Jenis-Jenis Beasiswa untuk Kuliah dan Cara Mendapatkannya

Jenis-Jenis Beasiswa untuk Kuliah dan Cara Mendapatkannya

Jenis beasiswa kuliah itu ada bermacam-macam, Sobat Pintar. Bukan, kita bukan lagi ngebahas tentang KIP Kuliah atau Beasiswa Djarum. Bahkan mungkin kamu sudah familier dengan jauh lebih banyak nama-nama beasiswa yang lain. Kita lagi ngomongin jenis-jenis beasiswa untuk kuliah ditinjau dari pihak penyedianya, cakupan pembiayaannya, sampai bentuknya.

Nah, gimana tuh? Apakah bentuknya trapesium atau jajaran genjang? Yuk, bareng-bareng kita pelajari tentang macam-macam beasiswa, termasuk juga bagaimana cara mendaftar beasiswa kuliah.

Baca juga: 4 Beasiswa Dalam Negeri

 

Siapa Penyedia Beasiswa Kuliah?

jenis jenis beasiswa untuk kuliah
Photo by Marissa Grootes on Unsplash

Dari setiap beasiswa kuliah yang kita peroleh, ada pihak penyedia biaya atau sponsor di belakangnya. Sama seperti ketika kamu menerima uang saku, terkadang kita mendapatkannya dari ayah atau ibu. Kalau beasiswa kuliah, kamu mendapatkannya dari siapa, nih?

1. Pemerintah

KIP Kuliah adalah beasiswa untuk mahasiswa S1 dari pemerintah, melalui Kemendikbud. Ada pula beasiswa kuliah yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial beberapa waktu lalu, LPDP. Beasiswa ini juga merupakan beasiswa kuliah Program Magister dan Doktoral dari pemerintah, melalui Kemenkeu. Pada intinya, beasiswa pemerintah dapat kita peroleh melalui berbagai institusi atau lembaga pemerintahan.

2. Swasta

Beasiswa Djarum, yang sempat disinggung di awal, termasuk beasiswa kuliah dari pihak swasta, Sobat Pintar. Nama resmi beasiswa yang dikelola oleh Djarum Foundation ini adalah Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa kuliah di Indonesia yang disponsori oleh swasta cukup banyak, antara lain Beasiswa BCA, beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, hingga beasiswa dari perusahaan seperti PT Cloud Hosting Indonesia. Jenis beasiswa kuliah ini biasanya merupakan bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan.

3. Negara Donor

Banyak negara maju yang menyediakan beasiswa kuliah bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang. Dua yang cukup populer dari jenis beasiswa kuliah ini ialah Fullbright dan Chevening, masing-masing dari Amerika Serikat dan Inggris. Masih banyak negara-negara maju lainnya yang menawarkan beasiswa kuliah bagi calon mahasiswa dari Indonesia loh, Sobat.

4. Yayasan

Dari nama organisasinya saja kita sudah tahu bahwa yayasan memiliki tujuan sosial alih-alih profit. Ada macam-macam beasiswa dengan ketentuan berbeda-beda, seperti beasiswa kuliah dari Yayasan Beasiswa Jakarta, Yayasan Hadji Kalla, Yayasan Karya Salemba Empat, dan lain-lain. Yayasan pengelola kampus swasta juga terkadang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa S1. Ada pula yayasan yang dikelola oleh alumni, seperti Yayasan Tunas Unggul Bangsa.

5. Perguruan Tinggi

Beasiswa kuliah juga bisa kita peroleh dari kampus, Sobat Pintar. Tak sedikit kampus negeri yang menjalin kerja sama dengan yayasan maupun perusahaan. Disamping yayasannya sendiri, kampus swasta juga bukan tidak mungkin menyediakan akses bagi mahasiswa agar dapat mendaftar beasiswa kuliah dari luar kampus.

 

Bagaimana Cakupan Pembiayaannya?

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah
Photo by Josh Appel on Unsplash

Terlepas dari pihak penyedianya, beasiswa yang kamu terima terbagi ke dalam dua kategori, Sobat. Apa macam-macam beasiswa ini?

1. Penuh

Beasiswa kuliah yang kamu terima disebut penuh bila pembiayaannya mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup. Bila kamu kuliah di luar negeri, full scholarship seperti ini akan sangat membantu karena menopang hampir seluruh kebutuhan hidupmu di perantauan, termasuk asuransi.

2. Sebagian

Sebaliknya, partial scholarship pun sudah sangat membantu bila kamu kuliah di dalam negeri. Apalagi kalau kamu tak merantau ke kota lain, beasiswa kuliah di Indonesia seperti ini sudah sangat meringankan karena biaya kuliahmu sudah beres.

 

Seperti Apa Bentuk(pembiayaan)nya?

jenis beasiswa kuliah di indonesia
Photo by Paolo Celentano on Unsplash

Kita enggak lagi ngomongin bentuk bidang atau ruang, Sobat Pintar, melainkan bentuk pembiayaan. Perlu tau banget nih, beasiswa kuliah yang kamu terima itu sebenarnya apaan, sih?

1. Penghargaan

Kamu bisa mendapatkan jenis beasiswa ini hanya bila kamu berprestasi. Salah satu contoh yang paling sering dijumpai adalah beasiswa dari kampus untuk mahasiswa dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas standar tertentu. Masih ada macam-macam beasiswa kuliah untuk berbagai penghargaan yang lain, dan tak melulu akademik. Nah, kamu kudu tau nih, persyaratan apa yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa penghargaan yang kamu incar, Sobat.

2. Nonakademik

Sekali lagi, beasiswa penghargaan tak melulu di bidang akademik. Kalian yang berprestasi di bidang nonakademik juga bisa mendapatkan beasiswa kuliah. Salah satu contoh yang paling sering kita jumpai adalah beasiswa kuliah karena prestasi olahraga.

3. Bantuan

KIP Kuliah juga bisa dikategorikan sebagai salah satu beasiswa bantuan. Jenis beasiswa kuliah ini memang ditujukan bagi mereka yang tidak mampu secara finansial saja.

4. Ikatan Dinas

Jika menerima jenis beasiswa ini, kita diharuskan bekerja di perusahaan atau instansi sponsor dalam kurun waktu tertentu setelah lulus kuliah. Bentuk keterikatan kerja seperti itulah yang dimaksud dalam hal ini, Sobat.

Masih ada macam-macam beasiswa lain ditinjau dari bentuk pembiayaannya. Saat melakukan penelitian, misalnya, kamu juga bisa mengajukan beasiswa untuk membiayai penelitian tersebut. Pegawai yang mengikuti pelatihan atau konferensi juga bisa mendapatkan bantuan dana dari tempatnya bekerja meskipun kita jarang menyebutnya sebagai beasiswa.

Baca juga: 6 Tips Penting Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Nah, sudah sudah terjawabkah, Sobat, bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah? Betul sekali, kita harus mencermati dulu jenis beasiswa tersebut. Untuk mendapatkan beasiswa kuliah dari yayasan atau kampus, misalnya, berarti kita harus memenuhi persyaratannya, entah berupa prestasi akademik atau nonakademik. Jangan lupa memastikan dahulu, apakah beasiswa yang diajukan bersifat penuh atau sebagian. Selamat berburu beasiswa kuliah, ya!

The post Jenis-Jenis Beasiswa untuk Kuliah dan Cara Mendapatkannya first appeared on E-TEST.ID.

Jenis beasiswa kuliah itu ada bermacam-macam, Sobat Pintar. Bukan, kita bukan lagi ngebahas tentang KIP Kuliah atau Beasiswa Djarum. Bahkan …

The post Jenis-Jenis Beasiswa untuk Kuliah dan Cara Mendapatkannya first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jenis-jenis-beasiswa-untuk-kuliah-dan-cara-mendapatkannya/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jenis-jenis-beasiswa-untuk-kuliah-dan-cara-mendapatkannya
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : August 9, 2022 4:23 pm