Jurusan Perbankan: Ragam Pilihan dan Tips Masuk Kuliah

Jurusan Perbankan: Ragam Pilihan dan Tips Masuk Kuliah

Agar dapat bekerja di bank, apakah kamu harus kuliah perbankan? Prospek kerja perbankan memang terbilang menjanjikan. Kehidupan manusia tak bisa lepas dari ekonomi, dan hari gini apa sih kegiatan ekonomi kita yang tak terkait dengan bank?

Oleh sebab itu, adalah hal yang logis bila kamu mempertimbangkan untuk kuliah jurusan perbankan, Sobat Pintar. Tapi apakah kamu sudah tahu apa saja macam kuliah perbankan? Yuk, kenalan dulu sama jurusan perbankan biar kamu enggak pilih jurusan kuliah “dalam karung.”

Baca juga: 5 Prospek Profesi Alumni Ilmu Ekonomi

 

Pilihan Program Kuliah Perbankan

jurusan keuangan
Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Sejauh ini, kuliah perbankan di Indonesia ditawarkan dalam tiga program, yaitu D3, D4, dan S1. Ada perbedaan nama jurusan kuliahnya, dan beberapa jurusan perbankan di bawah ini diambil sebagai contoh.

D3 Keuangan dan Perbankan

Kuliah jurusan perbankan ini membuatmu belajar tentang operasional perbankan konvensional dan syariah. Mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Keuangan dan Perbankan antara lain Kebijakan Moneter, Kebanksentralan, Manajemen Treasury, dan berbagai mata kuliah praktik.

Selain Keuangan dan Perbankan, jurusan perbankan pada Program D3 yaitu Perbankan Syariah, Perbankan dan Keuangan, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Perbankan Islam, Manajemen Perbankan Syariah, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Keuangan dan Perbankan Syariah, serta Manajemen Perbankan.

Banyak kampus yang membuka D3 prodi perbankan, seperti Politeknik Negeri Medan, Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, dan masih banyak lagi.

D4 Keuangan dan Perbankan

Sebagai bagian dari program vokasi, bobot perkuliahan D3 dan D4 Keuangan dan Perbankan sama-sama bertitik berat pada praktikum. Namun tentunya, beban SKS yang harus dituntaskan pada Program D4 lebih banyak ketimbang beban SKS pada Program D3. D4 prodi perbankan terdapat di, antara lain, Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Semarang.

S1 Perbankan Syariah

Pada Program S1, jurusan perbankan di perguruan tinggi adalah Perbankan Syariah. Keuangan syariah yang berkembang pesat belakangan ini, khususnya di Indonesia, mengakibatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memadai di bidang perbankan syariah terus meningkat. Permintaan pasar kerja tersebut ditanggapi dengan dibukanya Jurusan Perbankan Syariah di perguruan tinggi.

Tak terbilang lagi jumlah kampus yang membuka prodi perbankan untuk Program Sarjana. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, dan Istitut Agama Islam Negeri Surakarta. Jurusan Perbankan Syariah pada kampus-kampus tersebut saat ini terakreditasi A BAN-PT.

Apa saja yang bakal kamu pelajari jika kelak kuliah di Jurusan Perbankan Syariah? Mahasiswa Perbankan Syariah akan bertemu dengan mata kuliah:

Metode Studi Islam

Sejarah Peradaban Islam

Akhlak Tasawuf

Ushul Fiqih

Filsafat Umum

Fiqh Ibadah

Matematika Ekonomi dan Bisnis

Ulumul Hadits dan Hadits Ekonomi

Etika Bisnis Islam

Hukum Bisnis

Fiqh Muamalah

Ekonomi Mikro Islam

Bank dan Lembaga Keuangan

Akuntansi Perbankan

Green Economy and Trade

Manajemen Dana Bank Syariah

Ekonomi Makro Islam

Akad Bisnis dan Perbankan

Lembaga dan Instrumen Keuangan Syariah

Manajemen Keuangan

Pasar Modal Syariah

Komputer Akuntansi

Ekonomi Moneter

Manajemen Keuangan syariah

Manajemen Pembiayaan Bank Syariah

Manajemen Pemasaran Bank Syariah

Manajemen Resiko Bank Syariah

Studi Kelayakan Pendirian Bank Syariah

Kewirausahaan

Aset Liability Manajemen

Analisis Laporan Keuangan Bank Syariah

dll.

 

Prospek Kerja Perbankan

kuliah perbankan
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Seperti telah disebutkan sebelumnya, prospek kerja perbankan boleh dikata tak ada matinya. Selama kehidupan manusia melibatkan perputaran roda ekonomi, selama itu pula ada peluang bekerja di bank.

Perlu Sobat tahu, mereka yang saat ini bekerja di bank tidak selalu memiliki latar belakang kuliah jurusan perbankan, bahkan jurusan keuangan. Ada beragam lulusan jurusan yang bisa kerja di bank, seperti Hukum, Psikologi, Statistika, Ilmu Komunikasi, bahkan Teknik Informatika.

Namun jika Sobat Pintar sungguh-sungguh berminat bekerja di bidang keuangan syariah, bekerja di bank syariah merupakan impian yang sulit untuk ditepis. Siapa tau, dalam perjalanan kariermu kelak, mungkin kamu akan merambah ke bidang atau industri keuangan yang lain seperti pasar modal atau yang lain.

 

Tips Masuk Kuliah Perbankan

kuliah jurusan perbankan
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Tertarik dengan prospek ini, Sobat Pintar? Tak banyak kok, syarat masuk jurusan perbankan. Yang pasti, kamu harus suka dengan ilmu ekonomi. Karena bakal bertemu dengan banyak hitung-hitungan, perkuat pula logika matematikamu.

Pertanyaannya, apakah kamu suka berkutat dengan hitung-hitungan, Sobat? Apakah kamu juga yakin punya basic logika matematika yang dapat terus dikembangkan saat kuliah nanti? Kalau kamu masih belum menemukan jawaban pastinya, coba cek melalui Minat Pintar, deh.

Asal kamu tau, Sobat. Perkembangan industri keuangan dan perbankan ke depannya akan semakin terintegrasi dengan teknologi. Tak ada salahnya bila kamu kepo dan belajar tentang teknologi informasi. Nah, Minat Pintar juga dapat membantumu menentukan apakah perbankan atau teknologi informasi yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

The post Jurusan Perbankan: Ragam Pilihan dan Tips Masuk Kuliah first appeared on E-TEST.ID.

Agar dapat bekerja di bank, apakah kamu harus kuliah perbankan? Prospek kerja perbankan memang terbilang menjanjikan. Kehidupan manusia tak bisa …

The post Jurusan Perbankan: Ragam Pilihan dan Tips Masuk Kuliah first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jurusan-perbankan-ragam-pilihan-dan-tips-masuk-kuliah/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jurusan-perbankan-ragam-pilihan-dan-tips-masuk-kuliah
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : August 16, 2022 4:03 am