5 Tips Jitu agar Lolos UTBK-SNBT 2023

5 Tips Jitu agar Lolos UTBK-SNBT 2023

Try Out UTBK 2023 masih perlu atau enggak, sih? Kan, udah ngga ada lagi TKA, tuh. Eitts, justru karena TKA enggak diujikan lagi, Sobat, makanya kita masih perlu mengikuti Try Out. Lah, kok gitu?

Sobat Pintar, kita sudah belajar Kimia, Fisika, Sosiologi, dan berbagai mata pelajaran lain di sekolah. Seharusnya kita enggak gelagapan lagi saat mengikuti ujian seperti TKA. Nah, beda banget sama TPS, nih. Sebagai bagian dari materi TPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris memang kita pelajari di sekolah. Namun bagaimana dengan materi potensi kognitif? Lagipula, sudah tepatkah cara kita belajar selama ini, sampai-sampai tak perlu lagi mengikuti latihan Try Out UTBK?

Baca juga: UTBK Hanya TPS, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Kalau semua itu tak cukup meyakinkanmu tentang betapa pentingnya mengikuti latihan Try Out UTBK, coba pikirkan lagi, Sobat Pintar. UTBK 2023 adalah UTBK yang untuk pertama kalinya bakal mengujikan TPS saja. Soal-soal TPS di UTBK 2023 pun kemungkinan besar akan berbeda dari soal-soal TPS di UTBK sebelum-sebelumnya. Gambling ga tuh, kalau tiba-tiba mengikuti ujian tanpa pernah mengenal soal-soalnya sebelumnya?

Bagaimana cara kenalan sama soal-soal ujian? Lebih khususnya, bagaimana cara supaya bisa lolos SBMPTN? Salah satunya, dan mungkin yang terpenting, adalah dengan mengikuti Try Out supaya kamu lolos di UTBK dengan nilai maksimal, Sobat Pintar.

 

1. Rajin Ikut Try Out

latihan try out utbk
Photo by Christin Hume on Unsplash

Try Out adalah proses kita belajar melalui soal-soal latihan yang disusun menyerupai soal-soal dalam ujian yang sesungguhnya, dalam hal ini UTBK. Sekali lagi, TPS yang akan datang bakal berbeda dari TPS di tahun-tahun sebelumnya. Kamu enggak bisa lagi belajar menggunakan buku latihan soal yang “diwariskan” oleh kakak atau doi dari UTBK tahun lalu.


© Aku Pintar

© Aku Pintar

Tryout di Aku Pintar, misalnya, bisa menjadi salah satu cara buat mengenal soal-soal TPS yang baru. Mengikuti Try Out UTBK juga dapat memberimu perkiraan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu butir soal dan keseluruhan ujian. Penasaran dong, soal UTBK itu ada berapa? Dengan materi ujian yang baru pula, nantinya akan jadi berapa total soal UTBK 2023? Lantas, apakah kamu dapat menjawab seluruh soal dan menyelesaikan ujian dengan tepat?

Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas akan terjawab dengan mengikuti Try Out, Sobat. Di Aku Pintar, kamu bisa mengikuti Tryout online agar lolos UTBK dari mana saja, tanpa harus bepergian dan menghabiskan waktu di perjalanan menuju ke tempat Try Out.

 

2. Cermati Nilai yang Diperoleh

mengikuti tryout online agar lolos UTBK
Photo by Adrian Swancar on Unsplash

Manfaat lain mengikuti Try Out UTBK yang tak kalah penting adalah mengetahui nilai ujian. Mungkin kamu bertanya-tanya nih, apakah Try Out masuk nilai rapor di sekolah? Apakah nilai try out mempengaruhi kelulusan? Jawabannya enggak, Sobat. Kalau begitu, apakah nilai Try Out itu penting?

Nilai Try Out UTBK murni menunjukkan prediksi skor yang dapat kamu peroleh bila nanti mengikuti UTBK. Tentu saja, prediksi ini bisa berbeda dari nilai UTBK yang sesungguhnya karena soal-soal UTBK juga takkan sama persis, plek ketiplek, dengan soal-soal Try Out. Namun lantaran karakteristik dan tingkat kesulitan soal keduanya cenderung mirip, biasanya kita dapat memprediksi berapa nilai UTBK nanti berdasarkan nilai-nilai Try Out UTBK yang sudah diikuti sebelumnya.

Jika bisa memperoleh nilai UTBK yang berhasil lolos di jurusan incaranmu dari SBMPTN sebelumnya, kamu bakalan dapat membandingkannya dengan nilai-nilai Try Out-mu, Sobat Pintar. Dengan begitu, kamu punya patokan atau target nilai UTBK serta mendapatkan gambaran sejauh atau sedekat mana nilai-nilai Try Out-mu selama ini dengan target tersebut. Nah, sampai sini cukup jelas ya, bahwa memang nilai Try Out itu penting.

 

3. Pahami Konsep Materi Ujian

apakah try out masuk nilai
Photo by Mana Akbarzadegan on Unsplash

Memang, salah satu cara supaya bisa lolos UTBK adalah dengan mengikuti Try Out. Namun Try Out bukan Thanos yang bisa meloloskan kita di SNBT dengan satu jentikan jari, Sobat. Apalagi, UTBK 2023 bakal mengujikan TPS saja, yang mengukur kemampuan kognitif kita. Artinya, kemampuan kita untuk menalar secara umum dan memahami konteks amat diperlukan – dan keduanya tak bisa kita kuasai hanya dengan berlatih soal dan mengikuti Try Out UTBK.

 

4. Mencari Informasi tentang UTBK-SNBT 2023

Bagaimana cara supaya bisa lolos SBMPTN
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

Sobat Pintar tentu tahu, perubahan materi ujian UTBK 2023 baru diumumkan belakangan ini. Bahkan, nama seleksinya pun berubah – dari SBMPTN menjadi SNBT. Sejauh ini, informasi yang kita terima baru menyebutkan bahwa jalur masuk kuliah melalui tes sekarang berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, yaitu TPS. Tidak ada lagi tes mata pelajaran atau TKA. Masih banyak yang belum kita ketahui dan mungkin akan diumumkan di kemudian hari. Misalnya, kamu ingin memastikan berapa total soal UTBK 2023? Nah, sembari menunggu pengumuman resminya, seandainya pun bakalan ada, kamu bisa melihat dahulu jumlah soal Tryout di Aku Pintar, Sobat.

 

5. Petakan Peluang Masuk Jurusan dan PTN Impian

cara supaya bisa lolos UTBK
Photo by Leo Okuyama on Unsplash

Sambil mengikuti Tryout di Aku Pintar, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan, Sobat. Apa yang diriset?

Iya! Segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kamu incar. Seperti telah disebutkan di atas, nilai UTBK yang berhasil lolos di jurusan incaranmu pada SBMPTN sebelumnya bisa menjadi acuan target nilai Tryout di Aku Pintar. Namun perlu juga diingat, mata uji UTBK pada SBMPTN sebelumnya berbeda dari mata uji UTBK 2023. Hilangnya TKA dari UTBK 2023 tentu bakal mempengaruhi total nilai akhir.

Baca juga: Universitas Peminat Terbanyak di SBMPTN

Jika menurutmu nilai UTBK dari tahun sebelumnya tidak bisa menjadi acuan target yang baik untuk Try Out UTBK 2023, setidaknya kamu masih bisa melihat tren minat pada jurusan incaranmu, Sobat. Perhatikan berapa daya tampung yang tersedia, jumlah peminat, dan jumlah yang diterima. Pertimbangkan, apakah kira-kira peluangmu lolos SNBT 2023 akan lebih besar di PTN yang lain? Bandingkan pula peluangmu untuk lolos pada jurusan dan PTN yang kamu jadikan sebagai pilihan kedua.

Kekepoan seperti ini sebenarnya cukup penting, Sobat Pintar. Di samping mengikuti Try Out UTBK, kita juga harus bisa memetakan dan melihat peluang terbaik untuk lolos SNBT, bukan?

The post 5 Tips Jitu agar Lolos UTBK-SNBT 2023 first appeared on E-TEST.ID.

Try Out UTBK 2023 masih perlu atau enggak, sih? Kan, udah ngga ada lagi TKA, tuh. Eitts, justru karena TKA …

The post 5 Tips Jitu agar Lolos UTBK-SNBT 2023 first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/5-tips-jitu-agar-lolos-utbk-snbt-2023/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=5-tips-jitu-agar-lolos-utbk-snbt-2023
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 9, 2022 5:02 pm