Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan

titiknolenglias.com (Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan) – Siapa sih yang gak minat apabila diberi kesempatan untuk bisa lanjut kuliah ke Inggris gratis biaya perkuliahan bahkan diberi tunjangan kebutuhan hidup hingga asuransi. Beasiswa Chevening merupakan beasiswa yang cukup bergengsi dari Inggris. Tapi tidak bisa dipungkiri agar bisa diterima menjadi awardee beasiswa kita haruslah melengkapi seluruh persyaratan administrasi guna melamar, seperti transkrip nilai, Sertifikat TOEFL/IELTS, juga berkas-berkas lain seperti esai.

Lalu bagaimana sih tips menulis esai Chevening Scholarship yang disukai oleh penyeleksi beasiswa dan meyakinkan bahwasanya kita layak untuk dipertimbangkan menjadi penerima Chevening Scholarship.

Free Konsultasi Kursus Bahasa Inggris

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship

Esai merupakan salah satu berkas wajib yang cukup memiliki andil besar dalam lolos atau tidaknya scholarship hunter, akan tetapi perlu diingat menulis esai tidak bisa hanya dengan menjual keinginan besar kuliah di luar negeri, hal tersebut akan terkesan sangat sederhana dan tidak menarik di mata penyeleksi beasiswa. Biasanya beberapa beasiswa akan memberikan kisi-kisi mengenai apa saja yang harus ada dalam sebuah esai, setidak-tidaknya penulisan esai harus mencakup 4 bagian utama: leadership and influencing, networking, study in UK and career plan. Selengkapnya untuk tips menulis esai Chevening scholarship di bawah ya TNers!

Pahami essay prompt

Perhatikan aturan penulisan, seperti minimum and maximum word count, biasanya dalam menulis esai diminta untuk tidak kurang dari 100 dan tidak lebih dari 500 kata, hal ini penting karena masuk dalam poin penilaian. Hal lain yang tak kalah penting adalah aturan, aturan yang tidak tertulis dalam pembuatan esai, seperti: penggunaan bahasa Inggris formal, grammar, ejaan dan tanda baca yang benar, struktur penulisan esai mulai dari pembukaan, isi dan penutup. Jangan menggunakan bullet point dan ceritakan saja secara mengalir.

Pahami kata kunci yang sebenarnya diinginkan oleh penyelenggara Chevening Scholarship, garis bawahi beberapa kata kunci yang menjadi inti, seperti: future leaders or influencers, home countries, Explain, and examples. Ketika kamu sudah mengantongi kata kunci yang tepat maka selanjutnya adalah eksekusi dan menyesuaikan dengan penglaman-pengalaman yang kamu miliki.

Tulis esai dengan ringkas dan tidak bertele-tele, unik, langsung ke sasaran. Esai yang kamu tulis haruslah fokus pada pencapaian individu sejak paragraf ke satu. Info lebih lanjut kamu bisa akses di internet dengan keyword “Chevening Reading committee application”

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship – Titik Nol English Course

Bagian Leadership and Influencing

Pada penulisan esai seringkali para scholarship hunter belum jelas mengenai value apa yang ingin dijual dan apa yang harus ditulis untuk meyakinkan penyeleksi beasiswa. Sering kali para penulis esai melakukan kesalahan di bagian leadership and influencing dan menganggap bagian ini merupakan satu kesatuan, padahal penekanan pada bagian ini berbeda, Chevening Scholarship sendiri pada dasarnya menyasar individu yang akan menjadi future leaders atau influencer di negara asal.

Berikan contoh konkret dan jelaskan bagaimana proses yang kamu jalani sehingga memiliki karakter leadership and influencing, misalnya dengan menceritakan pencapaian-pencapaian apa saja yang berhasil kamu raih, strategi yang kamu gunakan untuk menyelesaikan problem yang di jumpai secara sistematik menggunakan metode STAR: Situation, Task, Action, Result. berapa banyak anggota tim juga bisa kamu masukan untuk menambah nilai dari kepemimpinanmu. Akan tetapi perlu diingat untuk jangan terlalu berlebihan sehingga menghilangkan formalitas dari esai yang kamu buat.

Jangan menuliskan pengalaman yang terlalu lama, semakin aktual kegiatan yang kamu cantumkan akan semakin menarik. Fokus terhadap kontribusi Individual-mu dalam memimpin tim bukan pada kegiatan-kegiatan kolektif yang sifatnya jamak. Apabila kamu lemah dalam pengalaman leadership, kamu masih memiliki satu jalan lain yaitu dengan cara memaksimalkan pengalaman influencing. Karakter ini dapat ditunjukan dengan keaktifan, inovasi dan kontribusi yang kamu berikan pada suatu kegiatan. Contoh: bagaimana kamu memberikan gagasan yang memiliki pengaruh dan dampak besar pada tim.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship – Titik Nol English Course

Bagian Networking

Tips menulis esai Chevening Scholarship bagian kedua yaitu bagian networking. Poin penting pada bagian ini masih sama dengan bagian sebelumnya, yang mana kamu juga harus menjabarkan proses, metode dan contoh nyata dari pengalaman bagaimana kamu bisa menjalin relasi, seperti halnya melalui kegiatan organisasi, voulenteer atau mungkin kegiata-kegiatan yang memungkinkan akan bertemu dengan orang-orang baru. Pada bagian networking tidak berhenti hanya pada bagian bagaimana caramu memperoleh relasi tapi juga bagaimana upaya yang kamu lakukan untuk mempertahankan relasi tersebut. pada bagian ini sebisa mungkin untuk menjabarkan tahap demi tahapnya bukan hanya menyebutkan media agar tetap terhubung, poin penting selanjutnya yang harus kamu sertakan adalah dampak positif yang didapatkan dengan adanya relasi baru yang terbentuk.

Setelah menjabarkan segala hal mengenai networking yang sesuai dengan pengalamanmu. Selanjutnya kamu bisa menambahkan pandanganmu terkait dampak relasi apa yang akan kamu peroleh apabila berhasil mendapatkan beasiswa Chevening juga manfaat yang akan kamu berikan kepada komunitas Chevening seangkatanmu nanti.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship – Titik Nol English Course

Bagian Study in UK

Sama seperti judulnya “studi di Inggris” pada bagian ini diharapkan kamu dapat memberikan pandanganmu mengapa memilih melanjutkan studi di negara Inggris, mengapa memilih tiga program studi pada Universitas di Inggris. pada poin ini kamu bisa menjawabnya sesuai dengan apa yang kamu pikirkan, seperti menyukai kota Glasgow yang cantik, ingin mengetahui dan belajar lebih dalam mengenai budaya Inggris, atau tertarik dengan media pembelajaran salah satu Universitas yang kamu tuju karena memiliki metode belajar yang maju. Pada bagian ini menggambarkan seberapa jauh kamu dalam melakukan riset mengenai pendidikan, kebudayaan dan apa saja yang berkaitan dengan Inggris. Caramu dalam menuangkan gagasan pada esai merupakan hal yang nantinya akan dinilai yang mana dari sekian banyak opsi mengapa kita tertarik pada tiga hal yang boleh ditunjuk (program studi).

Sebelum menulis bagian study in UK ada baiknya kamu melakukan riset mendalam mengenai apa saja yang telah terjadi dan ada di Inggris, seperti kebijakan pemerintah, informasi mengenai Universitas, dosen, penelitian, mata kuliah, kurikulum, program studi dan hal-hal yang selaras dengan alasanmu memilih Inggris dan program studi yang ada.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship – Titik Nol English Course

Bagian Career Plan

Nah pada bagian ini banyak dari penulis esai yang merasa bingung harus menulis career plan yang setinggi langit atau career plan realistis? Pada bagian ini tidak ada kata “harus” terpenting ketika menulis poin bagian ini adalah isi yang mencerminkan aspirasimu yang mampu dan akan kamu laksanakan dengan sunguh-sunguh. Pada poin ini kamu akan dinilai berdasarkan bagaimana kamu menjadi sorang perencana yang baik.

Pada penulisan rencana karier kamu dapat membaginya dalam tiga fase, yaitu: jangka pendek, menengah dan panjang. Yang mana tentu saja ketiga fase tersebut saling terkait dan melengkapi dan juga memiliki kesinambungan terhadap program studi yang akan kamu ambil. Akan menjadi nilai plus jika rencana kamu memiliki korelasi dengan Sustainable Development Goals dan program-program kerja sama pemerintah Inggris-Indonesia. Pastikan rencana yang kamu buat jelas, terukur, dan achievable. Pada situasi yang sangat tidak terduga kamu juga boleh menyiapkan rencana alternatif apabila menemui hambatan terhadao rencana yang kamu buat.

Baca Juga: Beasiswa Chevening S2 di Inggris

Nah jadi seperti itu TNers! tips menulis esai Chevening Scholarship dan menghindari kesalahan umum yang sering dilakukan. Hal yang paling sulit dalam menulis esai adalah mengenali dan menggali sisi pengalaman pribadi profesional yang unik dan berdampak untuk dituangkan dalam suatu alur cerita yang mengesankan.

Selain esai masih banyak lagi yang perlu dipersiapkan untuk bisa lolos seleksi beasiswa Chevening. Mau tips dan informasi lain mengenai beasiswa dalam dan luar negeri langsung saja buka laman artikel pada dashboard Titik Nol English.

Dalam mempersiapkan beasiswa ke luar negeri seperti halnya menulis esai atau mempersiapkan wawancara pasti akan membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, untuk mencapai itu semua bisa banget kamu persiapkan di Titik Nol English Course. Di sini kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level basic hingga persiapan TOEFL dan IELTS. mau dapat harga kursus terbaik cek di sini.

  • Universitas Terbaik di Australia

Pilihan Program Kursus di Titik Nol English

Mengapa mereka memilih Titik Nol English Course?

kursus bahasa inggris private

Simak kisah inspiratif alumni kami.

The post Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan appeared first on Titik Nol English Course.

The post Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan first appeared on E-TEST.ID.

Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan titiknolenglias.com (Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering …

The post Tips Menulis Esai Chevening Scholarship dan Menghindari Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/tips-menulis-esai-chevening-scholarship-dan-menghindari-kesalahan-umum-yang-sering-dilakukan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tips-menulis-esai-chevening-scholarship-dan-menghindari-kesalahan-umum-yang-sering-dilakukan
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 11, 2022 10:06 am