Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri

Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri

Cara Mendapatkan LoA

Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri

titiknolenglish.com (Cara mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri) – Hallo TNers! gimana persiapan beasiswa luar negerinya? Apakah seluruh persyaratan dan kesiapanmu sudah terpenuhi? Coba cek-cek lagi ya TNers! jangan sampai kamu gagal mendapatkan beasiswa luar negeri karena ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. Salah satu syarat wajib yang harus kamu lampirkan ketika ingin mendaftar beasiswa luar negeri adalah LoA, apakah dokumen satu ini sudah berada ditanganmu? Atau kamu malah belum tahu apa itu LoA. Tenang aja TNers! untuk kamu yang belum jelas apa itu LoA akan Minol bahas secara detail untuk kamu mengenai apa itu LoA dan bagaimana cara mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri. Selengkapnya, simak sampai habis ya TNers!

Baca juga: Cara Mudah Memahami Conditional Sentence Bahasa Inggris

Apa itu LoA?

Cara Mendapatkan LoA

Letter of Acceptance

Letter of acceptance merupakan sebuah surat yang dikeluarkan oleh Universitas kepada calon mahasiswanya yang sudah resmi dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru di Universitas tersebut. pada LoA akan memuat informasi bahwasanya si calon mahasiswa telah diterima untuk berkuliah di Universitas tersebut. Pada LoA juga akan tercantum berbagai informasi lanjutan mengenai proses penerimaan sebagai mahasiswa.

Yang berhak mengeluarkan LoA adalah Dekan Fakultas ataupun Rektor dari Universitas yang di daftari.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang Inpex Scholarship 2023

Tipe LoA

Pada umumnya LoA terbagi kedalam dua tipe, yaitu LoA conditional dan unconditional, apa saja perbedaan dari kedua jenis LoA tersebut? berikut rangkuman yang berhasil Minol susun.

Unonditional letter of acceptance

LoA unconditional bisa diartikan sebagai surat yang menyatakan bahwasanya kamu dinyatakan resmi diterima sebagai calon mahasiswa pada sebuah Universitas tanpa syarat tambahan. Maka dapat diartikan bahwa para pemilik LoA unconditional telah memenuhi syarat dan hanya tinggal membayar biaya perkuliahan dan mengikuti masa orientasi sebagai mahasiswa baru pada universitas tersebut.

Pada LoA unconditional akan tercantum informasi-informasi berikut;

  • Jurusan atau program studi yang menerimamu
  • Masa studi
  • Jadwal perkuliahan

  • Informasi mengenai registrasi ulang mahasiswa baru

  • Informasi orientasi mahasiswa baru

Sebagai catatan, apabila kamu telah memegang dokumen LoA unconditional, artinya kamu telah setuju dan berkomitmen untuk menjadi bagian pada Universitas yang kamu daftari.

Conditional letter of acceptance

LoA conditional bisa diartikan sebagai sebuah dokumen yang dikeluarkan Universitas yang menyatakan bahwasanya kamu dapat diterima sebagai calon mahasiswa dengan catatan. Maksudnya kamu dapat diterima menjadi mahasiswa baru pada Universitas di mana tempatmu mendaftarkan diri apabila kamu telah memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu.

Terdapat beberapa ketentuan-ketentuan umum yang harus kamu penuhi agar dapat menjadi bagian dari Universitas tempatmu mendaftar. Yaitu:

  • Ketentuan akademik seperti syarat IPK minimal atau lolos program matrikulasi dengan nilai tertentu.

  • Persyaratan bahasa asing sesuai dengan bahasa pengantar yang digunakan di universitas tersebut. Misalnya, skor TOEFL atau IELTS disesuaikan dengan standar yang berlaku pada Universitas.

  • Kelengkapan dokumen seperti transkrip nilai, surat pernyataan, dan lain sebagainya.

Untuk para pemegang LoA conditional kamu diharuskan melengkapi segala ketentuan-ketentuan tertulisnya terlebih dahulu, setelah seluruh ketentuannya telah terpenuhi kamu akan mendapatkan LoA unconditional dan dinyatakan telah menjadi bagian dari Universitas yang kamu tuju.

Baca juga: Info Lengkap Australia Awards Scholarship 2023

Cara Mendapatkan LoA

Riset Program Studi, Negara dan Universitas Tujuan

Sebelum kamu mendaftar ke Universitas dan mendapatkan LoA ada baiknya kamu terlebih dahulu melakukan riset mengenai program studi, negara dan Universitas yang kamu sasar. Ketika melakukan riset ada beberapa hal yang perlu kamu garis bawahi, apa saja yaitu:

  • Persyaratan yang dibutuhkan

  • proses seleksi yang harus dilalui

  • jadwal pendaftaran mahasiswa baru

penting untuk diingat bahwa kelengkapan dokumen merupakan kunci lolos atau tidaknya kalian dalam mendaftar Universitas luar negeri, entah itu dokumen inti maupun dokumen pendukung. Lebih lanjut beberapa Universitas juga mengharuskan para calon mahasiswanya melakukan seleksi wawancara. Maka dari itu sembari riset cari tahu juga bagaimana prosedur pendaftaran dari Universitas yang kamu tuju. Untuk itu perhatikan dengan seksama mengenai apa-apa saja yang diperlukan dan harus dilakukan agar bisa lolos seluruh tahap seleksinya, tentu saja mengikuti tenggang waktu yang disyaratkan oleh Universitas.

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Lengkapi Dokumen

Cara mendapatkan LoA selanjutnya ketika telah berhasil riset program studi, negara dan Universitas yang ingin dituju, langah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Apabila kamu memutuskan untuk aplikasi ke Universitas luar negeri, jangan lupa untuk menerjemahkan dokumen-dokumen milikmu ke dalam bahasa pengantar dari negara atau Universitas yang ingin kamu tuju. Ya meskipun kamu sudah memiliki sertifikat TOEFL ataupun IELTS jangan sekali-kali menerjemahkan dokumen pribadimu sendiri ya TNers! karena sudah ada lembaga yang bertugas menjadi penerjemah yang telah memiliki lisensi untuk menerjemahkan dokumen-dokumen pendaftaran Universitas luar negeri. Untuk bisa menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa pengantar kamu bisa menerjemahkannya langsung melalui kedutaan besar negara bersangkutan. Bisa juga melalui lembaga-lembaga bahasa asing yang berada di berbagai Universitas di tanah air.

Jangan lupa untuk memenuhi segala dokumen-dokumen yang disyaratkan sebelum tenggang waktu jadwal yang ditetapkan oleh Universitas ya TNers!

Baca juga: Kursus TOEFL Terbaik Kampung Inggris Pare

Mengikuti Proses Seleksi

Langkah terakhir untuk cara mendapatkan LoA adalah mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan oleh universitas.

Beberapa hal yang umumnya dinilai Universitas adalah sebagai berikut.

  • Prestasi akademik dan non akademik.

  • Pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan program studi yang ingin diikuti.

  • Antusiasme terhadap bidang studi yang ingin dipelajari.

  • Apa yang dikatakan dalam surat referensi atau rekomendasi mengenai dirimu.

Setelah dengan lengkap kamu berhasil mengikuti keseluruhan prosedur pendaftaran, Universitas akan menilai apakah kamu lolos seleksi penerimaan mahasiswa di universitas tersebut atau tidak.

apabila kamu dinyatakan lolos, maka kamu akan menerima letter of acceptance .

Baca juga: Kumpulan Soal Structure TOEFL dan Pembahasan

Cara Mendapatkan LoA secara Teknis

  • Pendaftaran untuk mendapatkan LoA dapat dilakukan secara online maupun offline. Kunjungi saja laman resmi pendaftaran yang disediakan
  • Mengisi formulir dan lengkapi dokumen syarat yang diminta dengan teliti dan cermat. Jangan lupa untuk mendaftar dan buat user akun di website pendaftaran
  • Ubah dokumen dalam bentuk digital, misalnya PDF, atau scan dengan ukuran yang sudah ditetapkan sehingga bisa dikirim via online
  • Dokumen dan persyaratan lain harus jelas dan terbaca, apalagi yang berbentuk angka.
  • Jika ada dokumen yang belum memenuhi persyaratan, kamu bisa kosongkan dulu pada saat pendaftaran.

  • Kamu akan mendapatkan surat penerimaan atau LoA bersifat conditional atau bersyarat karena belum melengkapi persyaratan. LoA ini akan menjadi unconditional jika sudah meng-upload seluruh dokumen yang disyaratkan.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2022

Mencari Pendanaan

Apabila seluruh rangkaian pendaftaranmu berjalan lancar dan akhirnya kamu memiliki LoA unconditional dan ditetapkan sebagai mahasiswa baru pada Universitas incaranmu, jangan lupa untuk mulai mencari sumber pendanaan atau sponsor untuk biaya kuliahmu. Saat ini sudah banyak sekali jenis beasiswa yang mau mendanai kamu untuk berkesempatan kuliah ke luar negeri, bahkan banyak beasiswa jenis full funded yang akan membiayai seluruh kebutuhanmu selama menjadi penerimanya. Perhatikan jadwal dan waktu tenggang pendaftaran agar kamu tidak melewatkan kesempatan terbaikmu.

Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri – Titik Nol English Course

  • Universitas Terbaik di Australia

Mau tahu apa saja beasiswa full funded ataupun beasiswa-beasiswa yang masih dalam masa pendaftaran kamu bisa banget liat-liat artikel di website Titik Nol. Di sana banyak info terupdate soal beasiswa terbaru loh..

Karena salah satu persyaratan mendaftar beasiswa luar negeri adalah kecakapan bahasa, maka ada baiknya persiapkan dahulu jauh-jauh hari TOEFL dan IELTS-mu di lembaga kursus bahasa Inggris Titik Nol English. Titik Nol merupakan lembaga kursus persiapan TOEFL dan IELTS terbaik yang ada di Kampung Inggris. Di Titik Nol kamu akan belajar bersama tutor muda pilihan yang memiliki metode dan pengalaman terbaik dalam mengajar bahasa Inggris persiapan tes TOEFL atau IELTS. jangan ragu apabila kamu masih sangat awam dalam bahasa Inggris kamu bisa coba placement test gratis dari kami untuk mengetahui dikelas mana kamu harus berproses. Setiap hari Sabtu di Titik Nol kamu akan diajak untuk simulasi TOEFL ataupun IELTS untuk mengetahui sejauh mana kesiapanmu dalam menghadapi TOEFL ataupun IELTS test. Jadi tunggu apalagi susul tutor dan alumni kami ke Universitas-universitas terbaik di luar negeri.

Pilihan Program Kursus di Titik Nol English

Chat Admin Titik Nol English Course

Coba placement test kami agar tidak salah memilih level belajar.

Coba Tes Gratis

Cukup DP Rp 250.000 untuk booking tempatmu.
Pilihan periode belajar: 12 September, 26 September 2022.

Info beasiswa 55%

The post Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri appeared first on Titik Nol English Course.

The post Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri first appeared on E-TEST.ID.

Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri titiknolenglish.com (Cara mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri) – Hallo TNers! gimana persiapan …

The post Cara Mendapatkan LoA dari Universitas Luar Negeri first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/cara-mendapatkan-loa-dari-universitas-luar-negeri/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-mendapatkan-loa-dari-universitas-luar-negeri
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 18, 2022 9:00 am