Istilah-istilah Bahasa Inggris untuk Perkuliahan

Istilah-istilah Bahasa Inggris untuk Perkuliahan

Source from Unsplash.com

Menjadi seorang siswa sekolah dan seorang mahasiswa bisa dikarakan memiliki tugas dan system yang sedikit berbeda. Dimana ada hal-halyang biasanya kita miliki di sekolah tidak ada di Universitas dan begitu pula sebaliknya. Jadi, sebagai mahasiswa baik mahasiswa baru ataupun tidak kamu diharapkan tidak asing dengan istilah-istilah yang ada di Universitas baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris karena bisa saja suatu hari kita akan mengikuti pertukaran pelajar atau melanjutkan studi di luar negeri dimana Bahasa Inggris adalah bahasa pertamanya. Oleh karena itu, jangan sampai kamu bingung dan canggung nantinya.

Jadi, langsung lihat istilah-istilah Bahasa Inggris di bawah yang berkaitan dengan perkuliahan berikut ini yuk!

Department/Major (Jurusan)

Saat menjalani perkuliahan seorang mahasiswa akan memilih sebuah jurusan yang akan dipilihnya untuk menjadi fokus studi mahasiswa tersebut, dan dalam Bahasa Inggris, jurusan biasanya disebut sebagai Department atau major.

Example:

  • I will take English Education Department (Saya akan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris).
  • He will study in International Relation Department (Dia akan belajar di jurusan Hubungan Internasional).

Grade Point Average (GPA) (Indeks Prestasi Kumulatif (IPK))

Sama halnya dengan persekolahan setiap mahasiswa akan menyelesaikan satu semester dengan beberapa mata kuliah yang harus diambil, kemudian setelah menyelesaikan ujian di akhir semester setiap mahasiswa akan mendapatkan laporan hasil belajar dengan nilai A,B,C, atau D dengan konversi angka dari 0-4. Dimana biasanya nilai kumulatif persemester ini disebut sebagai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau dalam Bahasa Inggris disebut Grade Point Average (GPA).

Example:

  • Her GPA is good this semester (IPK nya bagus semester ini).
  • He felt upset because his GPA was not really satisfying (D

Course (Mata Kuliah)

Saat kita menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan kita akan mempelajari beberapa mata kuliah di tiap semesternya, baik mata kuliah yang kita pilih sendiri ataupun dipaketkan dari pihak jurusan. Biasanya satu semester kita akan belajar 5-10 mata kuliah di tiap semesternya. Nah, untuk bahasa inggris mata kuliah itu disebut sebagai course.

Example:

  • I need to take many courses this semester (Aku harus mengambil banyak mata kuliah di semester ini).
  • She was failed in some courses last semester (Dia gagal di beberapa mata kuliah semester lalu).

Student Card (Kartu Tanda Mahasiswa)

Sebagai bukti dan tanda pengenal bahwa kita adalah seorang mahasiswa di sebuah universitas kita akan diberikan sebuah tanda pengenal yang disebut Kartu Tanda Mahasiswa atau biasa disingkat dengan KTM. KTM ini memiliki beberapa fungsi, dan salah satu fungsinya sebagai persyaratan untuk meminjam buku di perpustakaan kampus. Di dalam bahasa Inggris, KTM disebut juga sebagai student card.

Example:

  • I lost my student card yesterday (Aku kehilangan KTM kemarin).
  • We need to copy our own student card as the requirement to join that event (Kita harus menyalin KTM sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan tersebut).

Faculty (Fakultas)

Di sebuah universitas biasanya terdapat beberapa fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan. Biasanya sebuah universitas akan memiliki fakultas pendidikan, fakultas teknik, fakultas ekonomi dan fakultas-fakultas lainnya, tergantung kepada universitas tersebut. Untuk bahasa Inggris fakultas sendiri tidak cukup berbeda dengan Bahasa Indonesia, yaitu fakultas disebut dengan faculty dalam Bahasa Inggris.

Example:

  • She teaches at the education faculty (Dia mengajar di fakultas pendidikan).
  • I have to go to the faculty building (Aku harus pergi ke gedung fakultas).

Lecturer (Dosen)

Di saat kita berada di sekolah, kita biasanya akan menyebut guru untuk seseorang yang mengajar kita. Hal ini sedikit berbeda dengan universitas dimana kita tidak menyebut guru lagi sebagai tenaga pengajar disana, tetapi kita menyebutnya sebagai dosen. Dimana biasanya seorang dosen akan mengajar sebuah mata kuliah sesuai dengan keahlian dosen tersebut. Seorang dosen bertanggung jawab sebagai educator, facilitator and role model di saat mengajar. Untuk menyebut seorang dosen dalam bahasa Inggris, kita bisa menyebutnya sebagai lecturer.

Example:

  • She is a lecturer in a university (Dia adalah seorang dosen di sebuah universitas).
  • Prof. Jhon is the one who is responsible for teaching that course (Bapak Jhon adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengajar mata kuliah tersebut).

Supervisor (Dosen Pembimbing)

Seorang mahasiswa akan memiliki seorang dosen pembimbing yang akan membantu dan membimbing mahasiswa tersebut dalam melakukan penelitian dan penyusunan skripsi, tesis atau disertasi dari seorang mahasiswa tersebut. Untuk menyebut seorang dosen pembimbing dalam Bahasa Inggris, kamu bisa menyebutnya sebagai supervisor.

Example:

  • Mrs. Mary is my supervisor (Ibu Mary merupakan dosen pembimbing saya).
  • She is such the best supervisor for me (Dia adalah dosen pembimbing terbaik untuk saya).

Jadi, itu dia beberapa istilah perkuliahan dalam Bahasa Inggris yang harus kamu tahu. Mungkin ada beberapa kata yang terdengar asing bagi kamu dan ada beberapa kata yang sebelumnya sudah kamu tahu, tapi apapun itu disaat kamu belajar bahasa kamu harus sering memnggunakan kata-kata atau vocabularies yang sudah kamu dapatkan agar kamu tidak lupa ya..

The post Istilah-istilah Bahasa Inggris untuk Perkuliahan appeared first on Homie English.

The post Istilah-istilah Bahasa Inggris untuk Perkuliahan first appeared on E-TEST.ID.

Source from Unsplash.com Menjadi seorang siswa sekolah dan seorang mahasiswa bisa dikarakan memiliki tugas dan system yang sedikit berbeda. Dimana …

The post Istilah-istilah Bahasa Inggris untuk Perkuliahan first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/istilah-istilah-bahasa-inggris-untuk-perkuliahan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=istilah-istilah-bahasa-inggris-untuk-perkuliahan
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : July 26, 2022 4:03 am