Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023

Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023

Fulbright Scholarship

Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023

Fulbright Scholarship

Fulbright Scholarship

Fulbright Scholarship

titiknolenglish.com (Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023) – Sebentar lagi udah 2023 nih, untuk kamu yang belum berhasil lolos seleksi beasiswa ke luar negeri di tahun 2022 ini jangan berkecil hati ygy… tetap bulatkan tekad dan perkuat lagi persiapanmu. Siapa tahu di musim depan adalah kesempatanmu untuk bisa mengenyam pendidikan ke negara yang kamu incar sejak lama. Nah pada kesempatan kali ini Minol mau kasih bocoran nih soal beasiswa dari negara Paman Sam. Cocok banget untuk kamu yang berkeinginan melanjutkan studi S2 maupun S3 di Amerika Serikat. Fulbright Scholarship bisa kamu incar karena beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang di danai oleh pemerintah Amerika. Mau tau info lengkap Fullbright Scholarship 2023? Simak sampai habis ya kaarena udah Minol rangkumkan untuk kamu agar kamu bisa berhasil menjadi awardee beasiswa di US.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Fulbright Scholarship 2023

Fulbright Scholarship merupakan jenis beasiswa penuh yang cukup bergengsi diselenggarakan dan didanai oleh US Department of State oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Fulbright Master’s Degree Program ini dibuka untuk umum. Bagi siapa saja yang berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di AS. Salah satu negara yang diberi kesempatan untuk mendaftar Fulbright Scholarship adalah Indonesia, selain Indonesia Fulbright scholarship juga menyediakan bantuan beasiswa untuk masyarakat dunia di lebih dari 150 negara. Oleh karenanya persaingan untuk bisa menjadi bagian dari Fulbright Scholarship ini bisa dibilang cukup ketat.

Beasiswa ini ditawarkan dalam beberapa jenis. Dua di antaranya adalah Fulbright Master’s Degree Program (Beasiswa Fulbright Master merupakan beasiswa untuk jenjang S2) dan Fulbright PhD Degree Program (beasiswa Fulbright PhD merupakan beasiswa S3 yang sedang dalam proses menempuh pendidikan Doktor.

Your Content Goes Here

Baca juga: Info Lengkap Beasiswa Chevening 2023-2024

Fakta Tentang Fulbright Scholarship

Beasiswa English speaking country

Kita ketahui bahwa Fulbright Scholarship ini merupakan sebuah beasiswa yang berasal dari negara Amerika. Untuk itu pastinya disyaratkan sertifikat kompetensi bahasa Inggris berupa TOEFL/IELTS pagi para pelamarnya sebagai bukti kecakapan untuk bisa menyesuaikan diri dan dapat melanjutkan studi di negara tersebut.

Tanpa batasan umur dan diwajibkan pulang ke negara asal

Banyak jenis beasiswa di luar sana yang memiliki ketentuan batasan usia maksimum dan minimum untuk para pelamarnya agar bisa diterima sebagai awardee, hal seperti ini tidak berlaku untuk beasiswa Fulbright. Karena pada Fulbright Scholarship lebih meniti beratkan pada kulitas pelamar dan kebutuhan negara asal untuk bidang profesional dan diprioritaskan bagi calon yang berencana mengajar di Indonesia. Akan tetapi seperti pada umumnya beasiswa ke luar negeri pada beasiswa Fulbright juga disyaratkan untuk kembali ke negara asal setelah masa studi berakhir.

Dukungan finansial dan proses pendaftaran ke universitas

Fulbright Scholarship ini merupakan jenis beasiswa full yang akan memberikan banyak fasilitas cakupan beasiswa ini meliputi:

  • Visa J-1

  • Tiket Pesawat pu;ang pergi Indonesia – Amerika

  • Biaya kuliah penuh

  • Biaya bulanan selama di Amerika

  • Asuransi kesehatan dan kecelakaan

xxx

Tidak hanya itu hal menarik lain dari beasiswa ini yaitu untuk para penerimanya akan mendapatkan bantuan biaya selama proses pendaftaran ke universitas pilihan. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh jurusan, kecuali yang berhubungan dengan Kedokteran atau Perawatan Pasien dan Komunikasi Klinis dengan pasien.

Kesempatan kuliah di kampus Ivy League

Yang paling menarik dari beasiswa ini adalah kesempatan untuk dapat kuliah di Ivy League merupakan asosiasi delapan Universitas terbaik di Amerika Utara. Lima diantaranya adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth University, dan Harvard University. Universitas-universitas ini telah meraih banyak prestasi, salah satunya juga telah berhasil menjadi peraih Nobel.

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Jenis Beasiswa Fulbright Scholarship 2023

Setelah kita mengetahui bahwasanya Fulbright Scholarship ini merupakan beasiswa yang diperuntukan untuk mereka yang sedang akan menempuh jenjang S2 dan S3, lebih lanjut sepertinya kita harus mengetahui apa saja jenis Fulbright Scholarship ini. Beasiswa Fulbright sendiri memiliki kurang lebih 13 jenis beasiswa pada tiap-tiap kategori, Fulbright scholarship, fellowship, dan Fulbright grant. Peruntukan dari tiap kategori ini berbeda-beda, seperti pada Fulbright Graduate yang cocok untuk mereka yang baru saja meyelesaikan studi S1 (fresh Graduate) sedangkan untuk mereka pada jenjang lanjut seperti profesional lebih tepat untuk mendaftar beasiswa pada kategori Fellowship

Baca juga: 47 Rekomendasi Beasiswa S3 Luar Negeri

Persyaratan Beasiswa Fulbright Scholarship

Beasiswa Fulbright memang memiliki banyak kategori akan tetapi dari seluruh kategori beasiswa Amerika ini memiliki beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus kamu tahu dan penuhi sebelum berencana untuk mendaftar.

Persyaratan Program master (S2)

Umum:

  • Warganegara Indonesia dan bukan penduduk tetap Amerika Serikat, atau saat ini menetap di AS

  • Memiliki kualitas kepemimpinan serta memperlihatkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat

  • Punya persiapan serta menunjukkan komitmen pada bidang studi yang dipilih

  • Mahir berbahasa Inggris

  • Menunjukkan secara realistis dapat menyelesaikan studi pascasarjana penuh waktu atau melakukan penelitian di AS

  • Menunjukkan komitmen kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright

  • Bersedia bekerja di institusi tempat asal setidaknya lima tahun sebelum pensiun setelah menyelesaikan program beasiswa

Khusus:

  • Bergelar sarjana (S1)

  • Memiliki IPK minimum 3.0 (skala 4.00)

  • Memiliki skor TOEFL ITP minimum 550 atau IELTS yang setara

Baca juga: Kumpulan Soal Structure TOEFL dan Pembahasan

Persyaratan Program doktor (S3)

Umum:

  • Warganegara Indonesia dan bukan penduduk tetap Amerika Serikat, atau saat ini menetap di AS

  • Memiliki kualitas kepemimpinan serta memperlihatkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat

  • Punya persiapan serta menunjukkan komitmen pada bidang studi yang dipilih

  • Mahir berbahasa Inggris

  • Memiliki catatan akademik yang luar biasa

  • Menunjukkan secara realistis dapat menyelesaikan studi pascasarjana penuh waktu atau melakukan penelitian di AS

  • Menunjukkan komitmen kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright

Khusus:

  • Memiliki gelar master (S2)

  • Memiliki IPK minimum 3.0 (skala 4.00)

  • Memiliki skor TOEFL ITP minimum 575 atau IELTS yang setara

  • Berniat untuk mengambil atau kembali ke posisi akademis setelah menyelesaikan gelar

Baca juga: Kursus TOEFL IELTS Online

Dokumen Aplikasi Pendaftaran (S2/S3)

  • Formulir aplikasi lengkap. Termasuk di dalamnya satu halaman study objective.
  • Salinan skor ITP TOEFL atau IELTS (terbaru, kurang dari dua tahun terakhir)

  • Dua surat referensi, baik dari dosen/profesor atau atasan tempat kerja yang mengenal Anda dengan baik

  • Salinan ijazah dan transkrip akademik (Dalam bahasa aslinya beserta terjemahannya ke dalam bahasa Inggris)
  • Salinan dokumen identitas (KTP atau paspor)
  • Curriculum vitae

Baca juga: Les IELTS Online Terbaik

Cara Pendaftaran Fulbright Scholarship

Lengkapi dokumen aplikasi di atas bersama formulir aplikasi dari AMINEF. Lalu kirimkan via pos atau antar langsung ke alamat berikut:

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, Lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220, Indonesia
Tel : (+62) 21 5793 9085 / 86
Fax : (+62) 21 5793 9089

Dokumen pendaftaran beasiswa Amerika ini harus dikirimkan dalam bentuk hard copy ke alamat AMINEF Jakarta. Jika lulus administrasi, pelamar akan ke langkah selanjutnya yaitu tes wawancara yang dilakukan di Jakarta. Petugas interview biasanya merupakan orang Indonesia dan pihak Amerika dengan durasi wawancara yang berbeda-beda, rata-rata waktu interview sekitar 30menit. Semua pengumumannya sendiri biasanya melalui pesan email. Apabila dinyatakan lolos maka akan ada perintah selanjutnya, sebelum penerima Fulbright mengikuti training dan kemudian benar-benar berangkat ke Amerika. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi https://www.aminef.or.id/.

Mulai Persiapan Beasiswa dari Sekarang!

Agar aplikasi beasiswamu berhasil dan diterima menjadi awardee beasiswa, pastikan seluruh persyaratan yang di minta oleh penyelenggara beasiswa sudah terpenuhi ya TNers! untuk kamu yang mau konsultasi mengenai beasiswa luar negeri atau mungkin mempersiapkan bahasa Inggris persiapan tes TOEFL/IELTS bisa banget untuk mendaftarkan diri di Titik Nol English Course. Persiapan beasiswa luar negeri mu pasti akan lebih terstruktur dan sistematis dipandu oleh tutor kami yang sudah kompeten dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris persiapan TOEFL/IELTS. Tunggu apa lagi langsung saja cek link pendaftaran kursusnya di bawah ini.

Daftar Kursus Offline Titik Nol English

Daftar Kursus Online Titik Nol English

Titik Nol English Course

The post Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023 appeared first on Titik Nol English Course.

The post Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023 first appeared on E-TEST.ID.

Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023 Fulbright Scholarship titiknolenglish.com (Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023) – Sebentar lagi udah 2023 nih, untuk …

The post Info Lengkap Fulbright Scholarship 2023 first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/info-lengkap-fulbright-scholarship-2023/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=info-lengkap-fulbright-scholarship-2023
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 13, 2022 9:04 am