Cara Promosi Kampus: Contoh Kalimat dan Kata-Kata yang Efektif Digunakan

Cara Promosi Kampus: Contoh Kalimat dan Kata-Kata yang Efektif Digunakan

Bagaimana cara melakukan promosi di dunia pendidikan? Strategi pemasaran perguruan tinggi yang baik tak hanya diperlukan oleh kampus swasta, tetapi juga kampus negeri. Pasalnya, akses pada pendidikan yang lebih tinggi menjadi kebutuhan yang niscaya bagi pelajar di masa kini. Di sisi lain, Gen Z adalah pelajar yang sangat melek teknologi dan terbiasa dengan ketersediaan informasi yang melimpah dengan mudah.

Baca juga: Kenali Karakteristik Gen Z, Ternyata Tidak Hanya Mahir Teknologi

Adalah menjadi kebutuhan tersendiri bagi kampus saat ini untuk menjangkau calon mahasiswanya dengan cara-cara yang tepat. Dalam hal ini, kompetitifnya dunia pendidikan tak dapat diabaikan sehingga penggunaan iklan kampus konvensional belum tentu seefektif sebelumnya. Lantas bagaimana cara mempromosikan kampus dengan baik agar sesuai dengan tuntutan zaman dan tepat sasaran?

 

1. Menggunakan Media Sosial

bagaimana cara melakukan promosi di dunia pendidikan
Image by Marie from Pixabay 

Tak perlu lagi mempertanyakan kelekatan antara pelajar Generasi Z dengan media sosial. Karena mereka merupakan pengguna aktif media sosial, maka kampus juga perlu mendekati para calon mahasiswa ini melalui platform yang sama. Berbagai media sosial, seperti Instagram atau Tweeter, bisa menjadi cara promosi kampus yang efektif.

Namun perlu diingat, suatu media promosi hanya bisa dikatakan tepat bila digunakan dengan tepat pula. Untuk itu, dibutuhkan perumusan caption promosi kampus yang “sefrekuensi” dengan pelajar Gen Z ini. Berikut beberapa contoh kalimat promosi kampus yang menarik di media sosial.

“Universitas X, langkah pertamamu kuliah di jurusan impian.”

“Jelajahi tantangan baru, belajar, dan siapkan masa depanmu di Universitas X.”

“Kuliah X? Di sini langkah pertamamu menuju kesuksesan.”

“Tunjukkan masa depan impianmu, dan Universitas akan menunjukkan jalan menuju kesuksesan.”

Kata-kata promosi kampus di atas dapat diolah dan disesuaikan kembali dengan persona kampus atau jurusan. Tidak ada batasan atau ketentuan tertentu dalam merumuskan kata-kata untuk sosialisasi kampus, melainkan “hanya” dibutuhkan kreativitas untuk tampil semenarik mungkin bagi calon mahasiswa.

 

2. Manfaatkan Iklan Digital

strategi pemasaran perguruan tinggi
Image by Dorothe from Pixabay 

Iklan, bila dikemas dengan baik, merupakan media promosi yang efektif meskipun memang memerlukan biaya. Poster atau leaflet adalah media iklan kampus yang cukup sering dijumpai. Namun, bagi Gen Z yang tech savvy, media iklan konvensional tersebut mungkin kalah menarik dibandingkan iklan digital.

Sebenarnya iklan kampus secara digital terbilang tidak sulit karena target audiensnya cukup jelas. Cara mempromosikan kampus melalui iklan digital bisa dilakukan dengan menggunakan Facebook Business, Google Adwords, dan lain-lain.

Konten marketing juga bisa dikategorikan sebagai salah satu cara promosi kampus yang efektif. Teks promosi kampus bisa disesuaikan panjang pendeknya, seperti contoh kalimat promosi kampus di bawah ini.

” Mulai dari yang kecil. Mulai Sekarang. Universitas X akan membantu Anda mencapai impian meraih gelar sarjana dan mempersiapkan diri untuk masa depan!”

” Dengan menjadi mahasiswa di Universitas X, Anda telah secara resmi memulai perjalanan menuju kesuksesan.”

Optimasi konten marketing dengan menggunakan SEO merupakan strategi pemasaran perguruan tinggi yang efektif. Salah satu contoh artikel promosi universitas dalam konten marketing dapat dilihat di sini.

 

3. Kerja Sama dengan Edutech

contoh artikel promosi universitas
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Kerja sama dengan bimbel merupakan cara mempromosikan kampus yang sudah teruji oleh waktu. Di samping menawarkan bimbingan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri, bimbel juga mampu memberikan informasi seputar kampus, khususnya swasta, yang amat dibutuhkan oleh calon mahasiswa baru.

Salah satu cara cara mempromosikan kampus swasta adalah dengan mendompleng pada try out UTBK. Sseiring perkembangan teknologi, try out ujian masuk perguruan tinggi negeri saat ini tak hanya dikelola oleh bimbel. Tak sedikit calon mahasiswa yang memilih mengikuti try out secara online, yang banyak disediakan oleh perusahaan-perusahaan rintisan di bidang pendidikan. Aku Pintar, salah satunya, mengadakan try out UTBK secara berkala.

Baca juga: Kampus dengan Lulus Siap Kerja Terbaik 2021/2022

Selain try out, tersedia pula ruang khusus iklan kampus, Aku Pintar Kampus. Strategi pemasaran perguruan tinggi melalui Aku Pintar Kampus terbilang cukup efektif sebab calon mahasiswa dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia dapat mengunjungi laman kampus dengan mudah. Para calon mahasiswa potensial tersebut juga dapat membaca artikel berita seputar kampus sehingga mengenal kampus impiannya dengan lebih baik.

Sementara bagi kampus sendiri, cara mempromosikan kampus melalui edutech seperti ini dapat memperluas jangkauan eksposur dan, pada saat yang sama, mampu memangkas biaya iklan kampus secara konvensional. Tambahan pula, Aku Pintar Kampus mampu menyediakan data analitik yang dapat digunakan untuk pengembangan kampus. Ke depannya, kampus dapat memetakan dan menjangkau lebih banyak calon mahasiswa di seluruh Indonesia dengan menggunakan data yang diperolehnya.

The post Cara Promosi Kampus: Contoh Kalimat dan Kata-Kata yang Efektif Digunakan first appeared on E-TEST.ID.

Bagaimana cara melakukan promosi di dunia pendidikan? Strategi pemasaran perguruan tinggi yang baik tak hanya diperlukan oleh kampus swasta, tetapi …

The post Cara Promosi Kampus: Contoh Kalimat dan Kata-Kata yang Efektif Digunakan first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/cara-promosi-kampus-contoh-kalimat-dan-kata-kata-yang-efektif-digunakan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-promosi-kampus-contoh-kalimat-dan-kata-kata-yang-efektif-digunakan
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 18, 2022 4:21 pm