Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Tips-Membuat-Motivation-Letter-Untuk-Beasiswa-07

Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

titiknolenglish.com (Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri) – Hai TNers Scolarship Hunter. Bagi kamu yang sedang atau ingin mendafatar kuliah di luar negeri dengan beasiswa, Pastinya kamu tidak asing dengan Motivation Letter. Ya, Motivation Letter ini merupakan essay dalam tahap awal seleksi untuk beasiswa luar negeri. Lalu bagaimana sih cara membuat Motivation Letter yang bagus?Berikut ini merupakan tips-tips dalam membuat Motivation Letter untuk beasiswa. Simak sampai habis ya!

Penjelasan Singkat Motivation Letter

Motivation Letter adalah esaay yang bertujuan untuk meyakinkan penyedia beasiswa terhadap minat dan kemampuan kamu agar kamu diterima untuk mendapatkan beasiswa. Motivation Letter harus dibuat semenarik dan semaksimal mungkin agar bisa meyakinkan penyedia beasiswa bahwa kamu adalah orang yang pantas menerima beasiswa tersebut.

Motivation Letter berisi latar belakang pendidikan, kemampuan, minat, prestasi, serta kontribusi apa yang akan kamu berikan apabila kamu berhasil diterima beasiswa. Jadi kamu harus memiliki prestasi, kualitas diri, serta tujuan yang bagus agar kamu bisa membuat Motivation Letter yang Menarik.

Jadi Motivation Letter merupakan berkas yang akan kamu lampirkan beserta CV kamu yang akan menggambarkan bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk menjadi penerima suatu beasiswa.

Baca Juga: Daftar Affiliate Marketer Titik Nol English

Bagian-Bagian Dalam Motivation Letter

Pembuka

Bagian pembuka berisi salam, perkenalan diri, latar belakang pendidikan, minat, aktivitas yang sedang kamu jalani. Kamu bisa memberikan alasan yang relevan kenapa kamu berminat melamar beasiswa berkaitan jua dengan bidang studi kamu serta bidang studi yang sedang kamu incar.

Pada bagian pembuka ini kamu perlu menyusun kalimat yang menarik serta alasan yang cukup kuat untuk kamu harus diterima beasiswa tersebut. Bagian pembuka merupakan kunci awal karena pada bagian ini akan menentukan apakah pihak penyeleksi akan membaca Motivation Letter kamu di bagian selanjutnya. Kamu juga bisa menambahkan quotes yang relevan dengan hidup serta tujuan kamu agar bagian pembuka ini menjadi menarik.

Isi

Bagian isi berisi penjelasan mengenai kemampuan, pengalaman, prestasi, kontribusi yang sudah kamu berikan, serta alasan mengapa kamu harus diterima beasiswa tersebut. Kamu bisa mengisi bagian isi dengan pengalaman kamu dalam pekerjaan atau organisasi. Tentunya kamu harus menguraikan mengenai jabatan, peran, serta kontribusi yang sudah kamu berikan terhadap pekerjaan, pendidikan, atau organisasi.

Hal penting yang harus kamu perhatikan dalam bagian ini adalah, kamu harus memberikan alasan yang mampu meyakinkan pihak penyeleksi bahwa kamu adalah orang yang pantas menerima beasiswa. Alasan ini bisa berupa kemampuan kamu, minat yang besar atas kampus dan program studi incaran, apa tujuan kamu berkaitan dengan motivasi mengambil program beasiswa tersebut..

Sertakan juga bukti pencapaian atas keahlian yang kamu miliki serta sebutkan prestasi dan kontribusi yang sudah kamu lakukan terhadap pekerjaan, pendidikan, atau organisasi yang kamu ikuti. Pastinya harus relevan dengan program studi incaran kamu. Dengan memberikan penjabaran mengenai kualitas yang kamu miliki, akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk diterima beasiswa incaran kamu.

Penutup

Penutup berisi harapan kamu untuk diterima di program beasiswa yang sedang kamu incar. Selain itu bagian penutup juga berisi tentang apa yang akan kamu berikan/kontribusikan setelah kamu lulus dengan program beasiswa tersebut. Tuliskan dengan singkat dan sejujur-jujurnya.

Bagian ini mengakhiri Motivation Letter yang kamu tulis, jadi berikan kesan yang menarik agar memberikan kesan kepada tim penyeleksi sehingga kamu dianggap pantas untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan.

Baca Juga: Beasiswa Chevening S2 di Inggris

Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Motivation Letter Untuk Beasiswa-08

Hal-Hal Penting Yang Harus Kamu Persiapkan

Kenali dirimu

Kamu perlu mendalami sejauh mungkin dirimu sendiri seperti apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, kemampuan yang sudah kamu kuasai, cita-cita, serta harapan untuk diri kamu dan kehidupan sosial masyarakat. Kamu harus bisa mengetahui hal-hal tersebut untuk nantinya kamu tuangkan dalam Motivation Letter.

Cari informasi mengenai kampus serta program studi incaran kamu

Informasi tentang kampus dan program studi incaran akan menunjukan bahwa kamu memang berminat untuk masuk dalam kampus dan program studi incaran kamu. Kamu bisa mencari informasi mengenai profil, tujuan kampus, budaya kampus, serta lulusannya yang memberikan kontribusi besar. Hal ini dapat meyakinkan pihak penyeleksi berkaitan dengan minat yang besar serta kecocokan kamu atas kampus dan jurusan incaran.

Cari informasi mengenai program beasiswa yang akan kamu ikuti

Setiap program beasiswa memiliki tujuan masing-masing. Dengan mengetahui informasi tersebut kamu bisa membuat atau menyusun kalimat yang memiliki keterkaitan antara tujuan kamu dengan tujuan program beasiswa. Hal ini akan meyakinkan penyedia beasiswa bahwa kamu memiliki tujuan yang sejalan dengan tujuan beasiswa tersebut.

Hal-hal di atas dapat menjadi bahan kamu dalam menulis Motivation Letter. Informasi-informasi ini dapat kamu sesuaikan dengan tujuan, cita-cita, serta kontribusi yang akan kamu berikan. Dengan mengetahui informasi-informasi di atas, kamu tidak hanya akan dinilai pantas, akan tetapi juga cocok atau sesuai dengan program, kampus, dan studi yang akan kamu ambil.

Yang Harus Kamu Perhatikan

  • Cek kembali Motivation Letter yang sudah kamu buat, jangan sampai ada typo atau spelling dan grammar yang salah.

  • Buatlah Motivation Letter dengan ringkas dan padat, buatlah kalimat yang singkat yang berisi poin-poin yang dibutuhkan.

  • Pelajari informasi mengenai persyaratan pendaftaran beasiswa, beberapa penyedia beasiswa memberikan format serta informasi yang mereka inginkan untuk ditulis di Motivation Letter.

  • Minta bantuan pada yang sudah berpengalaman atau bandingkan tulisanmu dengan contoh Motivation Letter yang kamu temui.

Yang Harus Kamu Hindari

  • Kalimat basa basi. Buatlah kalimat yang padat dan berbobot, jangan membuat kalimat panjang yang bertele-tele.

  • Membuat kalimat yang memelas. Jangan terkesan pesimis dan merendahkan keadaan diri kamu. Fokuslah menyusun kalimat yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang berkualitas dan pantas.

  • Membuat kalimat klise. Hal ini sering ditemui saat menuliskan tentang kontribusi dan tujuan seseorang. Tulislah kontribusi dan tujuan yang spesifik dan orisinal, jangan membuat kalimat yang terkesan umum.

  • Melebih-lebihkan. Kamu tidak perlu melebihkan kampus atau program studi tujuan kamu agar diterima, tulislah apa adanya sesuai profil yang sudah kamu dapatkan dari informasi yang kamu cari.

Baca Juga: Apa Itu IELTS

Itulah informasi mengenai tips membuat Motivation Letter untuk beasiswa/kuliah di luar negeri. Bebeberapa hal sudah dijelaskan di atas akan dapat membantu kamu dalam membuat Motivation Letter yang menarik.

Motivation Letter adalah salah satu dari sekian persyaratan yang harus kamu penuhi. Salah satu persyaratan lain yang tidak kalah wajib adalah TOEFL atau IELTS dalam menguji kemampuan bahasa Inggris. Jika kamu sudah memiliki prestasi, kemampuan hingga bisa membuat Motivation Letter yang bagus, akan tetapi TOEFL IELTS kamu belum memenuhi standart, maka Motivation Letter Kamu tidak akan berarti.

Agar memiliki nilai TOEFL IELTS yang tinggi. Kamu bisa mempersiapkannya di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course adalah lembaga kursus TOEFL IELTS terbaik di Indonesia untuk persiapan study abroad dan beasiswa luar negeri. Alumni Titik Nol English Course telah berhasil memiliki nilai TOEFL IELTS yang tinggi serta berhasil mendapatkan pendidikan di luar negeri. Kamu juga bisa seperti mereka, dengan mempersiapkan TOEFL IELTS-mu di Titik Nol English Course.

  • Universitas Terbaik di Australia

Daftar Kursus TOEFL dan IELTS

Paket Kursus di Kampung Inggris

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing

  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced

  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

Rincian Materi

TOEFL Preparation (ITP)

Persiapan tes TOEFL ITP untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Mengapa mereka memilih Titik Nol English Course?

kursus bahasa inggris private

The post Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri appeared first on Titik Nol English Course.

The post Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri first appeared on E-TEST.ID.

Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri titiknolenglish.com (Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri) – Hai TNers …

The post Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/tips-membuat-motivation-letter-untuk-beasiswa-universitas-luar-negeri/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tips-membuat-motivation-letter-untuk-beasiswa-universitas-luar-negeri
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 11, 2022 9:01 am