7 Kampus Swasta di Solo

7 Kampus Swasta di Solo

Kampus swasta di Solo itu apa saja? Kalau kamu pengin kuliah di Solo (Surakarta), punya “sontekan” apa saja kampus di Solo itu perlu banget. Tau ngga sih, ternyata ada banyak banget kampus di Solo – enggak cuma Universitas Sebelas Maret, Sobat! Apa aja, tuh?

kuliah di universitas swasta di solo
Photo by charlesdeluvio on Unsplash

1. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

Universitas swasta di Solo ini adalah milik Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta. Berawal dari sebuah Sekolah Bidan, kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta saat ini menaungi tak hanya jurusan-jurusan di bidang kesehatan.

Universitas di Solo ini membuka Program D3 Keperawatan dan D4 Fisioterapi. Untuk Program S1-nya, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta menawarkan lebih banyak pilihan, yakni Keperawatan, Kebidanan, Administrasi Rumah Sakit, Kewirausahaan, Manajemen Retail, serta Sistem dan Teknologi Informasi. PTS di Solo ini sekarang terakreditasi Baik Sekali oleh BAN PT.

universitas swasta yang ada di solo
Photo by Jason Goodman on Unsplash

2. Universitas Islam Batik

Perguruan tinggi swasta di Solo ini sempat dikenal dengan nama Universitas Islam Kyai Modjo (UIM) sebelum akhirnya kita kenal dengan nama Universitas Islam Batik seperti sekarang. Kampus swasta di Surakarta yang sekarang terakreditasi B ini menaungi empat fakultas dengan banyak pilihan jurusan, yakni Manajemen, Akuntansi, Hukum, Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Teknik Industri, dan Teknik Sipil.

PTS kampus swasta di Solo
Photo by C D-X on Unsplash

3. Universitas Setia Budi

Universitas Setia Budi berdiri sebagai sebuah universitas swasta di Surakarta seperti sekarang setelah berkembang dari sebuah Akademi Analis Kesehatan, Analis Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Gigi, hingga kemudian Farmasi. Universitas di Surakarta ini dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Setia Budi dan sekarang telah meraih akreditasi B BAN PT.

Ada empat Program D3 di Universitas Setia Budi, yakni Farmasi, Anafarma, Analis Kesehatan, dan Analis Kimia. Pada Program D4, univ swasta di Solo ini menyediakan Jurusan Analis Kesehatan. Sedangkan untuk Program S1, pilihan jurusan yang ada yaitu Farmasi, Manajemen, Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Psikologi.

perguruan tinggi swasta di solo
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

4. Universitas Slamet Riyadi

Saat ini Universitas Slamet Riyadi berstatus sebagai sebuah universitas swasta di Solo dengan akreditasi B yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi. Salah satu tempat kuliah di Solo ini menawarkan pilihan Jurusan Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.

kampus kuliah swasta di Solo
Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

5. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Kampus swasta di Solo ini didirikan oleh  para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. Saat ini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta terakreditasi B dan menaungi empat fakultas dengan berbagai pilihan jurusan.

Pada Program D3, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta membuka Jurusan Teknologi Pemeliharaan Pesawat. Pada Program D4, universitas swasta di Solo ini menyediakan Jurusan Sistem Informasi Kota Cerdas. Untuk Program S1, pilihan jurusan yang tersedia adalah Teknik Sipil, Arsitektur, Agroteknologi, Agribisnis, Manajemen, Akuntansi, Bimbingan Konseling, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Jasmani.

kuliah kampus swasta di surakarta
Photo by Kiyun Lee on Unsplash

6. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta

Berdirinya PTS di Solo ini diawali dengan sebuah Akademi Keperawatan yang kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Setelah berstatus sebagai Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, ada dua fakultas yang dinaunginya yaitu Ilmu Kesehatan serta Sains dan Teknologi.

Pada Program D3, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta membuka Jurusan Kebidanan dan Keperawatan. Perguruan tinggi swasta di Solo ini juga membuka Program D4, yaitu Anastesiologi dan Teknik Rekayasa Elektromedis. Untuk Program S1, pilihan jurusan yang disediakan di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta meliputi Keperawatan, Gizi, dan Informatika. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta saat ini terakreditasi B.

kuliah universitas swasta di surakarta
Photo by RUT MIIT on Unsplash

7. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Kampus di Solo ini bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, dan Sosial Sahid Jaya. Berawal dengan tiga jurusan saja, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta sekarang menawarkan pilihan Program D1 Perhotelan, D3 Perhotelan, D3 Usaha Perjalanan Wisata, dan D4 Kepariwisataan. Kampus swasta di Surakarta ini sekarang terkareditasi B.

 

Nah, ternyata ada banyak alternatif tempat kuliah di Solo selain Universitas Sebelas Maret kan, Sobat? Dari daftar di atas, apakah kamu menemukan kampus incaranmu untuk kuliah di Solo?

The post 7 Kampus Swasta di Solo first appeared on E-TEST.ID.

Kampus swasta di Solo itu apa saja? Kalau kamu pengin kuliah di Solo (Surakarta), punya “sontekan” apa saja kampus di …

The post 7 Kampus Swasta di Solo first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/7-kampus-swasta-di-solo/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=7-kampus-swasta-di-solo
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : July 18, 2022 3:01 pm