Strategi Promosi Universitas Swasta dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru

Strategi Promosi Universitas Swasta dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru

Branding kampus sebenarnya sama-sama penting untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun pada kenyataannya, strategi promosi universitas swasta dalam menarik minat mahasiswa baru lebih berpeluh keringat ketimbang yang dilakukan oleh universitas negeri. Bahkan sekalipun tanpa branding yang muluk-muluk atau promosi yang gencar, universitas negeri sudah membuat banyak calon mahasiswa baru patah hati lantaran ditolak masuk.

Baca juga: 7 PTN Favorit Setiap Penerimaan Mahasiswa Baru

Padahal tingginya minat calon mahasiswa baru untuk kuliah di universitas negeri boleh jadi turut dipengaruhi oleh rendahnya eksposur mereka terhadap informasi masuk kuliah di universitas swasta. Itulah sebabnya, universitas swasta tak boleh berhenti hanya pada kegiatan promosi kampus yang menarik.

Menjadi kampus yang menarik bagi calon mahasiswa baru itu satu hal. Namun calon mahasiswa baru yang tahu apa yang dicari dan dibutuhkannya takkan menelan mentah-mentah kata-kata promosi kampus swasta. Lantas bagaimana cara mempromosikan kampus? Bagaimana cara melakukan promosi di dunia pendidikan? Berikut lima cara mempromosikan kampus swasta di dunia pendidikan yang efektif dan efisien.

 

1. Meraih Akreditasi dan Peringkat Kampus Terbaik

strategi promosi universitas swasta dalam menarik minat mahasiswa baru
Photo by Oleksandr Pidvalnyi on Pexels

Salah satu strategi pemasaran perguruan tinggi yang jitu adalah dengan meraih akreditasi A atau Unggul dari BAN PT. Tak sedikit calon mahasiswa baru yang mempertimbangkan akreditasi jurusan dan kampus yang diincarnya. Informasi akreditasi yang diperoleh memberi para calon mahasiswa tersebut ekspektasi mengenai kualitas perkuliahan hingga prospek kerja setelah mereka lulus nanti.

Selain akreditasi, ada pula calon mahasiswa yang menggunakan pemeringkatan internasional maupun regional dalam menyeleksi pilihan tempat kuliah. Ditjen Dikti dan Kemendikbud juga pernah menyusun pemeringkatan serupa. Masuk menjadi bagian dari lima atau sepuluh besar pemeringkatan seperti ini terhitung sebagai salah satu bentuk promosi kampus yang efektif.

 

2. Memberikan Beragam Beasiswa Kuliah

strategi pemasaran perguruan tinggi
Photo by Polina Zimmerman on Pexels

Biaya kuliah di kampus swasta adalah salah satu momok terbesar bagi calon mahasiswa baru. Stigma bahwa kuliah di kampus swasta lebih mahal daripada kuliah di kampus negeri sudah turun-temurun diyakini meskipun kenyataannya tidak selalu demikian. Maka dari itu, tawaran beasiswa bagi calon mahasiswa baru merupakan satu cara mempromosikan kampus swasta yang boleh dibilang cukup mujarab.

Beasiswa kuliah tidak harus ditujukan hanya bagi calon mahasiswa dari keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi. Memberikan tawaran beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi, terlepas dari latar belakang tingkat ekonomi keluarga, bisa menjadi bentuk iklan penerimaan mahasiswa baru yang cukup menggiurkan. Diversifikasi kriteria penerima beasiswa diharapkan mampu memperluas jangkauan iklan tersebut.

 

3. Aktif di Media Sosial

promosi kampus yang efektif
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Calon mahasiswa baru sekarang adalah pengguna media sosial yang sangat aktif. Media sosial tak hanya menjadi tempat mereka “nongkrong,” tetapi juga tempat mereka mencari berbagai informasi – termasuk tempat kuliah. Lantaran interaksi di media sosial tak sama dengan interaksi interpersonal secara nyata, dibutuhkan keterampilan tersendiri dalam meramu kata-kata promosi kampus swasta di media sosial.

Menyusun beberapa baris caption promosi kampus di sebuah akun media sosial mungkin terasa aneh, atau bahkan sulit, bagi staf Kehumasan kampus yang telah senior, misalnya. Namun seiring dengan pengembangan strategi promosi universitas swasta dalam menarik minat mahasiswa baru, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membentuk sebuah tim pemasaran dan pengelola media sosial yang profesional.

Apakah pemasaran penting bagi universitas? Tentu saja. Sekali lagi, pemasaran universitas bernilai lebih dari sekadar menarik minat mahasiswa baru. Akan tetapi, melalui pemasaran lah, universitas dapat memberikan informasi jasa pendidikan yang ditawarkannya bagi masyarakat secara umum. Oleh sebab itu, adaptasi strategi pemasaran perguruan tinggi yang relevan dengan keadaan terkini di tengah masyarakat pun terhitung penting.

 

4. Membuat Web Kampus yang Reliabel

contoh artikel promosi universitas
Photo by mentatdgt on Pexels

Media sosial bukan satu-satunya “tempat nongkrong” calon mahasiswa baru sekarang. Generasi yang akan masuk kuliah ini adalah generasi yang menghabiskan banyak waktu di ruang digital. Alih-alih menghubungi kakak atau kerabat alumni kampus yang diincar, calon mahasiswa baru saat ini lebih memilih untuk mencari informasi yang dibutuhkannya secara online. Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran perguruan tinggi yang terbilang jitu adalah tersedianya web kampus.

Keberadaan web kampus saja tidak cukup. Akan tetapi, seberapa lengkap dan update informasi yang diperoleh melalui web tersebut bahkan bisa memperbesar peluang terpilihnya suatu kampus dibanding kampus yang lainnya. Memang, di era sekarang ini web bisa menjadi promosi kampus yang efektif, bahkan mungkin lebih efektif ketimbang brosur, bagi calon mahasiswa baru.

 

5. Menjalin Kerja Sama dengan Start Up Edutech

promosi kampus yang menarik
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Karena generasi calon mahasiswa baru sekarang ini lebih melek teknologi dan akrab dengan dunia digital, cara mempromosikan kampus yang terhitung efektif adalah dengan menggandeng perusahaan-perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pendidikan. Bagi para calon mahasiswa masa kini, start up edutech sudah seakrab selayaknya bimbel bagi generasi-generasi pendahulunya.

Di Aku Pintar Kampus, misalnya, tersedia ruang untuk meningkatkan promosi dan branding kampus dengan lebih efisien. Di sini juga dapat dijumpai beberapa contoh artikel promosi universitas yang dapat dibaca oleh lebih banyak calon mahasiswa potensial. Di samping memperluas jangkauan eksposur, cara promosi kampus yang menarik seperti ini juga mampu memangkas biaya promosi secara tradisional.

Baca juga: 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics dan UniRank

Tentu saja, tips perguruan tinggi agar bisa dapat mahasiswa baru di masa digital seperti sekarang ini tak terbatas pada kelima cara di atas. Namun yang pasti, melalui cara-cara promosi kampus yang efektif dan efisien, informasi mengenai perkuliahan di sebuah kampus swasta menjadi lebih menarik dan lebih mudah didapatkan oleh para calon mahasiswa baru.

The post Strategi Promosi Universitas Swasta dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru first appeared on E-TEST.ID.

Branding kampus sebenarnya sama-sama penting untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun pada kenyataannya, strategi promosi universitas swasta dalam menarik …

The post Strategi Promosi Universitas Swasta dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/strategi-promosi-universitas-swasta-dalam-menarik-minat-mahasiswa-baru/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=strategi-promosi-universitas-swasta-dalam-menarik-minat-mahasiswa-baru
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 29, 2022 5:09 pm