Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Matematika

Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Matematika

Jurusan kuliah untuk anak IPA itu lumayan fleksibel. Gimana enggak, wong kenyataannya tak sedikit anak IPA yang linjur ke IPS. Apalagi, beberapa jurusan kuliah yang katanya IPS ternyata membutuhkan kemampuan matematika. Bukankah itu peluang yang menarik buat kalian anak IPA yang menyukai pelajaran Matematika?

Baca juga: Cara Asyik Menguasai Rumus dan Belajar Matematika saat Mager

Nah, apa aja tuh, jurusan kuliah terkait matematika, baik di bidang IPA maupun IPS? Kuy, kepoin beragam pilihan jurusan kuliah sesuai mata pelajaran favoritmu ini.

jurusan kuliah sesuai mata pelajaran
Photo by cottonbro studio on Pexels

1. Ekonomi

Ekonomi itu jurusan kuliah untuk anak IPA juga, loh. Memang, kuliah Ekonomi bakal membuatmu belajar tentang teori-teori ekonomi, tetapi ada banyak logika dan hitungan matematika yang dibutuhkan saat kamu mempelajari tentang ekonomi. Kamu bisa memilih kuliah Ekonomi, Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Pendidikan Ekonomi, ataupun Sosial Ekonomi Perikanan.

 

2. Psikologi

Tak sedikit anak IPA yang tertarik dengan jurusan dan pekerjaan di bidang psikologi. Saat kamu mengembangkan instrumen tes psikologi, misalnya, dibutuhkan kemampuan matematika juga di situ. Alternatif kuliah Psikologi ada beberapa, antara lain Psikologi Islam, Psikologi Kristen, dan Pendidikan Psikologi Konseling Buddha.

 

3. Astronomi

Astronomi itu cukup komplet karena ini adalah jurusan yang berhubungan dengan Kimia, Matematika, dan Fisika. Jurusan Astronomi baru ada satu di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Makanya, jurusan kuliah IPA ini terbilang langka.

 

4. Komputer

Kuliah komputer membutuhkan kemampuan logika berpikir matematis. Kalau selama ini memang menyukai pelajaran Matematika, seharusnya kamu sudah memiliki modal logika berpikir yang mencukupi untuk kuliah di berbagai jurusan yang mempelajari tentang komputer seperti Ilmu Komputer, Sistem Komputer, Teknik Komputer, Pendidikan Komputer, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, ataupun Rekayasa Sistem Komputer.

 

5. Matematika

Jika memilih jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran favoritmu dan itu adalah Matematika, jelas jurusan ini memenuhi kriteria. Yup, Matematika! Namun selain kuliah di jurusan ilmu murni Matematika, kamu masih bisa memilih untuk kuliah Pendidikan Matematika ataupun Tadris Matematika. Kelak setelah lulus, kamu sudah memiliki bekal untuk mengajar Matematika.

 

6. Arsitektur

Menggambar teknik, yang kamu membutuhkan kejelian matematis, adalah salah satu kegiatan rutin mahasiswa Arsitektur. Tak heran bila Arsitektur menjadi salah satu alternatif pilihan jurusan kuliah bidang matematika. Kamu juga bisa memilih kuliah di Teknik Arsitektur, Ilmu Seni dan Arsitektur Islam, Arsitektur Lanskap, Pendidikan Teknik Arsitektur, maupun Arsitektur Interior.

 

7. Perencanaan Wilayah

Masih dalam hal desain-mendesain. Perencanaan Wilayah juga merupakan jurusan yang berhubungan dengan matematika. Di beberapa kampus, jurusan ini bernama Perencanaan Wilayah dan Kota atau Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran
Photo by Neven Krcmarek on Unsplash

8. Desain

Dalam mendesain, memang diperlukan jiwa dan sentuhan seni. Akan tetapi, mereka yang sukses di jurusan dan pekerjaan desain juga memerlukan kemampuan matematika. Itulah sebabnya jurusan ini direkomendasikan juga buat kalian yang ingin memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit: Matematika. Alternatifnya cukup beragam, antara lain Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Pendidikan Vokasional Desain Fashion, Desain Interior, maupun Desain Grafis.

 

9. Akuntansi

Meskipun diterapkan di bidang ekonomi, ilmu akuntansi sendiri tak lepas dari matematika. Makanya, jurusan yang dikenal sebagai “kepunyaan” anak IPS ini sebenarnya bisa menjadi salah pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA. Saat ini sudah ada Akuntansi Syariah sebagai alternatif buat kalian yang ingin kuliah Akuntansi secara khusus.

 

10. Manajemen

Meskipun jelas-jelas bukan jurusan IPA, Manajemen merupakan salah satu jurusan favorit termasuk buat anak IPA. Kalau kamu mau lintas jurusan untuk kuliah Manajemen, boleh juga memperetimbangkan kuliah di Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Manajemen Dakwah, Manajemen Sumber Daya Perairan, Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen Bisnis Syariah, Manajemen Ritel, Manajemen Zakat dan Wakaf, Manajemen Haji dan Umrah, ataupun Manajemen Pendidikan.

 

11. Logistik

Mungkin jurusan dan pekerjaan logistik masih terdengar asing buatmu. Padahal beberapa kampus favorit membuka jurusan ini loh, Sobat. Tentunya, kampus-kampus terkemuka takkan menyediakan sebuah jurusan kuliah tanpa menilai prospek lulusannya, kan? Selain di Logistik sendiri, kamu juga bisa memilih kuliah di Teknik Logistik, Logistik Kelautan, atau Manajemen Logistik.

 

12. Administrasi Bisnis

Sama seperti Akuntansi dan Manajemen, Administrasi dikenal bukan sebagai jurusan IPA. Namun sama seperti jurusan-jurusan “berbau” ekonomi yang lain, Administrasi Bisnis juga sejatinya memerlukan kemampuan matematika yang baik. Jadi kalau kamu memang menyukai pelajaran Matematika, boleh banget nih mempertimbangkan kuliah di Administrasi Bisnis atau Ilmu Administrasi Bisnis.

 

13. Bisnis

Untuk alasan yang sama, kalian yang menyukai pelajaran Matematika juga bisa kuliah bisnis. Ruang lingkupnya lebih luas tak hanya Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Bisnis, tetapi juga mencakup Pendidikan Bisnis, Agrobisnis Perikanan, Agribisnis, Bisnis Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Bisnis Digital, Bisnis Jasa, serta Bisnis dan Manajemen Buddha.

 

14. Teknik/Rekayasa

Bidang ilmu teknik pasti mengandalkan kemampuan logika matematika yang kuat. Nah, ada banyak banget pilihan jurusan kuliah terkait matematika di bidang teknik atau rekayasa, seperti Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Dirgantara, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Komputer, Pendidikan Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Pertambangan, Teknik Logistik, Teknik Lepas Pantai, Teknik Geomatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Keselamatan Kebakaran, Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Rekayasa Kosmetik, Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Minyak dan Gas, Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Nanoteknologi, Rekayasa/Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, serta Bio Medis dan Rekayasa Hayati.

jurusan kuliah untuk anak ipa
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

15. Informasi

Sistem Informasi, Perpustakaan dan Sains Informasi, Teknologi Informasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Sains Informasi Geografi, Pendidikan Teknologi Informasi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, maupun Sistem Informasi Kelautan adalah jurusan-jurusan kuliah di bidang informasi yang memerlukan kemampuan matematika. Buat kalian yang menyukai pelajaran Matematika, pilah-pilah deh bila ada jurusan dan pekerjaan di atas yang mungkin sesuai juga dengan kepribadianmu.

 

16. Pariwisata

Anak IPA kuliah Pariwisata? Kenapa enggak, Sobat? Pariwisata juga merupakan jurusan yang berhubungan dengan matematika, loh. Di samping kuliah Pariwisata, kalian juga bisa kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Pariwisata Syariah, Pariwisata Budaya dan Keagamaan, Hospitaliti dan Pariwisata, Pariwisata Budaya Hindu, Pariwisata Budaya dan Agama, Pariwisata Buddha, Destinasi Pariwisata, Pendidikan Pariwisata, ataupun Manajemen Pemasaran Pariwisata.

 

17. Transportasi

Transportasi juga merupakan salah satu alternatif jurusan kuliah untuk anak IPA. Selain kuliah Transportasi, kalian juga bisa memilih kuliah Teknik Transportasi Laut atau Manajemen Transportasi.

 

18. Bioteknologi

Tak hanya berhubungan dengan biologi dan teknologi, Bioteknologi juga merupakan jurusan yang berhubungan dengan matematika. Ini jurusan kuliah IPA banget ga, sih?

 

19. Geografi

Ada beberapa jurusan di bidang geografi yang tergolong sebagai jurusan IPA. Jurusan-jurusan itu antara lain Geografi, Pendidikan Geografi dan Sains Informasi Geografi.

 

20. Informatika Medis

Ini dia, jurusan kuliah untuk anak IPA: Informatika Medis. Dari namanya saja, kamu sudah bisa memperkirakan kalau jurusan dan pekerjaan di bidang ini eksklusif ditujukan buat anak IPA. Iya ga, sih?

 

21. Sains Data

Sebagai Gen Z, kamu pasti udah kerap banget mendengar atau membaca soal big data. Jika sungguh-sungguh memiliki minat pada bidang ini, tentu kamu tau bahwa jurusan dan pekerjaan sains data itu memerlukan kemampuan matematika yang tak bisa dikategorikan cupu. Nah, perlu tau juga nih, apa saja pilihan jurusan di bidang ini. Bukan hanya di Sains Data, kamu juga bisa kuliah di Teknologi Sains Data atau Statistika dan Sains Data.

jurusan yang berhubungan dengan kimia
Image by melovess.com on Pixabay

Baca juga: Sains Data, Ilmu Penting di Masa Depan

Itulah berbagai pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA, khususnya buat kalian si penyuka mata pelajaran Matematika. Eitts, jangan buru-buru memilih, Sobat Pintar. Kamu wajib tau juga apa saja yang harus dilakukan sebelum menjatuhkan pilihan jurusan kuliah.

The post Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Matematika first appeared on E-TEST.ID.

Jurusan kuliah untuk anak IPA itu lumayan fleksibel. Gimana enggak, wong kenyataannya tak sedikit anak IPA yang linjur ke IPS. …

The post Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Matematika first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jurusan-kuliah-berdasarkan-mata-pelajaran-matematika/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jurusan-kuliah-berdasarkan-mata-pelajaran-matematika
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 6, 2022 4:00 pm