Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karir dan Pendidikannya

Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karir dan Pendidikannya

Jurusan Farmasi itu salah satu jurusan favoritnya anak IPA. Udah fiks no debat lah ya, Sobat Pintar. Namun jika ditanya kenapa kamu pengin kuliah Farmasi, jawabanmu apa, sih?

Baca juga: Farmasi Bukan Hanya tentang Obat

Apakah kamu pengin kuliah Farmasi karena teman-temanmu juga mau kuliah di situ? Atau kamu pengin jadi apoteker?  Tunggu dulu, emangnya cara menjadi apoteker itu adalah dengan kuliah Farmasi?

 

Peran dan Pekerjaan Apoteker Seperti Apa?

Jurusan apoteker bisa jadi apa
Photo by Gustavo Fring on Pexels

Kalau pernah disuruh Mamah ke apotek, mungkin kamu pernah bertemu dengan seorang apoteker. Iya dong, apoteker adalah orang yang bekerja di apotek. Eh, bener gitu ga, sih?

Kalau dari pengertiannya menurut KBBI, apoteker adalah seorang ahli dalam ilmu obat-obatan ataupun orang yang berwenang membuat obat untuk dijual. Pekerjaan apoteker meliputi menyimpan, menyediakan, dan menggunakan obat. Menjelaskan kepada pasien tentang efek samping obat juga menjadi bagian dari tugas apoteker.

Lebih dari itu, seseorang dengan profesi apoteker memiliki kewenangan untuk membuat resep obat berdasarkan saran dokter. Apoteker juga dapat mengganti resep obat paten dari dokter dengan obat generik yang memiliki komponen aktif sama. Tentunya peggantian tersebut dilakukan dengan persetujuan dokter dan/atau pasien.

Penting banget kan, peran seorang apoteker? Bahkan seandainya terdapat kekeliruan penulisan resep, adalah tugas apoteker untuk mengklarifikasinya kepada dokter. Tindakan ini terhitung menyelamatkan hidup pasien loh, Sobat.

Dengan pengetahuan dan keahliannya, apoteker memiliki peran besar dalam pencegahan penyalahgunaan obat. Sudah menjadi tugas apoteker untuk menganjurkan agar seseorang urung membeli antibiotik dalam jumlah banyak tanpa resep dokter, misalnya.

Bukan pekerjaan kaleng-kaleng nih, Sobat. Lantas, berapa gaji seorang apoteker? Untuk beban dan tanggung jawab pekerjaan tersebut, kisaran gaji apoteker saat ini dimulai dari angka Rp2 jutaan sampai Rp7 jutaan per bulan.

 

Di Mana Apoteker Bekerja?

Berapa gaji seorang apoteker
Photo by Edward Jenner on Pexels

Kisaran gaji apoteker di atas tentu terkait dengan pengalaman, jenjang karier, dan tempat kerja. Pada umumnya, karier profesi apoteker diawali dengan menjadi product specialist, kemudian menjadi logistic executive. Pada jenjang berikutnya, seorang apoteker bisa menjadi tax and treasure manager, retail key account manager, area sales manager, atau product manager. Jenjang karier ini tentu tergantung dari besar kecilnya perusahaan tempatnya bekerja.

Beda lagi dengan jenjang karier profesi apoteker yang berstatus ASN, Sobat Pintar. Pelaksanaan tugas jabatan apoteker ASN diatur dalam Permenpan RB Nomor 13 Tahun 2021. Secara garis besar, urutan jenjang jabatan fungsional apoteker ASN adalah Apoteker Pertama, Apoteker Muda, Apoteker Madya, dan Apoteker Utama. Apoteker rumah sakit pemerintah daerah biasanya berstatus ASN.

Selain di rumah sakit, apoteker biasanya bekerja dimana? Berbagai jenjang karier profesi apoteker di atas dapat dijumpai di apotek, puskesmas, hingga klinik kecantikan. Bahkan, Sarjana Farmasi Apoteker juga bisa menjadi entrepreneur, Sobat Pintar! Kamu bisa sebut nama? Iya, salah satunya adalah Nurhayati Subakat, pendiri dan Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation. Kamu mungkin sudah kenal beberapa produknya, seperti Emina atau Wardah.

 

Bagaimana Cara Menjadi Apoteker?

Apoteker biasanya bekerja dimana
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Kesuksesan Nurhayati Subakat membesarkan usahanya memang sangat inspiratif. Apalagi dengan latar belakang pendidikan beliau, kita mendapatkan contoh dan jawaban real bila ada yang nanyea, “Jurusan apoteker bisa jadi apa?”

Nah, buat kalian yang memang ingin kuliah di jurusan apoteker – disclaimer, enggak ada jurusan apoteker, ya – persiapkan diri sebaik-baiknya. Ada beberapa tahap cara menjadi apoteker yang harus kamu ikuti. Pertama-tama, kuliahnya pilih di Jurusan Farmasi – yang terkenal dengan keketatan masuk cukup tinggi. Kamu juga bisa memilih kuliah Farmasi pada Program D3 atau D4, kemudian melakukan alih jenjang ke S1 bila memungkinkan.

Baca juga: Persaingan Masuk Farmasi pada 3 PTN

Setelah lulus kuliah kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S.Farm) atau Sarjana Sains (S.Si). Eitts, kamu enggak bisa serta-merta menjadi apoteker setelah lulus kuliah, loh! Kamu harus mengikuti Program atau Pendidikan Profesi Apoteker terlebih dahulu selama satu tahun. Setelah mendapatkan gelar Apt. di belakang namamu, baru deh kamu bisa menjalani profesi apoteker.

The post Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karir dan Pendidikannya first appeared on E-TEST.ID.

Jurusan Farmasi itu salah satu jurusan favoritnya anak IPA. Udah fiks no debat lah ya, Sobat Pintar. Namun jika ditanya …

The post Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karir dan Pendidikannya first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/mau-jadi-apoteker-seperti-ini-karir-dan-pendidikannya/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=mau-jadi-apoteker-seperti-ini-karir-dan-pendidikannya
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 18, 2022 5:02 pm