7 Kampus Swasta di Purwokerto

7 Kampus Swasta di Purwokerto

Kuliah di Purwokerto itu di mana aja, sih? Mungkin kamu bilang Unsoed atau IAIN Purwokerto. Jawaban itu benar, Sobat Pintar. Namun bagaimana dengan kampus swastanya? Kalau kamu enggak kuliah di kampus negeri, kira-kira apa saja pilihan kampus swasta di Purwokerto? Sudah tahu jawabannya? Kalau belum, yuk kepoin tujuh kampus di bawah ini.

perguruan tinggi swasta di Purwokerto
Photo by Bethany Legg on Unsplash

1. Universitas Amikom Purwokerto

Universitas Amikom Purwokerto resmi berdiri pada tahun 2019. Namun sebenarnya cikal bakal universitas swasta di Purwokerto ini sudah berdiri jauh sebelum itu, Sobat Pintar. Sebelumnya, Yayasan Amikom Purwokerto telah mengelola Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom Purwokerto. Dengan bergabungnya ABA Sinema Yogyakarta, maka Universitas Amikom Purwokerto hadir dalam dunia pendidikan tinggi di Banyumas seperti yang kita ketahui sekarang.

Lantas apa saja jurusan kuliah yang a di Universitas Amikom Purwokerto saat ini? Universitas di Purwokerto ini menawarkan Program S1 Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Ilmu Komunikasi, dan Bisnis Digital. Akreditasi institusi Universitas Amikom Purwokerto dari BAN PT terkini adalah B.

universitas swasta terbaik di purwokerto
Photo by Fotos on Unsplash

2. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 2000. Setelah berbentu universitas, perguruan tinggi swasta di Purwokerto ini membuka fakultas dan jurusan di luar bidang kependidikan. Kamu bisa kuliah apa aja nih, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto?

Salah satu universitas swasta terbaik di Purwokerto ini membuka Program D3 Akuntansi, Kebidanan, dan Keperawatan. Untuk Program D4, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyediakan Jurusan Keperawatan Anastesiologi, Manajemen Informasi Kesehatan, Teknik Rekayasa Elektro-Medis, Teknologi Laboratorium Medik, dan Teknologi Radiologi Pencitraan.

Pada Program S1, pilihan jurusan kuliah yang ditawarkan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto adalah Agribisnis, Agroteknologi, Akuakultur, Akuntansi, Bisnis Digital, Farmasi, Hukum Ekonomi Syari’ah, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dokter, Pendidikan Geografi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, dan Psikologi. Dengan pilihan jurusan sebanyak ini, akreditasi institusi univ di Purwokerto ini sekarang adalah B.

universitas yang ada di purwokerto
Photo by lilartsy on Unsplash

3. Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto

Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto berdiri pada tahun 1980 dan dikelola oleh Yayasan Wijayakusuma. Universitas yang ada di Purwokerto ini sekarang telah menaungi lima fakultas yang membuka Program S1 Ilmu Hukum, Administrasi Publik, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Elektro, dan Peternakan. Bukan hanya Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto yang terakreditasi B, Sobat Pintar, tetapi jurusan-jurusan tersebut juga seluruhnya terakreditasi B.

universitas di purwokerto beserta jurusannya
Photo by Hung Nguyen on Unsplash

4. Politeknik Yakpermas Banyumas

Yakpermas adalah kepanjangan dari Yayasan Kesejahteraan Perawat Banyumas. Yayasan ini mendirikan Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas, yang kemudian berkembang menjadi Politeknik Yakpermas Banyumas pada tahun 2018. PTS di Purwokerto ini membuka dua Program D3 dan D4. Program D3-nya yaitu Keperawatan serta Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, sedangkan Program D4-nya adalah Akuntansi Sektor Publik dan Teknologi Laboratorium Medis. Politeknik Yakpermas Banyumas saat ini meraih akreditasi B dari BAN PT.

perguruan tinggi swasta di purwokerto
Photo by John-Mark Smith on Unsplash

5. Sekolah Tinggi Teologi Diakonos

Sekolah Tinggi Teologi Diakonos berdiri pada tahun 2002 dan saat ini dikelola oleh Yayasan Pohon Kasih (YPK) Jakarta. Ada dua pilihan Program S1 di perguruan tinggi di Purwokerto ini, yaitu Pendidikan Agama Kristen dan Teologi. Akreditasi institusi Sekolah Tinggi Teologi Diakonos saat ini adalah Baik.

kuliah univ swasta di purwokerto
Photo by Ahmad Ossayli on Unsplash

6. STIQ Miftahul Huda Rawalo

Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran (STIQ) Miftahul Huda Rawalo resmi berdiri pada tahun 2016. Kampus di Purwokerto yang sekarang terakreditasi Baik oleh BAN PT ini membuka satu saja Program S1, yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

kampus swasta di purwokerto jawa tengah
Photo by Myriam Zilles on Unsplash

7. Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto

Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto resmi berdiri pada tahun 2002 dan dikelola oleh Yayasan Juruselamat Purwokerto (YHP). Sebelumnya, perguruan tinggi swasta di Purwokerto ini dikenal sebagai Pendidikan Alkitab Purwokerto. Dengan menyelenggarakan satu Program S1-nya, Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto saat ini meraih akreditasi institusi C dari BAN PT.

 

Nah, dengan tambahan tujuh kampus di atas, sekarang kamu sudah punya lebih banyak referensi politeknik, sekolah tinggi, maupun universitas di Purwokerto beserta jurusannya. Ternyata ada beragam pilihan kan, Sobat, untuk kuliah di Purwokerto?

The post 7 Kampus Swasta di Purwokerto first appeared on E-TEST.ID.

Kuliah di Purwokerto itu di mana aja, sih? Mungkin kamu bilang Unsoed atau IAIN Purwokerto. Jawaban itu benar, Sobat Pintar. …

The post 7 Kampus Swasta di Purwokerto first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/7-kampus-swasta-di-purwokerto/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=7-kampus-swasta-di-purwokerto
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : July 23, 2022 5:00 pm