Jangan Sampai Salah, Ini 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa

7 Tips Agara Penguatan Yang Diberikan Kepada Siswa Lebih Efektif

BlogPendidikan.net – Memberi penguatan kepada siswa merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru karena penguatan yang diberikan kepada siswa akan membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan mengikuti pembelajaran di dalam kelas. 


Semangat siswa yang tinggi akan menimbulkan antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga daya tangkap ilmu akan meningkat dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan sebaik mungkin.

Baca Juga : Tata Cara Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah

Penguatan adalah respon terhadap suatu tingkah laku yang dapat memberikan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Penguatan merupakan sebuah penghargaan atau awarding yang dapat menimbulkan dorongan dan motivasi siswa dalam belajar dan mengikuti pembelajaran di kelas

Selanjutnya BlogPendidikan.net akan berbagi tips memberikan penguatan kepada siswa, yang dirangkum dari berbagai sumber. 


Berikut 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa:

1. Penguatan diberikan dengan hangat dan antusias.

Penguatan haruslah diberikan dengan hangat dan antusias kepada siswa sehingga dapat merasakan kehangatan, misalnya dengan suara, mimik atau gerakan tangan yang dilakukan dengan penuh hangat. Bahkan jika bisa dengan sentuhan maka lakukan saja.

2. Penguatan yang diberikan harus bermakna.

Yaitu penguatan yang diberikan harus sesuai dengan perilaku yang diberi penguatan.

3. Hindarkan respons negatif. 

Jangan memberi respon negatif terhadap jawaban siswa yang tidak memuaskan.

4. Siswa yang diberikan penguatan harus jelas.

Sebutkan namanya atau tunjukkan pandangan kepadanya. Tunjukkan bahwa guru benar-benar terlihat sayang dan perhatian.

5. Penguatan juga dapat diberikan kepada kelompok siswa tertentu. 

Jika pembelajaran dengan cara membagi kelompok belajar atau siswa yang bergolongan atau mempunyai karakteristik yang sama.

6. Penguatan harus diberikan segera.

Agar menjadi lebih efektif penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang baik ditunjukkan. 

7. Jenis penguatan yang diberikan hendaknya bervariasi.

Misalnya dengan tersenyum, menepuk bahu atau dengan kalimat. Karena hal ini akan mengurangi kemungkinan siswa merasa dianak tirikan.

Baca Juga : Ciri Guru Yang Selalu Semangat Saat Mengajar dan Disukai Siswa

Demikian artikel tentang 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

The post Jangan Sampai Salah, Ini 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa first appeared on E-TEST.ID.

BlogPendidikan.net – Memberi penguatan kepada siswa merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru karena penguatan yang diberikan …

The post Jangan Sampai Salah, Ini 7 Tips Memberi Penguatan Yang Efektif dan Terarah Bagi Siswa first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jangan-sampai-salah-ini-7-tips-memberi-penguatan-yang-efektif-dan-terarah-bagi-siswa/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jangan-sampai-salah-ini-7-tips-memberi-penguatan-yang-efektif-dan-terarah-bagi-siswa
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 19, 2022 12:04 pm