Tips agar Siswa Tidak Telat Mengumpulkan Tugas

Tips agar Siswa Tidak Telat Mengumpulkan Tugas

Tugas dari guru di sekolah merupakan salah satu bagian dari pembelajaran yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Mengerjakan tugas sekolah selain dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran, juga dapat menjadi salah satu bentuk pembentukan karakter siswa seperti kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, dan juga pantang menyerah. Guru Pintar perlu memperhatikan beberapa hal dalam memberikan tugas kepada siswa atau kelompok siswa seperti tingkat kesulitan tugas, perbedaan tingkat kemampuan setiap siswa, hingga waktu pengerjaan. 

Tidak jarang di kelas Guru Pintar menemukan siswa-siswa yang sering telat atau terlambat mengumpulkan tugas baik itu saat sekolah offline maupun online. Jika menemukan hal seperti ini apa yang Guru Pintar lakukan? Menghukum siswa? Memarahi siswa? Jangan sampai ya, Guru Pintar! Alih-alih menyalahkan siswa karena keterlambatan mereka mengumpulkan tugas, Guru Pintar dapat mencoba melakukan evaluasi dan refleksi tentang tugas yang diberikan dan juga teknis pemberian tugas kepada siswa sehingga hal-hal atau faktor-faktor yang menyebabkan siswa terlambat mengumpulkan tugas dapat dihindari. Dengan demikian, Guru Pintar akan dapat menemukan akar permasalahan sebenarnya dan kemudian mencari penyelesaiannya dengan tepat.

Cara mengatasi siswa yang secara terus menerus tidak dapat menyelesaikan tugas harus dipikirkan sebelum pemberian tugas dilakukan. Guru Pintar dapat melakukan mencoba beberapa tips berikut ini untuk menangani siswa atau kelompok siswa yang sering atau berkali-kali telat mengumpulkan tugas dari date line yang telah ditetapkan. Apa saja itu?

1. Tingkat Kesulitan Tugas


Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Salah satu penyebab siswa telat mengumpulkan tugas adalah tugas yang terlalu sulit. Guru Pintar pasti sudah dapat mengidentifikasi karakteristik dan kemampuan siswa yang diajar. Dengan demikian Guru Pintar dapat menentukan tugas seperti apa yang cocok diberikan untuk siswanya. Tugas yang bermutu dan berkualitas bukan berarti harus sulit. Dalam menentukan tingkat kesulitan tugas Pintar dapat menyesuaikan dengan tujuan pemberian tugas dan kemampuan siswa. Jangan sampai siswa diberikan tugas-tugas yang terlalu sulit untuk diselesaikan. Hal ini dapat menjadi penyebab siswa mengalami keterlambatan pengumpulan tugas.

2. Kemampuan Siswa 

Agar siswa mengerjakan tugas tepat waktu, poin kedua ini wajib menjadi perhatian. Tips kedua ini masih berkaitan dengan tips yang pertama. Dalam satu kelas, tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama. Dengan mempertimbangkan hal ini Guru Pintar dapat merencanakan dan membuat tugas yang tepat sasaran. Jangan sampai tugas yang diberikan terlalu mudah atau terlalu sulit karena melebihi kemampuan siswa. Jika memungkinkan, Guru Pintar menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang termasuk didalamnya bentuk-bentuk penugasan pada siswa. 

3. Waktu yang Cukup

Strategi memberikan tugas sekolah untuk menghindari siswa terlambat menyelesaikannya adalah dengan memperhatikan rentang waktu pengerjaannya. Saat Guru Pintar merancang tugas yang akan diberikan kepada siswa, baik yang akan dikerjakan di sekolah maupun di rumah, perhitungkan berapa kira-kira durasi waktu yang dibutuhkan oleh siswa untuk menyelesaikannya dengan baik. Tingkat kesulitan tugas yang diberikan juga dapat menjadi pertimbangan berapa lama tugas harus dikumpulkan. Siswa tidak hanya mendapatkan tugas dari satu guru saja, jangan sampai tugas-tugas yang diberikan sangat mepet dan membuat siswa stres. Akibatnya tugas yang diberikan tidak akan dapat memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.

4. Kuantitas Tugas

tips supaya siswa tidak telat mengumpulkan tugas
Foto oleh Monstera dari Pexels

Alasan telat mengumpulkan tugas yang sering dilontarkan oleh siswa adalah banyaknya tugas yang diberikan oleh gurunya. Oleh karena itu perlu diperhatikan berapa banyak tugas yang akan Guru Pintar berikan kepada siswa. Jangan sampai guru memberikan tugas yang terlalu banyak sehingga menyita waktu siswa. Tugas yang diberikan kepada siswa bukan untuk membuat siswa sibuk dan harus berkutat dengan tugas-tugas tersebut setiap waktu. Jika alasan pemberian tugas untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, maka Guru Pintar dapat merencanakan berapa tugas yang akan diberikan dalam satu tema. Bukan setiap hari memberikan tugas dan PR. Siswa, apalagi yang masih berada pada tingkat sekolah dasar, masih membutuhkan waktu untuk bermain. Jangan sampai tugas yang diberikan membuat mereka kehilangan waktu bermain dan ujung-ujungnya membuat mereka tidak menyukai pelajaran yang Guru Pintar ajar.

5. Berikan Reward

Sikap apa yang harus diterapkan saat mengumpulkan tugas? Tentu Guru Pintar menginginkan siswa mengumpulkan tugas dengan penuh tanggung jawab. Selain itu mereka merasa puas dan gembira saat mengerjakan dan mengumpulkannya. Untuk itu, tips yang kelima ini dapat Guru Pintar coba. Berikan reward kepada siswa yang mengumpulkan tepat waktu. Misalnya, siswa yang mengumpulkan tepat waktu mendapatkan bintang atau medali. Reward lainnya untuk siswa pada jenjang yang lebih tinggi misalnya bonus skor. Siswa yang mengumpulkan sebelum deadline akan mendapatkan bonus skor 10%, siswa yang mengumpulkan on time akan mendapatkan bonus skor 5%, dan lain sebagainya.

6. Berikan Konsekuensi

Jika siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu mendapatkan reward, sebaliknya Guru Pintar juga dapat memberikan konsekuensi kepada siswa yang terlambat. Konsekuensi yang diberikan bukanlah hukuman. Oleh karena itu bentuk konsekuensi yang diberikan harus berupa hal-hal yang mendidik. Bentuk konsekuensi yang diberikan bisa beragam. Misalnya tidak mendapatkan medali atau bintang, tidak mendapatkan bonus skor, mendapat pengurangan skor, dan lain sebagainya. Konsekuensi ini bertujuan supaya siswa lebih memperhatikan dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Demikianlah Guru Pintar, tips yang dapat dicoba untuk menangani siswa  yang seringkali terlambat mengumpulkan tugas dari tenggat waktu yang telah ditetapkan. Selamat mencoba!

The post Tips agar Siswa Tidak Telat Mengumpulkan Tugas first appeared on E-TEST.ID.

Tugas dari guru di sekolah merupakan salah satu bagian dari pembelajaran yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Mengerjakan tugas sekolah …

The post Tips agar Siswa Tidak Telat Mengumpulkan Tugas first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/tips-agar-siswa-tidak-telat-mengumpulkan-tugas/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tips-agar-siswa-tidak-telat-mengumpulkan-tugas
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : August 23, 2022 11:02 pm