Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Biologi

Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Biologi

Jurusan kuliah untuk anak IPA selama ini dikenal seperti salah satu paket data internet: unlimited. Gimana enggak, coba. Anak IPA dikenal jago sleding, apalagi kalau dibanding anak IPS atau Bahasa. Maksudnya, pelaku lintas jurusan itu kebanyakan anak IPA dibandingkan anak IPS atau Bahasa. Udah lah yang dipilih jurusan kuliah di bidang IPS atau Bahasa, linjurnya sukses pula! Jadi lah pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA itu kayak semua-muanya, deh.

Baca juga: 6 Prodi Soshum Favorit Pilihan Lintas Jurusan Anak IPA

Namun kenyataannya tak seindah itu, Sobat Pintar. Bukan berarti sebagai anak IPA, lantas jurusan kuliah apapun yang kamu pilih pasti didapatkan. Terlebih lagi, jurusan yang kamu pilih itu belum tentu selalu cocok dengan kepribadianmu. Eh, baru tau? Memilih jurusan dan pekerjaan itu perlu banget disesuaikan dengan dengan kepribadian kita, loh.

Di samping kepribadian, kita juga bisa memilih jurusan kuliah sesuai mata pelajaran favorit. Baut kalian yang menyukai pelajaran Biologi, kali ini kita bakal bahas tuntas apa saja pilihan jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran favoritmu ini. Apa saja jurusan-jurusan itu?

jurusan kuliah sesuai mata pelajaran
Photo by Francesco Ungaro on Pexels

1. Ilmu/Sains Kelautan

Jurusan kuliah IPA ini mempelajari tentang sumber daya laut, bagaimana mengelola dan melestarikannya. Masih berkaitan dengan laut, selain Ilmu Kelautan atau Sains Kelautan, jurusan kuliah bidang biologi yang lain adalah Teknik Kelautan, Sistem Informasi Kelautan, Logistik Kelautan, Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Sains Lingkungan Kelautan, Perikanan dan Kelautan, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan.

 

2. Biologi

Pengin memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit? Pastinya, kamu bisa lanjut belajar Biologi dengan menjadi mahasiswa Biologi, dong. Kalau bercita-cita kelak menjadi guru Biologi, kamu bisa memilih kuliah Pendidikan Biologi atau Tadris Biologi.

 

3. Ilmu Pertanian

Pertanian dekat-dekat dengan biologi, kan? Nah, kalau kamu menyukai pelajaran Biologi, tak ada salahnya mempertimbangkan kuliah di Ilmu Pertanian. Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian, Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Teknik Pertanian dan Biosistem, Budidaya Pertanian, Penyuluhan Pertanian, Agroteknologi Pertanian, Teknik Pertanian, Pendidikan Teknologi Pertanian, Rekayasa Pertanian, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Keteknikan Pertanian, Teknologi Pertanian, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, dan Mikrobiologi Pertanian adalah berbagai alternatif jurusan kuliah terkait biologi dan masih dalam bidang pertanian.

 

4. Peternakan

Peternakan juga merupakan jurusan kuliah bidang biologi. Selain Peternakan, alternatif jurusan di bidang ini antara lain Ilmu dan Industri Peternakan serta Ilmu Peternakan.

 

5. Ilmu Perikanan

Kembali ke air dan hewan, masih buat kalian yang menyukai pelajaran Biologi. Ilmu Perikanan adalah salah satu jurusan IPA yang cukup difavoritkan. Alternatif jurusan ini antara lain Agrobisnis Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan, Sosial Ekonomi Perikanan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Perikanan Tangkap, Pengolahan Hasil Perikanan, Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, Budidaya Perikanan, Perikanan, Pendidikan Kelautan dan Perikanan, serta Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya.

jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran
Photo by Leonardo Lamas on Pexels

6. Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan juga merupakan salah satu jurusan kuliah IPA buat si penyuka biologi. Alternatif jurusan yang berkaitan dengan lingkungan juga cukup beragam, antara lain Teknik Lingkungan, Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Teknik Infrastruktur Lingkungan, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Teknik Sipil dan Lingkungan, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Sains Lingkungan Kelautan, Geografi Lingkungan, serta Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan.

 

7. Kehutanan

Hutan adalah laboratoriumnya anak Bio. Bener ga, Sobat? Yang pasti, enggak lengkap menyebutkan jurusan kuliah untuk anak IPA tanpa menyinggung Kehutanan. Kamu juga bisa memilih kuliah Kehutanan yang lebih spesifik di bidang rekayasa, yaitu Rekayasa Kehutanan.

 

8. Kedokteran

Ini dia, jurusan dan pekerjaan idamannya banyak anak IPA. Kamu juga, Sobat? Di beberapa kampus, Kedokteran disebut Pendidikan Dokter. Setelah lulus kuliah, kamu masih harus kuliah Program Profesi Dokter untuk menjadi dokter umum. Masih ada satu lagi jurusan kuliah terkait biologi dan kedokteran, Sobat Pintar, yaitu Teknologi Kedokteran.

 

9. Kedokteran Gigi

Kedokteran Gigi juga merupakan salah satu pilihan terbaik jurusan kuliah bidang biologi. Di beberapa kampus, jurusan ini bernama Pendidikan Dokter Gigi.

 

10. Kedokteran Hewan

Anak Bio biasanya penyayang hewan, nih. Betul tidak, Sobat? Jurusan IPA yang satu ini biasanya dipilih bukan hanya oleh para penyawang hewan, tetapi juga lantaran prospeknya yang semakin glowing. Kedokteran Hewan dikenal sebagai Pendidikan Dokter Hewan di beberapa kampus.

jurusan kuliah untuk anak ipa
Photo by Edward Jenner on Pexels

11. Farmasi

Apakah menurutmu Farmasi itu jurusan yang berhubungan dengan Kimia? Enggak salah kok, Sobat, tetapi Farmasi juga merupakan salah satu jurusan kuliah terkait biologi. Alternatif jurusan ini antara lain Farmasi Klinik dan Komunitas, Farmasi Klinis, serta Farmasi Klinis dan Komunitas.

 

12. Gizi

Sudah jelas, Gizi adalah jurusan kuliah terkait biologi. Jurusan ini dikenal juga sebagai Ilmu Gizi atau Ilmu Gizi Masyarakat dan Keluarga di beberapa kampus.

 

13. Kesehatan Masyarakat

Kuliah di jurusan ini menempamu untuk jeli mengidentifikasi masalah kesehatan di masyarakat. Lebih dari sekadar jurusan kuliah bidang biologi, Kesehatan Masyarakat juga merupakan jurusan kuliah yang melatihmu untuk lebih terlibat di bidang sosial. Perlu kamu tahu, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Masyarakat pada dasarnya adalah dua nama yang mengacu pada satu jurusan yang serupa.

 

14. Kebidanan

Kebidanan atau Pendidikan Bidan juga merupakan salah satu jurusan IPA di bidang kesehatan. Jika cita-citamu adalah menjadi tenaga kesehatan, kuliah di jurusan ini perlu dipertimbangkan juga loh, Sobat.

 

15. Keperawatan

Keperawatan atau Ilmu Keperawatan juga merupakan salah satu alternatif jurusan kuliah di bidang kesehatan. Kamu tentu tahu, jurusan dan pekerjaan di bidang kesehatan itu sudah seperti menjadi hak prerogatifnya anak IPA. Iya ga, sih?

jurusan yang berhubungan dengan kimia
Photo by Ani Kolleshi on Unsplash

16. Kesehatan

Ada pula beberapa jurusan kuliah IPA yang tak secara langsung mendidikmu untuk menjadi tenaga kesehatan, tetapi masih menjadi bagian dari bidang kesehatan. Jurusan-jurusan ini antara lain Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Kesehatan Masyarakat, Administrasi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Perekam dan Informasi Kesehatan, serta Yoga Kesehatan.

 

17. Ilmu Keolahragaan

Ilmu Keolahragaan juga merupakan jurusan kuliah terkait biologi loh, Sobat. Jika kamu tertarik secara khusus pada jurusan dan pekerjaan di bidang olahraga, Ilmu Keolahragaan adalah salah satu jurusan yang sangat direkomendasikan. Selain Ilmu Keolahragaan, jurusan serupa yang lain adalah Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Kepelatihan Fisik Olahraga, Kepelatihan Kecabangan Olahraga, Olahraga Rekreasi, serta Kepelatihan Olahraga.

 

18. Bioteknologi

Minat belajar biologi tidak serta merta mengikis semangat untuk belajar teknologi. Kalau kamu sedang mencari-cari jurusan kuliah terkait biologi dan teknologi masa depan, Bioteknologi wajib masuk ke dalam daftar pilihanmu, Sobat.

 

19. Informatika Medis

Jurusan IPA terbilang masih langka di Indonesia. Tak banyak kampus yang membuka Jurusan Informatika Medis. Asal kamu tahu, kuliah di jurusan ini tak hanya memerlukan “kedekatanmu” dengan biologi. Pasalnya, selain dengan biologi, Informatika Medis adalah jurusan yang berhubungan dengan matematika pula.

 

20. Konservasi Biologi

Mereka yang sungguh-sungguh menyukai pelajaran Biologi biasanya memiliki semangat dan kepedulian yang tinggi pada konservasi. Nah, ada jurusan kuliahnya nih, Sobat. Selain di Konservasi Biologi, kamu juga bisa kuliah di Konservasi Sumber Daya Alam, Konservasi Hutan, ataupun Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata

jurusan yang berhubungan dengan matematika
Photo by Teona Swif on Pexels

21. Teknologi Pangan

Ngomongin soal pangan, pasti nyangkut juga di biologi. Yang pasti, Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan kuliah bidang biologi yang dilirik oleh banyak anak IPA. Alternatif jurusan ini antara lain Ilmu dan Teknologi Pangan, Pangan dan Nutrisi, Ilmu Teknologi Pangan, Teknik Pangan, serta Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.

 

22. Sains Perkopian

Pernah mendengar nama jurusan ini, Sobat Pintar? Sains Perkopian adalah jurusan IPA yang terbilang cukup langka di Indonesia. Kalau kamu pengin memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit, dan itu Biologi, Sains Perkopian sepertinya adalah salah satu jurusan yang patut dipertimbangkan.

Baca juga: 5 Jurusan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia – Adakah yang Tepat Buatmu?

Itulah berbagai pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA, khususnya buat kalian si penyuka biologi. Banyak banget kan, pilihanmu? Jangan justru menjadi bingung, Sobat Pintar. Memilih jurusan kuliah itu sebenarnya enggak membingungkan, kok. Yang penting, kita tahu apa saja yang harus dilakukan sebelum menjatuhkan pilihan jurusan kuliah.

The post Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Biologi first appeared on E-TEST.ID.

Jurusan kuliah untuk anak IPA selama ini dikenal seperti salah satu paket data internet: unlimited. Gimana enggak, coba. Anak IPA …

The post Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Biologi first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jurusan-kuliah-berdasarkan-mata-pelajaran-biologi/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jurusan-kuliah-berdasarkan-mata-pelajaran-biologi
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 6, 2022 3:03 pm