliharaaan, pengembangan, dan penelitian material baru di bidang energi dan rekayasa material. Setelah lulus kuliah, alumni Kimia Pertamina University tak hanya dapat bekerja di industri petrokimia, tekstil, farmasi, maupun pangan, tetapi juga mampu berinovasi sebagai technopreneur. Untuk itu, jurusan Universitas Pertamina ini menawarkan empat peminatan, yaitu Kimia Fisik, Analitik, dan Material, Biokimia dan Kimia Organik, Bioenergi, serta Petrokimia.

2. Ilmu Komputer

Berbekal keterampilan dan kompetensi Ilmu Komputer yang diperolehnya selama kuliah, alumni jurusan Universitas Pertamina ini berpeluang untuk menjalani berbagai profesi seperti data scientist, data analyst, data engineer, data architect, machine learning scientist, business intelligence developer, dan masih banyak lagi. Peminatan yang tersedia di Jurusan Ilmu Komputer Pertamina University adalah Sains Data, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Software Engineer for Artificial Intelligence.

Berapa biaya masuk Universitas Pertamina
Photo by Tom Fisk on Pexels

3. Perencanaan Infrastruktur

Sama seperti Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, fakultas di Universitas Pertamina ini juga menaungi dua program studi atau jurusan. Berikut kedua jurusan Universitas Pertamina di Fakultas Perencanaan Infrastruktur.

1. Teknik Sipil

Teknik Sipil berperan dalam pembangunan berbagai infrastruktur energi seperti fasilitas gas dan minyak lepas pantai, geothermal, maupun energi baru-terbarukan. Peminatan Teknik Sipil di Universitas Pertamina Jakarta antara lain Teknik Keairan, Geoteknik, Teknik Struktur, dan Infrastruktur Energi.

2. Teknik Lingkungan

Perkuliahan Teknik Lingkungan Pertamina University meliputi pengelolaan dan rekayasa pengendalian lingkungan guna mendukung industri energi yang berkelanjutan. Ada tiga peminatan yang ditawarkan di jurusan Universitas Pertamina ini, yaitu Sains dan Teknologi Lingkungan, Teknologi Pengelolaan Limbah Industri, dan Manajemen Risiko Lingkungan.

Apa saja jurusan di univ Pertamina
Photo by fauxels on Pexels

4. Komunikasi dan Diplomasi

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Pertamina University juga menaungi dua program studi atau jurusan. Kedua jurusan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Komunikasi

Di Universitas Pertamina Jurusan Komunikasi terdiri atas tiga peminatan. Ketiga peminatan yang ditawarkan di jurusan Universitas Pertamina ini adalah Komunikasi Strategis, Manajemen Media, serta Media Sosial, Masyarakat, dan Jaringan Digital.

2. Hubungan Internasional

Perkuliahan Hubungan Internasional Pertamina University dirancang untuk meluluskan sarjana dengan kompetensi global strategist, analyst, lobyist, dan energy practitioner. Untuk itu, tersedia dua peminatan yang ditawarkan di jurusan Universitas Pertamina ini, yaitu Geopolitik dan Kemanan Energi serta Diplomasi Energi.

Universitas Pertamina apakah swasta atau negeri
Photo by Key 86 on Pexels

5. Teknologi Eksplorasi dan Produksi

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi terdiri dari tiga program studi atau jurusan di Universitas Pertamina. Berikut ketiga jurusan yang dimaksud.

1. Teknik Geofisika

Ilmu kebumian yang dipelajari di Teknik Geofisika Pertamina University menerapkan prinsip geologi, fisika, dan matematika. Aplikasi keilmuan di jurusan Universitas Pertamina ini tidak terbatas, tetapi fokus pada eksplorasi serta produksi sumber daya energi.

Alumni Teknik Geofisika Universitas Pertamina Jakarta dibutuhkan di bidang eksplorasi dan produksi gas dan minyak bumi, geothermal, pertambangan, hidrologi, hingga pengembangan wilayah dan lingkungan. Oleh karena itu, peminatan yang ditawarkan di jurusan ini meliputi Geofisika Terapan dan Komputasi, Seismologi Eksplorasi dan Karakterisasi Reservoir, serta Geofisika Digital dan Biga Data.

2. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan meluluskan para sarjana yang memiliki kompetensi dalam eksplorasi maupun produksi sumber daya gas, minyak, serta panas bumi. Empat peminatan yang dibuka di salah satu jurusan Universitas Pertamina ini ialah Teknik Reservoir, Teknik Pengeboran, Produksi dan Manajemen Migas, serta Ladang Minyak Digital dan Big Data.

3. Teknik Geologi

Teknik Geologi Pertamina University fokus pada gas dan minyak bumi, mineral energi, panas bumi, hidrogeologi, serta geologi rekayasa. Alumni salah satu jurusan di Universitas Pertamina berperan dalam eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam mineral, logam, maupun nonlogam. Peminatan yang ditawarkan oleh Teknik Geologi Universitas Pertamina Jakarta adalah Tektonik dan Analisis Cekungan, Geotermal dan Volkanologi, serta Geotermal dan Sumber Daya Energi Masa Depan.

Apa saja jurusan di univ Pertamina
Photo by fauxels on Pexels

6. Ekonomi dan Bisnis

Terdapat dua jurusan Universitas Pertamina di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kedua jurusan yang menjadi bagian dari salah satu fakultas di Universitas Pertamina ini adalah sebagai berikut.

1. Manajemen

Ada beberapa peminatan yang ditawarkan di Jurusan Manajemen Pertamina University. Peminatan-peminatan tersebut antara lain Manajemen Risiko Energi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan Berkelanjutan, Manajemen Operasi, dan Manajemen Pemasaran.

2. Ekonomi

Berbeda dari Manajemen, Jurusan Ekonomi Universitas Pertamina Jakarta menyediakan dua peminatan saja. Keduanya adalah Ekonomi Energi dan Pembangunan Berkelanjutan serta Globalisasi, Bisnis, dan Ekonomi.

 

Biaya Kuliah Pertamina University

Bagaimana dengan biaya kuliah di Universitas Pertamina Jakarta? Berapa biaya masuk Universitas Pertamina?

Sebelum membahas tentang biaya kuliah, ketahui terlebih dahulu beberapa fakta mendasar tentang Pertamina University. Misalnya, Universitas Pertamina apakah swasta atau negeri? Apa pula akreditasi institusinya?

Sebagaimana telah disebutkan di awal, Pertamina University dinaungi oleh Yayasan Pertamina. Ini berarti Pertamina University merupakan sebuah perguruan tinggi swasta. Untuk status akreditasi institusi di BAN-PT, akreditasi Universitas Pertamina saat ini adalah Baik.

Baca juga: 3 Biaya yang Wajib Dikenal sebelum Masuk Kuliah

Dengan kredensial tersebut, berapa biaya masuk Universitas Pertamina? Biaya kuliah Pertamina University melalui seleksi nilai rapor per September 2022 terdiri atas:

1. SPI (Sumbangan Pembangunan Institusi) yang dibayarkan satu kali di awal

2. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) yang dibayarkan setiap semester.

SPI yang dikenakan untuk semua jurusan di Universitas Pertamina masing-masing sebesar Rp25 juta. Sementara itu, SPP berbeda pada jurusan-jurusan tertentu. Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Hubungan Internasional mengenakan SPP sebesar Rp10 juta per semester. Teknik Geologi memberlakukan SPP sebesar Rp13 juta per semester, sedangkan jurusan-jurusan sains dan teknologi lainnya mengenakan SPP sebesar Rp.12,5 juta per semester.

The post Universitas Pertamina: Pilihan Jurusan dan Biaya Kuliah first appeared on E-TEST.ID.

Pertamina University atau Universitas Pertamina adalah sebuah perguruan tinggi di Jakarta Selatan yang dinaungi oleh Yayasan Pertamina. Status akreditasi Universitas …

The post Universitas Pertamina: Pilihan Jurusan dan Biaya Kuliah first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/universitas-pertamina-pilihan-jurusan-dan-biaya-kuliah/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=universitas-pertamina-pilihan-jurusan-dan-biaya-kuliah
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 23, 2022 4:01 pm