Metaverse, Bagaimana Pemanfaatannya di Bidang Event Management & E-Commerce Logistics?

Metaverse, Bagaimana Pemanfaatannya di Bidang Event Management & E-Commerce Logistics?

Laju perkembangan teknologi menjadikan akses dunia virtual, khususnya metaverse, menjadi tren baru di masyarakat. Sejak kehadirannya di akhir tahun 2021, mendaki gunung Semeru sambil berbaring dengan headset terpasang di telinga bukan menjadi hal yang mustahil untuk terjadi di metaverse. Rapat pertemuan organisasi sampai bertemu dengan sahabat yang berbeda negara juga menjadi tidak ada batasan. Tak hanya mengadakan pertemuan atau sekedar bermain, tetapi kegiatan membangun rumah, belajar di sekolah, hingga berbelanja keperluan sehari-hari juga dapat dilakukan secara virtual.

Virtual reality, augmented reality, dan mixed reality (AR, VR, & MR) membuat potensi pemanfaatan metaverse dalam berbagai sektor industri menjadi begitu besar. Beberapa pekerjaan yang ada di dunia nyata dapat terbantu dengan adanya akses dunia virtual yang dikemas dalam bentuk tiga dimensi. Hal ini tentu memungkinkan munculnya kegiatan-kegiatan baru yang dapat diakses melalui perangkat Oculus yang dibuat oleh Meta atau perangkat pendukung virtual lainnya.

Perkembangan metaverse yang saat ini begitu pesat bukan hanya digunakan dalam industri game atau hiburan semata, tetapi juga di industri yang membutuhkan asistensi peralatan digital seperti industri Event serta E-commerce Logistics. Lalu, bagaimana pemanfaatan teknologi metaverse pada kedua bidang industri tersebut, Sobat Pintar?

 

Pemanfaatan Metaverse dalam bidang Event Management


 

Penggunaan metaverse sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan besar seperti Hotel Hilton yang merupakan jaringan perhotelan terbesar di dunia. Mereka telah menggunakan teknologi VR untuk peningkatan dan pengembangan keterampilan perhotelan dengan cara melakukan simulasi skenario dunia nyata di metaverse. Selain itu, salah satu universitas di Korea Selatan juga sudah menggunakan virtual reality untuk mengadakan upacara penerimaan siswa baru secara virtual.

Pada dunia entertainment, pemanfaatan metaverse dilakukan untuk menggelar beberapa event konser dalam dunia virtual yang memungkinan audiensnya terhubung satu sama lain dalam satu ruang tanpa adanya batasan fisik. Berkembang pesatnya tren concert virtual reality menjadikan taraf kesuksesan dari sebuah event menjadi tinggi.

Oleh sebab itu, tuntutan penggunaan teknologi dengan spek tinggi menjadi kriteria utama dalam kesuksesan sebuah event. Salah satu program studi relevan yang dimiliki oleh Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) yaitu Jurusan Event Management yang berfokus pada penggunaan teknologi termutakhir untuk menyukseskan sebuah kegiatan yang diselenggarakan. Di jurusan ini, pembelajaran dilakukan dengan sistem project based learning yang memberikan pengalaman bekerja melalui pengerjaan proyek secara langsung.

 

Pemanfaatan Metaverse dalam bidang E-Commerce Logistics


 

Tidak bisa disangkal bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mencetak startup e-commerce terbesar di dunia. Perkembangan tren serta pandemi Covid-19 juga membawa beberapa e-commerce besar dari luar negeri masuk ke Indonesia, sehingga meningkatkan taraf konsumsi masyarakat. Namun seiring perkembangan, permasalahan juga ditemui dari berbagai sisi, seperti ketidakpercayaan konsumen lantaran barang yang dipesan berbeda dengan barang yang sampai ke rumah ataupun kebingungan dalam menentukan kecocokan antara barang yang ada di display dengan style atau referensi penggunaan.

Metaverse sebagai bentuk baru dari dunia virtual dapat menghadirkan berbagai kebutuhan e-commerce. Metaverse memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat berbagai produk e-commerce secara langsung dengan bentuk tiga dimensi, sehingga pengguna dapat melihat barang yang ingin dibeli dengan perbandingan 1:1 secara virtual.

Salah satu program studi di MNP yang memungkinkan untuk mahasiswa mencoba dan menerapkan teknologi metaverse dalam proses pembelajaran adalah Jurusan E-Commerce Logistics. Jurusan ini menerapkan pembelajaran dengan konsep immersive learning experiences. Mahasiswa diajak untuk menggunakan teknologi yang cutting edge secara langsung melalui penerapan proyek nyata di lapangan.

MNP saat ini telah membuka pendaftaran mahasiswa baru, khususnya Sobat Pintar yang ingin berkuliah pada 2023 mendatang. Yuk, cek infonya di sini.

The post Metaverse, Bagaimana Pemanfaatannya di Bidang Event Management & E-Commerce Logistics? first appeared on E-TEST.ID.

Laju perkembangan teknologi menjadikan akses dunia virtual, khususnya metaverse, menjadi tren baru di masyarakat. Sejak kehadirannya di akhir tahun 2021, …

The post Metaverse, Bagaimana Pemanfaatannya di Bidang Event Management & E-Commerce Logistics? first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/metaverse-bagaimana-pemanfaatannya-di-bidang-event-management-e-commerce-logistics/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=metaverse-bagaimana-pemanfaatannya-di-bidang-event-management-e-commerce-logistics
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : August 3, 2022 7:01 am