Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya

Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya

Apa itu Narrative Text

Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya

titiknolenglish.com (Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya) – Hai TNers! Masihkah dari kalian semangat untuk belajar bahasa Inggris? Tentunya TNers sendiri masaih semangat ya untuk belajar bahasa Inggrisnya, karena kali ini minol akan memberikan kalian artikel lagi mengenai informasi bahasa Inggris terbaru yang mana bisa untuk belajar dan meningkatkan skill bahasa Inggris kalian. Yup, di artikel kali ini kita akan membahas tentang narrative text/text narasi. Bagi kalian yang masih asing tentang apa itu narrative text/text narasi dalam bahasa Inggris, maka artikel kali ini wajib kalian baca sampai habis.

Lalu, apa itu narrative text/teks narasi dalam bahasa Inggris? Struktur serta contohnya seperti apa? Tanpa perlu belama-lama lagi, yuk, simak penjelasan berikut di bawah ini!

Pengertian Narrative Text

Narrative text atau dalam bahasa Indonesia disebut teks narasi yaitu sebuah tulisan atau jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa yang biasanya disampaikan secara kronologis dan saling terhubung. Nah, narrative text sendiri umumnya bersifat imajinatif atau cerita nyata yang akhirnya dimodifikasi oleh sang penulisnya.

Lalu, bagaimana dengan novel fiksi, apakah bisa desebut dengan narrative text? Ya, sebuah cerita dalam novel bahasa Inggris yang sifatnya fiktif dapat dikatakan sebagai narrative text.

Baca Juga: Pengertian Simple Past Tense, Rumus, Fungsi dan Contohnya dalam Kalimat

Tujuan dibuatnya Narrative Text

Secara umum narrative text dibuat untuk menghibur para audiens atau pembaca. Maka dari itu, narrative text sendiri tidak hanya cocok dibaca oleh golongan remaja dan dewasa, tetapi, jenis teks ini juga sangat cocok dibaca oleh anak kecil.

Structure of Narrative Text (Teks Narasi)

Ada empat struktur teks narasi dalam bahasa Inggris yang perlu kalian perhatikan ketika kalian ingin membuat sebuah teks narasi (narrative text) dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. Orientation

Orientation dalam bahasa Indonesia berarti sebuah pengenalan. Jadi, ketika kalian ingin membuat narrative text, maka pada paragraf pertama biasanya berisi tentang pengenalan tokoh serta latar yang mana nantinya terlibat dalam isi sebuah cerita. Dalam haL ini, latar bisa menjadi sebuah tempat kejadian atau waktu cerita.

2. Complication

Pada bagian paragraf ini akan mulai menceritakan cerita tentang awal mula sebuah masalah suatu kejadian atau peristiwa yang terkait. Karena narrative text sendiri bersifat kronologis, maka dari itu, masalah yang akan kalian buat di awal akan berlanjut menjadi sebuah alur cerita panjang yang mana nantinya akan mengandung sebuah konflik, klimaks, dan anti klimaks.

Susunan complication untuk memudahkan kalian membuat teks narasi (narrative text), apa saja? Berikut dibawah ini :

  • Problem, merupakan kalimat atau paragraf yang menceritakan tentang terjadinya masalah pada suatu cerita.
  • Conflict, dalam sebuah cerita, setelah ada masalah pasti cerita akan berlanjut kepada konfik. Nah, pada bagian ini lah yang akan membuat para audiens penasaran tentang apa yang terjadi dalam suatu cerita antara satu tokoh dengan tokoh lainnya.
  • Climax, yaitu puncak dari sebuah konflik yang terjadi dalam suatu cerita, bagian ini lah yang akan menjadi sorotan utama dari narrative text (teks narasi).
  • Anti-climax, dibagian ini biasa disebut sebagai penurunan konflik, yang mana nantinya pembuat narrative text akan menurunkan konflik secara perlahan. Jadi, buatlah konflik berkurang secara pelan.
  • Solution, sama seperti namanya yaitu solusi. Pada paragraf bagian ini akan menjelaskan tentang bagaimana penyelesaian suatu konflik pada suatu cerita yang telah dibuat sebelumnya.

Dibagian ini, complication dibagi menjadi 3 konflik, yaitu:

  • Social conflict yaitu, konflik antar pelaku atau tokoh.
  • Psychological conflict yaitu, yang terjadi pada diri sendiri, dan
  • Natural conflict yaitu, konflik yang berhubungan dengan semesta atau alam.

3. Resolution

Yaitu, akhir dari sebuah cerita. Pada paragraf bagian ini dapat menjadi penjelasan lanjutan mengenai solusi dalam suatu cerita. Selain itu juga, dibagian ini penulis dapat menggambarkan suatu cerita akan berakhir seperti apa, apakah berakhir dengan happy ending atau sad ending.

4. Re-orientation

Re-orientation adalah menceritakan kondisi terakhir dari sang tokoh dalam suatu cerita, atau pada bagian ini, penulis juga dapat menuliskan tentang pelajaran atau hikmah yang dapat diambil oleh pembaca pada cerita yang telah dibuatnya, gunanya untuk diterapkan di kehidupan nyata.

Baca Juga: Cara Mudah Mamahami Passive Voice Bahasa Inggris

Jenis-jenis Narrative Text

1. Fairytale

Fairytale adalah dongeng tidak nyata atau cerita fantasi. Umumnya fairytale sendiri berbentuk cerita rakyat atau cerita untuk anak-anak yang mana kisahnya berupa keajaiban. Contohnya, Cinderella, Thumbelina, dsb.

2. Folktale

Hampir sama seperti diatas, folktale merupakan cerita turun temurun atau cerita yang diceritakan dari mulut ke mulut, sehingga menjadi bagian dari tradisi masyarakat. Contohnya, cerita Malin Kundang.

3. Legend

Legend atau cerita legenda adalah cerita yang banyak dianggap nyata oleh sebagian masyarakat karena ada unsur kandungan heroik di dalam ceritanya. Cerita leganda ini juga berasal dari perbaduan antara fairytale dengan folktale, contohnya adalah cerita tentang Danau Toba.

4. Myth

Myth yaitu cerita mitos. Jenis narrative text satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan folktale. Bedanya, cerita myth sendiri terkadang dapat kita temukan di kehidupan nyata, makanya masyarakat sekitar biasanya menganggap cerita satu ini bisa saja benar-benar terjadi, contoh dari cerita ini adalah Sang Aji Saka.

5. Sci-Fi

Sci-Fi atau Science Fiction yaitu, cerita fiksi ilmiah. Cerita ini biasanya memakai konsep imajinatif yang berhubungan dengan masa depan menggunakan alat teknologi canggih dan sains.

6. Romance

Romance adalah cerita kisah cinta atau love story atau cerita romantis mengenai perjuangan cinta tokoh utama. Contoh dari narrative text ini adalah kisah cinta tentang Romeo dan Juliet.

7. Horror Stories

Narrative text ini bercerita tentang kisah-kisah horror atau seram seperti hantu dan makhluk-makhluk astral lainnya, seperti Mumun, Makmum 2, Bangkit dari Kubur, dll.

8. Fable

Fabel merupakan cerita tentang kisah-kisah yang mana tokoh utamanya adalah binatang. Narrative text jenis ini banyak dipakai untuk anak-anak sebagai pengantar tidurnya.

9. History

History merupakan narrative text yang bercerita tentang sejarah atau peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan kronologis tempat, tokoh, dan waktu kejadian yang jelas.

10. Slice of Life

Slice of Life yang berarti potongan kehidupan, merupakan cerita yang berisi tentang kehidupan atau kegiatan sehari-hari tokoh imajinatif yang di karang oleh sang penulis.

11. Personal Experience

Yang terakhir adalah personal experience, yaitu bercerita tentang kisah pengalaman yang dialami oleh dirinya sendiri atau sang penulisnya.

Baca Juga: Tips Sederhana Untuk Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Contoh Narrative Bahasa Inggris

Nah, akhir nya kita masuk ke pembahasan terakhir yaitu, contoh narrative text dalam bahasa Inggris. Yups, langsung saja simak baik-baik contoh narrative text pendek dibawah ini. Let’s go!

Fox and A Cat

One day a cat and a fox were having a conversation. The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was. “Why, I know at least a hundred trick to get away from our mutual enemies, the dog’s,” she said

“ I know only one trick to get away from dog’s,” said the cat. “You should teach me some of yours!” ‘Well, maybe some day, when I have the time, I may teach you a few of the simpler ones,’ replied the fox airily.

Just then they heard the barking of a pack of dogs in the distance. The barking grew louder and louder – the dogs were coming in their direction! At once the cat ran to the nearest tree and climbed into its branches, well out of reach of any dog. ‘This is the trick I told you about, the only one I know,’ said the cat. ‘Which one of your hundred tricks are you going to use?’

The fox sat silently under the tree, wondering which trick she should use. Before she could make up her mind, the dogs arrived. They fell upon the fox and tore her to pieces.

The morality : A single plan that works is better than a hundred doubtful plans.

Baca Juga: Apa itu i.e dan e.g dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu narrative text dalam bahasa Inggris beserta struktur dan contoh kalimatnya. Jadi, gimana? Apakah kalian sudah dapat memahami penjelasan tentang narrative text di atas? Jika kalian masih belum paham tentang apa itu narrative text diatas, kalian bisa saja mengikuti kursus bahasa Inggris di TItik Nol English Course.

Di Titik Nol English Course kalian tidak hanya diajarkan tentang narrative text saja, tetapi, kalian juga akan diajarkan lebih dalam lagi tentang bahasa Inggris sampai menjadi mahir dalam berbahasa Inggris, mulai dari belajar genaral english, seperti grammar dan speaking, hingga persiapan tes TOEFl dan IELTS untuk mengikuti program beasiswa atau kuliah ke luar negeri. Oh iya, Tititk Nol English Course sendiri merupakan spesialis TOEFL dan IELTS lho, ini terbukti dimana Titik Nol English Course telah meluluskan dan mengantarkan ratusan siswa alumni Titik Nol English Course untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Paket Kursus di Kampung Inggris

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing

  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced

  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

Rincian Materi

Daftar

TOEFL Preparation (ITP)

Persiapan tes TOEFL ITP untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

Biaya & Fasilitas

Seluruh siswa Titik Nol English Course akan mendapatkan fasilitas berikut:

  • English Area (Area wajib berbahasa Inggris)

  • Modul

  • Sertifikat

  • T-Shirt & Gantungan Kunci Eksklusif

  • Simulasi tes TOEFL & IELTS setiap Sabtu

  • Kalender Beasiswa 2022 (Digital)

  • 5x kelas persiapan beasiswa & study abroad (Khusus level Advanced, TOEFL, dan IELTS)

  • 2 Minggu bimbingan tambahan persiapan TOEFL dan IELTS bagi siswa level Scoring yang telah mendaftar tes

Siswa dapat memilih paket dengan atau tanpa Camp, berikut rincian biayanya:

  • 2 Minggu: Tanpa Camp Rp 1.200.000 Rp 900.000, Dengan Camp Rp 1.450.000 Rp 1.100.000

  • 1 Bulan: Tanpa Camp Rp 1.700.000 Rp 1.400.000, Dengan Camp Rp 1.850.000 Rp 1.700.000

  • 2 Bulan: Tanpa Camp Rp 2.750.000 Rp 2.500.000, Dengan Camp Rp 3.250.000 Rp 3.100.000
    Bonus fasilitas tambahan:
    – Penjemputan gratis dari bandara Juanda/stasiun Kediri/terminal Kediri
    – Free access Video Learning Paket Full (67 video materi, 200+ quiz) selama 1 tahun

  • 3 Bulan: Tanpa Camp Rp 3.800.000 Rp 3.600.000, Dengan Camp Rp 4.700.000 Rp 4.500.000
    Bonus fasilitas tambahan:
    – Penjemputan gratis dari bandara Juanda/stasiun Kediri/terminal Kediri
    – Kelas tambahan Grammar, Structure, dan Speaking 2x per minggu (total 6x) di malam hari
    – Free access Video Learning Paket Full (67 video materi, 200+ quiz) selama 1 tahun

Pilihan Kursus Bahasa Inggris Online

English Grammar

Belajar aturan tata bahasa Inggris, selain agar lebih pede berbicara & menulis dalam bahasa Inggris, juga agar apa yang ingin kita sampaikan mudah dipahami

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 150.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 250.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 18.30-20.00 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar

English Speaking

Melatih Speaking Skill dengan banyak praktik percakapan dalam berbagai tema sesuai level. Cocok untuk yang ingin pede dan speak fluently

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 200.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 350.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 20.10-21.10 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar


IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Prep

Tips & Trick mendapat skor TOEFL tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar


IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Via Zoom
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar

The post Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya appeared first on Titik Nol English Course.

The post Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya first appeared on E-TEST.ID.

Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya titiknolenglish.com (Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta …

The post Apa itu Narrative Text dalam Bahasa Inggris? Struktur serta Contohnya first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/apa-itu-narrative-text-dalam-bahasa-inggris-struktur-serta-contohnya/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=apa-itu-narrative-text-dalam-bahasa-inggris-struktur-serta-contohnya
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 5, 2022 8:02 am