Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris, dan Tips Agar CV Kamu Dilirik Oleh Recruiter

Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris, dan Tips Agar CV Kamu Dilirik Oleh Recruiter

Cara-Membuat-CV-dalam-Bahasa-Inggris-03

Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris & Tips Agar CV Dilirik Recruiter

titiknolenglish.com (Cara Membuat CV Dalam Bahasa Inggris) – Hai TNers!, bagi kamu yang sudah menyelesaikan pendidikan dan bersiap untuk terjun ke dunia profesional, pastinya salah satu yang perlu kamu siapkan adalah CV. Ya, dokumen yang satu ini merupakan dokumen yang pasti harus kamu cantumkan untuk melamar suatu pekerjaan. Pada tahap perekrutan, CV adalah hal pertama yang perlu kamu buat sebagus mungkin agar kamu dipertimbangkan dan dinilai sebagai kandidat yang berkualitas, sehingga kamu bisa melanjutkan proses recruitement ke tahap selanjutnya. Lalu bagaimana caranya membuat CV yang bagus dalam bahasa Inggris? Berikut adalah informasinya, simak ulasannya sampai habis ya!

Apa itu CV?

CV atau Curriculum Vitae adalah gambaran mengenai diri, dan riwayat hidup yang biasa digunkan untuk melamar pekerjaan. CV merupakan hal yang penting karena CV merupkan tahap awal dalam perekrutan pegawai atau anggota. Jadi melalui satu atau dua halaman yang bertuliskan tentang deskripsi diri dan pengalaman ini lah kita mencoba untuk membuat recruiter tertarik dengan kita agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya dalam penerimaan pegawai atau anggota baru.

Umumnya CV akan dibuat semenarik mungkin baik dalam konten maupun desain. Dengan membuat CV yang menarik, akan memperbesar kesempatan seorang pelamar dilirik oleh recruiter, karena recruiter hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk menentukan CV seseorang yang layak melanjutkan tahap selanjutnya dalam penerimaan pegawai.

Membuat CV Dalam Bahasa Inggris – Titik Nol ENglish Course

Baca Juga: Jenis Teks dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Struktur dan Contohnya

Membuat CV dalam Bahasa Inggris

Lalu bagaimana cara untuk membuat CV dalam bahasa Inggris? Tentunya kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk membuatnya, akan tetapi bagaimana jika kemampuan yang bahasa Inggris yang dimiliki tidak terlalu baik? tentunya kamu memerlukan tools untuk menyusun kalimat dalam CV agar berbahasa Inggris.

Kamu bisa menggunakan Google Translate ditambah dengan grammarly atau grammar checker yang bertebaran di internet untuk membuat kalimat bahasa Inggris dalam CV. Cara kamu cukup menulis tentang diri kamu atau hal apapun yang ingin kamu tulis, kamu harus menulis dengan kalimat dan bahasa yang baku, agar Google Translate bisa menterjemahkan kalimatmu dengan baik. Setelah kamu mendapat terjemahan dari kalimat yang kamu tulis, kamu bisa copy dan cek hasilnya dengan Grammarly atau grammar checker yang lain. Mudah bukan?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat CV dalam bahasa Inggris adalah:

Periksa Setiap Ejaan dan Tanda Baca

Apakah memeriksa ejaan dan tanda baca itu penting? Hal ini merupakan salah satu hal yang penting, selain kesalahan ejaan yang membuat sebuah tulisan susah atau kurang enak dibaca, hal ini juga menjadi indikator ketelitian kamu dalam membuat CV. Kamu tidak mau kan dinilai sebagai orang yang tidak teliti oleh recruiter, terlebih bahasa Inggris menggunakan ejaan yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia.

Selain ejaan, hal yang perlu kamu perhatikan adalah tanda baca, tanda baca dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman bagi pembaca tulisan kamu. Dengan menggunakan tada baca yang sesuai, pembaca akan lebih mudah memahami tulisan kamu, dan kamu juga dinilai memiliki pengetahuan dasar tulis-menulis yang baik.

Perhatikan Tata Bahasa Dari CV Kamu

Umumnya dalam CV kamu kamu tidak perlu membuat kalimat yang telalu panjang, cukup kalimat yang ditulis singkat namun memiliki isi yang berkualitas. Maka kamu cukup memperhatikan sedikit aturan tata bahasa dari tulisan kamu. Beberapa aturan yang harus kamu perhatikan adalah aturan penggunaan tenses. Kamu harus menggunakan past tense untuk menuliskan pekerjaan yang sudah kamu selesaikan, dan menggunakan present tense untuk menuliskan pekerjaan yang masih kamu kerjakan.

Membuat CV Dalam Bahasa Inggris – Titik Nol ENglish Course

Baca Juga: Cara Menghitung Skor TOEFL dengan Menggunakan Tabel Konversi Skor TOEFL

Struktur Penyusunan CV

Dalam membuat CV dalam bahasa Inggris, terdapat struktur penyusunan yang harus kamu ikuti. Membuat CV tidak bisa asal-asalan, hal ini akan memudahkan recruiter untuk membaca CV kamu dan menentukan apakah kamu merupakan kandidat yang tepat. Lalu bagaimana struktur penulisan CV? Kamu bisa lihat di bawah ini:

Informasi Umum

Informasi umum ini berisi nama, alamat, beberapa akun media sosial aktif serta contact person kamu. Kamu tidak perlu mencantumkan semua media sosial yang kamu miliki, jika kamu memiliki media sosial profesional seperti LinkedIn, itu lebih penting untuk kamu cantumkan.

Profile

Pada bagian profile dalam CV ini kamu bisa menyantumkan keahlian utama kamu, seperti bidang profesi apa yang kamu geluti. Selain itu kamu juga bisa memberikan informasi menenai pengalaman kerja yang kamu miliki. Lalu kamu juga perlu mencantumkan keahlian-keahlian personal yang ada pada diri kamu.

Contoh:

I am a qualified and professional web developer with five years of experience in database administration and website design. Strong creative and analytical skills. Team player with an eye for detail.

Keahlian (Skill)

Selanjutnya adalah keahlian. Kamu harus mencantumkan kehalian apa saja yang kamu miliki, baik hardskill yang kamu dapatkan dari pekerjaan sebelumnya, maupun softskill yang kamu kembangkan selama ini. Keahlian ini lah yang menentukan kamu menajdi kandidat yang pantas untuk menempati posisi pada pekerjaan tertentu.

Contoh:

  • Web Design
  • Design Thinking
  • Wireframe Creation
  • Front End Coding
  • Problem-Solving
  • Computer Literacy
  • Project Management Tools
  • Strong Communication

Pendidikan (Education)

Pendidikan ini bisa kamu isi dengan menuliskan nama institusi, jurusan yang kamu ambil, serta tahun selama kamu menempuh masa belajar. Jika kamu memiliki gelar Sarjana, kamu bisa mencantumkannya pada kolom pendidikan ini. Oiya, kamu tidak perlu menuliskan semua jenjang pendidikanmu dari awal. Kamu cukup memberikan dua jenjang pendidikan saja.

Contoh:

Universitas Indonesia
Bachelor of Psychology
2017 – 2021

SMAN 1 PARE

Social Sciences Major

2014-2017

Pengalaman Kerja (Experience)

Dalam menulis pengalaman kerja, kamu harus menuliskan posisi yang pekerjaan kamu beserta perusahan temapt kamu bekerja, Ditambah dengan tahun selama kamu bekerja pada posisi tersebut. Selain itu kamu juga bisa mencantumkan tugas-tugas serta keberhasilan kamu selama bekerja pada posisi tersebut.

Contoh:

Aplication Developer – Titik Nol English Course

2016 – Present

  • Database administration and website design
  • Built the logic for a streamlined ad-serving platform that scaled
  • Educational institutions and online classroom management

Membuat CV Dalam Bahasa Inggris – Titik Nol ENglish Course

Beberapa Contoh CV dalam Bahasa Inggris

membuat cv dalam bahasa Inggris 1
Membuat CV dalam bahasa Inggris 2
membuat cv dalam bahasa Inggris 3
membuat CV dalam bahasa Inggris 4
membuat CV dalam bahasa inggris 5

Membuat CV Dalam Bahasa Inggris – Titik Nol ENglish Course

Baca Juga: Tips Lancar Public Speaking dalam Bahasa Inggris Dijamin Percaya Diri

Itulah beberapa tips dalam membuat CV dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya jika kamu membuat CV dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu memiliki kemampuan dalam bisang tersebut. Karena CV sebenarnya menunjukan keahlian yang kamu miliki, recruiter akan memandang kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik jika kamu membuat CV kamu dalam bahasa Inggris. Maka dari itu kamu perlu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Salah satu cara mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris adalah mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course memiliki banyak program kursus mulai dari bahasa Inggris dasar hingga persiapan TOEFL IELTS. Titik Nol English Course juga merupakan lembaga kursus persiapan TOEFL IELTS terbaik untuk persiapan kuliah ke luar negeri yang terletak di Kampung Inggris Pare. Titik Nol English Course juga telah mengantarkan ratusan tutor dan alumninya mendapatkan pendidikan di luar negeri.

Apa yang membuat 12.748+ siswa memilih kami?

  • Lembaga resmi terdaftar di Dinas Pendidikan

  • Tutor muda dan bersertifikat internasional (TOEFL/IELTS)

  • Integrated curriculum: 4 pertemuan sehari belajar semua aspek bahasa Inggris, tidak hanya speaking

  • Terbukti: ratusan alumni mendapatkan pekerjaan dan beasiswa luar negeri

  • Lokasi strategis di jalan utama Kampung Inggis. Dekat dengan ATM, minimarket, tempat ibadah, klinik kesehatan & rumah sakit, gym, dan kuliner

  • Rekening atas nama lembaga, lebih terpercaya

Sekarang kesempatan belajar dan berkarir di luar negeri terbuka lebar, sayang banget kalo kita lewatkan. Saya kursus di Titik Nol selama 2 bulan khusus untuk persiapan beasiswa dan studi saya. It’s really home for high achievers.”

Dani Puspitasari, LPDP Awardee, Monash University
Paket IELTS Kampung Inggris

Di sini aku bertemu dengan orang-orang yang seperti diriku. Yang mau belajar dan diajar dari nol. Tutor-tutor awardee beasiswa luar dan dalam negeri yang memberikan semangat bagi orang yang mau belajar dari nol juga ada di sini. Pengalaman yang tak ada duanya.

Sutamara Lasurdi Noor, LPDP Awardee, M.Sc-Clinical and Public Health Nutrition, University College London (UCL)

The tutors here really point out the best and weakest part dari yang kita bisa dan ga bisa. Itu membantu banget untuk push kita jadi gak down.

Kireina Amira, IELTS Score 7,5, Double Degree Program University of Indonesia & University of Queensland-Australia

Paket Kursus di Kampung Inggris

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing

  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced

  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

Rincian Materi

Daftar

TOEFL Preparation (ITP)

Persiapan tes TOEFL ITP untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

Pilihan Kursus Bahasa Inggris Online

English Grammar

Belajar aturan tata bahasa Inggris, selain agar lebih pede berbicara & menulis dalam bahasa Inggris, juga agar apa yang ingin kita sampaikan mudah dipahami

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 150.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 250.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 18.30-20.00 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar

English Speaking

Melatih Speaking Skill dengan banyak praktik percakapan dalam berbagai tema sesuai level. Cocok untuk yang ingin pede dan speak fluently

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 200.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 350.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 20.10-21.10 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar


IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Prep

Tips & Trick mendapat skor TOEFL tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar


IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Via Zoom
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar

The post Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris, dan Tips Agar CV Kamu Dilirik Oleh Recruiter appeared first on Titik Nol English Course.

The post Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris, dan Tips Agar CV Kamu Dilirik Oleh Recruiter first appeared on E-TEST.ID.

Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris & Tips Agar CV Dilirik Recruiter titiknolenglish.com (Cara Membuat CV Dalam Bahasa Inggris) – …

The post Cara Membuat CV dalam Bahasa Inggris, dan Tips Agar CV Kamu Dilirik Oleh Recruiter first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/cara-membuat-cv-dalam-bahasa-inggris-dan-tips-agar-cv-kamu-dilirik-oleh-recruiter/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-membuat-cv-dalam-bahasa-inggris-dan-tips-agar-cv-kamu-dilirik-oleh-recruiter
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 8, 2022 9:01 am