Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Jurusan PKK itu ada – dan nyata, Sobat Pintar! Kita lagi ngebahas jurusan kuliah nih, bukan kegiatan ibu-ibu di kompleks perumahan. Nah, jurusan apa tuh? Ini dia, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Baca juga: 5 Jurusan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia – Adakah yang Tepat Buatmu?

 

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Serius deh, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga itu memang dibuka di perguruan tinggi. Kalau begitu, Jurusan PKK ada dimana saja?

Di Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, jurusan ini dikenal sebagai Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga. Universitas Syiah Kuala, Universitas Dhyana Putra, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Universitas Pendidikan Indonesia adalah sederet universitas di Indonesia yang membuka Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Terus, biasanya jurusan PKK fakultas apa? Itu sangat tergantung universitas masing-masing, Sobat. Di Universitas Negeri Semarang, misalnya, Jurusan PKK menjadi bagian dari Fakultas Teknik.

Bagaimana di Universitas Pendidikan Indonesia? Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI fakultas apa? Kalau di UPI, Jurusan PKK berada di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

 

Tentang Ilmu Kesejahteraan Keluarga

apa itu pendidikan kesejahteraan keluarga
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Meskipun tak sedikit universitas yang membuka jurusan ini, mungkin kamu masih heran bahwa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga itu memang ada. Emangnya apa itu pendidikan kesejahteraan keluarga? Apa yang dipelajari oleh mahasiswa di jurusan ini?

Terlepas dari sedikit perbedaan nama maupun fakultas, pada dasarnya apa yang dipelajari di jurusan ini relatif tidak berlainan yaitu tentang ilmu kesejahteraan keluarga. Apa yang dimaksud dengan ilmu kesejahteraan keluarga?

Secara umum, ilmu kesejahteraan keluarga adalah ilmu yang diperlukan untuk membangun dan menciptakan keluarga yang sejahtera. Untuk itu, mahasiswa Jurusan PKK harus mengikuti mata kuliah seperti Ilmu Kesejahteraan Keluarga (iya, ini juga nama mata kuliah), Dasar Rias, Dasar Boga, Etika dan Etiket, Pendidikan Konsumen, Ilmu Kesehatan, Dasar Graha, Dasar Busana, Apresiasi Menghias Kain dan Makanan, Teknik Menjahit, Ilmu Gizi, Tata Hidang, dan lain sebagainya.

Tiap-tiap universitas biasanya menawarkan peminatan atau konsentrasi. Nanti jika kuliah di Jurusan PKK Universitas Negeri Jakarta, misalnya, kamu dapat memilih peminatan atau konsentrasi Ilmu Keluarga, Akomodasi Perhotelan, Prakarya, dan Pekerjaan Sosial. Setelah mempelajari mata kuliah dasar seputar ilmu kesejahteraan keluarga, kamu akan mengikuti perkuliahan yang lebih spesifik sesuai dengan peminatan atau konsentrasi yang dipilih.

Karena merupakan program studi kependidikan, kurikulum Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga sebenarnya disusun untuk menyiapkan mahasiswanya kelak menjadi guru, khususnya di SMK. Oleh karenanya, perkuliahan di Jurusan PKK tak terbatas pada ilmu kesejahteraan keluarga saja, tetapi juga ilmu keguruan yang kelak dibutuhkan untuk mengajar mata pelajaran PKK di sekolah.

Mata pelajaran PKK adalah mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Dalam mapel ini, siswa dibimbing untuk mendesain produk. Maka, perkuliahan di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dirancang untuk membekali mahasiswanya dengan kemampuan yang dibutuhkan guna mengajarkan mata pembelajaran kreatif tersebut.

 

Prospek Alumni Jurusan PKK

prospek kerja pendidikan kesejahteraan keluarga
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Apakah setelah lulus dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, kamu harus menjadi guru? Enggak, Sobat Pintar. Prospek kerja Pendidikan Kesejahteraan Keluarga tak terbatas pada profesi guru saja.

Meskipun gelar sarjana Pendidikan Kesejahteraan Keluarga adalah S.Pd., alumni jurusan ini berpeluang untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan minatnya masing-masing. Misalnya, jika memilih peminatan Akomodasi Perhotelan, kamu bisa bekerja di industri perhotelan. Kalian yang lebih berminat pada tata boga juga bisa mengembangkan usaha boga seperti bakery. Keahlian dan keterampilan pelayanan sosial yang diperoleh selama kuliah juga dapat dimanfaatkan di daycare.

Baca juga: 3 Kampus Keguruan Terbaik di Indonesia – Apa Referensi Kampus Lainnya?

Nah, apakah kamu tertarik untuk kuliah di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Sobat Pintar? Eitts, jangan dijawab! Ikuti Tes Penjurusan Kuliah dahulu deh, biar kamu tahu apakah kamu tipe orang yang cocok buat kuliah di Jurusan PKK dan kelak menjalani salah satu profesi yang telah disebutkan di atas. Daripada salah jurusan, mendingan luangkan waktu sebentar mengikuti tes gratis ini, kan?

The post Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga first appeared on E-TEST.ID.

Jurusan PKK itu ada – dan nyata, Sobat Pintar! Kita lagi ngebahas jurusan kuliah nih, bukan kegiatan ibu-ibu di kompleks …

The post Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jurusan-pendidikan-kesejahteraan-keluarga/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jurusan-pendidikan-kesejahteraan-keluarga
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 23, 2022 5:09 pm