Jangan Hanya jadi Penonton! 

Jangan Hanya jadi Penonton! 

“Today, I think we look at the internet. But I think in the future you’re going to be in the experiences” -Mark Zuckerberg, October 2021

Era baru penggunaan internet sudah ada di depan mata. Per hari ini kita sudah bisa melihat seluruh generasi yang kita jumpai dapat mengakses dunia internet dengan bebas.

Sejak kemunculannya di Oktober 2021, pemanfaatan virtual reality, augmented reality, dan mixed reality (AR, VR, & MR) dalam metaverse sudah membuka banyak peluang dalam dunia industri. Pemanfaatan akses dunia virtual berbasis tiga dimensi menjadikan kegiatan-kegiatan yang ada di keseharian seperti menghadiri pertemuan, menjelajahi suatu tempat, dan menghadiri sebuah virtual reality concert bisa dilakukan dengan karakter virtual yang ada di metaverse.  


Photo by Humphrey Muleba on Unsplash

Metaverse sebagai pendatang baru digadang-gadang menjadi masa depan dari “revolusi” internet. Bagaimana tidak? Pada akhir Desember 2021, terdapat sebuah kapal dengan nama The Metaflower Super Mega Yacht, yang dibuat secara virtual sebagai aset digital, terjual dengan harga 3.600 USD atau sekitar 9 miliar rupiah! Tentu saja hal ini menjadi peluang untuk terbentuknya profesi baru yang akan bekerja sesuai dengan sertifikasi yang mereka miliki ketika menempuh pendidikan.

Namun, sebuah karya yang dihasilkan untuk digunakan sebagai aset dalam metaverse tidak bisa muncul begitu saja. Perlu ada orang-orang kreatif yang bisa mengolah ide dan gagasan untuk menjadi sebuah atau sekumpulan aset di metaverse. Salah satu bidang yang bisa menjadi support system bagi metaverse tersebut adalah digital animation. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menguasai teknik-teknik dalam digital animation?

 

Belajar Produksi Digital Animation Metaverse di Politeknik


Photo by pmv chamara on Unsplash

Politeknik adalah sebuah institusi pendidikan berbasis vokasi. Di Politeknik, mahasiswa memperoleh itensitas pembelajaran praktik lebih banyak daripada pembalajaran teori. Politeknik mempersiapkan mahasiswa agar dapat memiliki portofolio dan pengalaman bekerja yang mumpuni untuk terjun langsung ke dunia kerja setelah mereka lulus.

Sebagai pendidikan berbasis vokasi, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) memiliki berbagai program studi atau jurusan terapan yang menyesuaikan perkembangan zaman. MNP selalu mengajak mahasiwa untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan yang sesuai dengan program studinya untuk mendapatkan pembelajaran melalui metode revolusioner Immersive Learning Experience. Ada tiga program studi di MNP, yakni Digital Animation, E-commerce Logistics, dan Event Management. 

Salah satu jurusan yang sangat relevan di era metaverse ini adalah Jurusan Digital Animation atau Jurusan Animasi. Jurusan Animasi di MNP merupakan program kuliah selama empat tahun yang lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Animasi (S.Tr.Anim.). Pada Jurusan Animasi ini, mahasiswa MNP dapat memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni untuk memanfaatkan peluang menjadi pencipta konten dan aset untuk metaverse.

MNP berkomitmen untuk mencetak profesional yang siap untuk menjadi pembawa perubahan di masa depan. Pengalaman kerja hard skill dan soft skill yang telah dimiliki sesuai dengan jurusan kuliah yang ditempuh menjadi sebuah bekal yang pasti agar mahasiswa dapat menciptakan konten metaverse yang tak kalah bersaing dengan kualitas yang sudah pernah ada sebelumnya.

Saat ini, MNP membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami ilmu di jurusan animasi untuk tahun akademik 2023/2024. Ada banyak beasiswa bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di jurusan animasi MNP untuk bisa menjadi kreator di metaverse. Segera kunjungi website MNP untuk informasi lebih lanjut atau daftar di sini.

The post Jangan Hanya jadi Penonton!  first appeared on E-TEST.ID.

“Today, I think we look at the internet. But I think in the future you’re going to be in the experiences” -Mark Zuckerberg, …

The post Jangan Hanya jadi Penonton!  first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/jangan-hanya-jadi-penonton/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=jangan-hanya-jadi-penonton
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : September 9, 2022 5:27 am