Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak 7 Cara Berikut!

Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak 7 Cara Berikut!

Siapa sih yang menganggap menentukan jurusan kuliah itu sangat gampang? Memang kelihatannya sangat mudah tapi setelah dijalani kenapa sangat susah sekali ya? Jurusan kuliah sangat identik dengan minat dan bakat seseorang. Ketahui terlebih dahulu hal apa yang kamu miliki dalam diri kamu sebelum memilih jurusan kuliah yang cendrung akan menentukan masa depan kamu. Jangan memilih jurusan kuliah hanya agar terhindar dari pelajaran Matematika, dan memilh jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Lalu bagaimana sih cara menentukan jurusan kuliah yang tepat agar tidak menyesal dikemudian hari? Simak 7 cara berikut ini ya, terutama bagi kamu yang duduk di kelas XII SMA atau SMK.

1. Pahami Minat dan Bakat

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat adalah mengetahui minat dan bakat terlebih dahulu. Seperti hal nya dalam memilih sesuatu, kita tentu memerlukan alasan yang tepat. Kamu akan mengetahui alasan apa yang membuat kamu ingin mengambil sebuah jurusan kuliah, dan alasan tersebut akan muncul ketika kamu sudah mengetahui minat dan bakat kamu. Misalnya kamu sangat mahir dalam berbahasa Ingris dan memutukan untuk mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sesuai kemampuan kamu atau saat ini kamu tertarik dengan bidang Fashion dan memiliki minat untuk melanjutkan studi ke bidang Fashion Designer. Itulah sebabnya mengapa hal ini sangat pentik untuk kamu ketahui, agar di kemudian hari kamu tidak pernah merasa salah mengambil jurusan.

2. Riset Jurusan Kuliah Pilihan

Ada baiknya sebelum memilih jurusan, kamu melakukan riset terlebih dahulu. Menggali informasi tidak akan menghabiskan waktu kamu karena hal ini kamu lakukan untuk kebaikan di masa depan kamu sendiri. Yang bisa kamu lakukan dalam riset tersebut adalah mencari lokasi kampus tujuan, biaya semester, akreditasi jurusan, profil jurusan, jumlah alumni, mata kuliah dan hal lainnya yang sangat penting bagi kamu. Setelah kamu mengetahui semuanya barulah saatnya kamu memilih jurusan yang sangat kamu inginkan.

3. Riset Perguruan Tinggi

Selain melakukan riset terhadap jurusan, lakukanlah juga riset terhadap perguruan tinggi mana yang akan menjadi tempat kamu menimba ilmu nantinya. Kampus yang memiliki akreditasi sangat baik dan terkenal di mata masyarakat tentu juga bisa sangat membantu kamu mempertimbangkan segalanya. Kampus yang terkenal pun juga bisa lo menentukan masa depan kamu, karena pengajarnya yang profesional dan pastinya sudah berpengalaman nantinya akan mengubah pola pikir kamu dan menjadi termotivasi untuk bisa mengikuti jejak beliau juga.

4. Melihat Peluang Kerja

Setiap jurusan yang kamu pilih tentu akan menentukan nasib kamu di masa depan agar tidak menjadi boomerang. Ketahuilah jurusan kuliah mana yang memiliki banyak peluang kerja, agar saat sudah selesai kuliah nanti kamu tidak menjadi pengangguran.

5. Sesuaikan Biaya Kuliah

Selain hal-hal diatas kamu tentunya juga harus memperhatikan keadaan ekonomi orang tua kamu. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang biaya per semesternya sangat tinggi sehingga nantinya akan membuat kuliah kamu putus di tengah jalan karena tidak sanggup membayar uang semesternya.

6. Konsultasikan dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jurusan apa yang akan kamu pilih kepada orang yang sudah berpengalaman, seperti kepada senior, kepada guru di sekolah, orang tua maupun saudara-saudara dan siapa saja yang sudah pernah menduduki bangku Universitas. Cobalah untuk meminta arahan dan saran tentang jurusan yang akan kamu ambil nantinya agar pengetahuan kamu ikut bertambah.

7. Jangan Ikut-ikutan Teman

Jika kamu seseorang yang tergolong kaum per bestie-an, jangan sampai kamu tidak mengikuti kata hati memilih jurusan kuliah yang kamu inginkan. Setiap orang mempunyai mimpi dan cita-cita yang berbeda-beda. Bayangkan mimpi dan keinginan kamu di masa depan ingin menjadi seperti apa hanya kamu yang tahu. Memutuskan untuk mengambil jurusan yang sama dengan teman karen alasan biar ada teman juga saat kuliah bukanlah hal yang bagus, kecuali jika dengan keinginan bersama dan sudah mengetahui minat dan bakat kamu terhadap jurusan itu. Jangan khawatir jika berpisah dengan bestie saat di SMA. Ketahui lah saat di bangku perkuliahan nanti kamu akan lebih banyak mendapatkan teman-teman baru.

Gimana, udah bisa menetukan pilihan jurusan yang akan kamu ambil saat kuliah nanti belum? Jangan sampai salah ambil jurusan ya teman-teman!

Sumber :

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/03/132630971/agar-tak-salah-pilih-jurusan-kuliah-pahami-dulu-7-tips-ini?page=all

5 Tips Agar Tidak Salah Pilih Jurusan

https://www.brainacademy.id/blog/cara-memilih-jurusan-kuliah

The post Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak 7 Cara Berikut! appeared first on Homie English.

The post Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak 7 Cara Berikut! first appeared on E-TEST.ID.

Siapa sih yang menganggap menentukan jurusan kuliah itu sangat gampang? Memang kelihatannya sangat mudah tapi setelah dijalani kenapa sangat susah …

The post Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak 7 Cara Berikut! first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/galau-memilih-jurusan-kuliah-simak-7-cara-berikut/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=galau-memilih-jurusan-kuliah-simak-7-cara-berikut
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 19, 2022 11:00 am