Tips Mengerjakan Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) Terbaru 2023

Tips Mengerjakan Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) Terbaru 2023

TPS SBMPTN atau SNBT jadi “materi pelajaran” terbaru nih, Sobat. Siapa sih, anak kelas 12 yang enggak terkaget-kaget dengan perubahan UTBK buat 2023 nanti? Bahwa UTBK bakalan TPS doang, kamu tentu sudah tahu. Yang jadi soal sekarang, mengerjakan soal TPS UTBK itu bagaimana?

Baca juga: UTBK Hanya TPS, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

 

Serupa tapi Tak Sama

tips mengerjakan soal tps
Photo by Karim MANJRA on Unsplash

Kamu tentu tahu UTBK sebelumnya terdiri dari soal-soal TKA dan dan TPS. Buat yang sama sekali belum pernah ngintip soal-soal UTBK 2022, kalian mungkin bertanya, “Memangnya apa perbedaan TPS dan TKA?” Perbedaan TPS dan TKA terletak pada jenis kemampuan yang diuji, Sobat Pintar. Soal-soal TKA mengukur kemampuan khusus di bidang Saintek atau Soshum – yang juga lebih kita kenal dengan IPA dan IPS di Kurikulum 2013.

Lantas, soal TPS untuk apa? Soal-soal TPS enggak ada kaitannya dengan kemampuan kita di ilmu-ilmu Sains maupun Sosial. Soal TPS adalah jenis soal yang menguji kemampuan kognitif – kemampuan kita untuk menalar dan memecahkan masalah, baik dari kelas IPA maupun IPS.

Akan tetapi, TPS SBMPTN 2023 sepertinya bakal berbeda dari TPS SBMPTN 2022. Nah loh, beda gimana tuh?

TPS SBMPTN 2022 terdiri dari empat mata uji, yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif. Sedangkan untuk 2023, soal soal TPS meliputi apa saja? TPS SBMPTN 2023 terdiri dari empat mata uji yang meliputi Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

 

Curi Start Kenalan dengan TPS SBMPTN 2023

mengerjakan soal tps utbk
Photo by freestocks on Unsplash

Oke, mata uji TPS SBMPTN 2023 semuanya baru. Udah gitu, angkatanmu pula yang bakal pertama kali mengikuti ujiannya. Seketika insecure ga, tuh?

Boleh insecure, dong. Siapapun yang berada di posisimu juga bakal bertanya-tanya, seperti apa soal-soal TPS nanti? Berapa menit mengerjakan soal TPS? Bagaimana cara mengerjakan soal TPS UTBK yang baru?

Udah, jangan kebanyakan nanya. Ini dia, Sobat, tiga tips dan strategi mengerjakan soal TPS untuk SBMPTN 2023 atau SNBT.

1. Berpikir Logis dan Analitis

Untuk soal-soal Potensi Kognitif, yang dibutuhkan adalah kemampuan kita menganalisis problem yang disajikan pada soal (konteks). Semakin baik logika kita berjalan, semakin baik pula analisis dan problem solving yang kita hasilkan – di situlah jawaban soalnya. Tips mengerjakan soal TPS ini adalah dengan mengikuti Asesmen Nasional. Dari situ, kamu bisa mengintip seperti apa soal-soal Potensi Kognitif.

Kemampuan analisis yang baik juga dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal Penalaran Matematika. Saat mengerjakan soal TPS UTBK ini, kamu bakal dihadapkan pada data, situasi, atau konteks tertentu. Kemudian, kamu harus menggunakan informasi yang disajikan pada soal tersebut untuk memecahkan permasalahan dan menjawab soal.

2. Pemahaman Bacaan

Mungkin terlalu menyederhanakan, tetapi pada dasarnya soal-soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sama-sama membutuhkan kemampuan kita untuk memahami bacaan atau teks yang disajikan. Perbedaannya “hanya” pada bahasa yang digunakan. Jika kamu punya kendala dalam menggunakan salah satu bahasa tersebut, di situlah PR-nya, Sobat. Sebaliknya, jika tak ada kendala, tips mengerjakan soal TPS bahasa adalah dengan sepenuhnya memahami teks bacaan.

Ada kalanya untuk memahami sebuah teks kita harus mampu menangkap makna yang tersirat. Terkadang kita juga dituntut untuk menganalisis argumen yang disampaikan dalam bacaan. Jadi, untuk mengerjakan soal TPS UTBK ini, enggak sekadar baca-baca sekilas terus jawaban soal terpampang jelas di teks ya, Sobat.

3. Mengikuti Try Out

Kalau begitu, apakah soal TPS susah? Pasti, ada soal ujian yang lebih sulit dan ada yang lebih mudah dikerjakan. Untuk itu, kamu harus mencobanya sendiri, Sobat Pintar.

Baca juga: 6 Tips Mengikuti Try Out (TO) UTBK Online


© Aku Pintar


© Aku Pintar

Kamu bisa mencoba soal-soal TPS SBMPTN 2023 dengan mengikuti Try Out. Pas banget nih, kamu masih bisa mendaftar untuk mengikuti TO UTBK TPS 2023 tanggal 28 – 30 Oktober. Yuk, manfaatin kesempatan ini sebaik-baiknya buat mengenal soal-soal TPS SBMPTN 2023 sedini mungkin, biar insecure-mu juga terkikis habis hingga tiba masa UTBK nanti.

The post Tips Mengerjakan Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) Terbaru 2023 first appeared on E-TEST.ID.

TPS SBMPTN atau SNBT jadi “materi pelajaran” terbaru nih, Sobat. Siapa sih, anak kelas 12 yang enggak terkaget-kaget dengan perubahan …

The post Tips Mengerjakan Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) Terbaru 2023 first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/tips-mengerjakan-soal-tps-tes-potensi-skolastik-terbaru-2023/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tips-mengerjakan-soal-tps-tes-potensi-skolastik-terbaru-2023
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 17, 2022 12:08 pm