5 Tips Belajar Bahasa Korea bagi Pemula

5 Tips Belajar Bahasa Korea bagi Pemula

Belajar Bahasa Korea menjadi kesenangan tersendiri terutama buat para penyuka drama Korea. Dari sekadar tahu satu-dua kata saja, lama kelamaan jadi kepengin belajar Bahasa Korea. Apalagi kalau subtitle dramanya kacau balau, jadi makin pengin pintar Bahasa Korea seketika itu juga ga, sih!

Kamu mengalaminya juga, Sobat Pintar? Pengin ngedrakor dengan lancar tanpa hambatan? Terus gimana cara jago Bahasa Korea dengan cepat biar kamu bisa maraton drakor dengan sentosa, aman, dan sejahtera? Ini dia, lima tips belajar Bahasa Korea yang bisa kamu praktikkan.

Baca juga: Fenomena Korean Wave di Tengah Pandemi Covid-19

 

1. Kuasai Hangul

cara mudah belajar bahasa korea
Photo by Suzi Kim on Unsplash

Tips belajar Bahasa Korea yang pertama adalah menguasai Hangul. Hangul (atau Hangeul) adalah alfabet Korea yang diciptakan oleh Raja Sejong. Hangul yang sekarang digunakan terdiri dari 24 huruf dasar, tersusun atas 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Jika dikombinasikan, huruf-huruf dasar Hangul dapat menghasilkan 27 huruf baru yang lebih kompleks, terdiri dari lima tenses huruf konsonan, 11 huruf konsonan rangkap, dan 11 huruf vokal rangkap.

Waduh, banyak banget! Tenang, Sobat. Raja Sejong menciptakan Hangul dengan harapan bahwa seluruh warganya, apapun kelas sosialnya, pada waktu itu dapat membaca dan menulis. Maka semestinya kamu juga bisa menguasai Hangul, apalagi kalau terhitung “rajin” maraton drakor. Namun, harus diakui, cara belajar Bahasa Korea otodidak seperti ini memang butuh waktu yang tak sebentar.

 

2. Perbanyak Kosakata

cara cepat belajar bahasa korea
Photo by Suzi Kim on Unsplash

Tentu saja, belajar Bahasa Korea enggak selesai sampai di Hangul saja. Pelajari juga angkanya, Sobat. Kemudian, hafalkan nama-nama hari. Bahkan mungkin kamu juga perlu belajar “OK Google” bahasa Koreanya apa.

Intinya, frasa dan kalimat sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti menanyakan arah, menggunakan kendaraan umum, bertransaksi di kasir, dan lain-lain, wajib dipelajari agar kamu dapat berbicara dalam Bahasa Korea dengan lebih fasih. Nah, salah satu tips lancar Bahas Korea sehari-hari seperti ini adalah dengan… banyakin ngedrakor!

 

3. Pahami Konglish

cara belajar bahasa korea untuk pemula
Photo by Yu Kato on Unsplash

Drakor juga bisa menjadi sumber belajar Konglish yang cukup praktis, Sobat Pintar. Eh, apa tuh Konglish? Konglish adalah kata-kata Bahasa Inggris yang dilafalkan dalam aksen Korea. Kalau kamu K-drama lover sejati, dan sudah menggunakan drama sebagai cara mudah belajar Bahasa Korea selama ini, pasti enggak asing lagi dengan Konglish.

Hwa-it-ting atau pa-it-ting adalah Konglish dari fighting. Tau dong, apa arti kata ini dalam Bahasa Korea? Iya, dalam Bahasa Korea, kata ini dimaknai sama seperti “Semangat!” atau “Good luck!” Padahal dalam Bahasa Inggris sendiri, fighting memiliki makna harfiah bertengkar. Perbedaan dan pemahaman makna seperti ini mungkin secara tidak langsung sudah kamu pelajari selama ngedrakor. Itulah sebabnya, nonton drama Korea bisa dibilang merupakan salah satu cara belajar Bahasa Korea otodidak yang sebenarnya cukup praktis.

 

4. Tiru dan Lafalkan

cara belajar bahasa korea otodidak
Photo by zero take on Unsplash

Bahasa itu kita gunakan, jadi buat apa belajar Bahasa Korea kalau tidak digunakan? Jangan berhenti nonton dramanya doang, Sobat, tapi coba tiru dan lafalkan kata-kata yang barusan kamu dengar. Kamu juga bisa berlatih pelafalan dengan menyanyikan lirik lagu-lagu K-pop idol idolamu. Latihan Bahasa Korea seperti ini pada awalnya mungkin mengganggu keasyikanmu nonton drama atau menikmati idolamu bernyanyi, tapi lama-kelamaan pasti ada hasilnya.

Memangnya butuh berapa lama belajar bahasa Korea? Tergantung bagaimana caramu belajar juga, Sobat Pintar. Cara belajar Bahasa Korea otodidak dengan nonton drama memang biasanya butuh waktu yang tak sebentar, apalagi belajar aksara yang tak digunakan secara nyata sehari-hari di Indonesia. Enggak cuma modal rajin, tetapi kamu juga harus disiplin belajarnya.

 

5. Kenali Budaya Korea

Berapa lama belajar bahasa Korea
Photo by Kseniya Petukhova on Unsplash

Belajar Hangul, menambah kosakata, dan berlatih mengucapkan Bahasa Korea itu takkan bisa dilakukan dengan baik tanpa kamu mengenal budayanya. Iya, tau cara cepat belajar Bahasa Korea itu bagus. Namun tau bagaimana menggunakan Bahasa Korea dengan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi itu juga penting.

Mungkin cara belajar Bahasa Korea otodidak yang sudah kamu praktikkan selama ini adalah dengan menonton seluruh drama dan film idolamu. Nah, dari sekian drama dan film itu, apakah kamu sempat memperhatikan unsur budayanya atau sekadar menikmati alur ceritanya?

Misalnya, sempatkah kamu memperhatikan hubungan berjenjang antara dua orang yang berbeda usia, status, atau kelas sosial di Korea? Bagaimana gestur keduanya? Bagaimana bahasa yang mereka gunakan? Seandainya kamu menjadi salah satu dari dua orang tersebut di dunia nyata, kira-kira akankah kamu dapat menempatkan diri dengan tepat? Jika jawabanmu untuk pertanyaan terakhir ini masih mengambang, barangkali sekarang saatnya belajar Bahasa Korea bersama guru atau tutor.

Baca juga: Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Kuliah Bahasa Korea

Kursus Pintar menyediakan kelas-kelas Bahasa Korea yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenjang dan kebutuhanmu belajar. Belajar bersama guru atau tutor tak hanya menjadi cara belajar Bahasa Korea untuk pemula yang efektif dan efisien. Sobat Pintar yang sudah mahir berbahasa Korea juga dapat meningkatkan kelancaran berbahasa bersama teman-teman sekelas dan memahami budaya Korea dengan lebih baik lagi bersama guru atau tutor. Misalnya, kamu bisa mengeksplorasi kapan dan bagaimana menggunakan Oreun Mal, Chin gu Mal, dan Orin i Mal, yang bakalan cukup sulit untuk dipelajari dan dipraktekkan sendiri.

The post 5 Tips Belajar Bahasa Korea bagi Pemula first appeared on E-TEST.ID.

Belajar Bahasa Korea menjadi kesenangan tersendiri terutama buat para penyuka drama Korea. Dari sekadar tahu satu-dua kata saja, lama kelamaan …

The post 5 Tips Belajar Bahasa Korea bagi Pemula first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/5-tips-belajar-bahasa-korea-bagi-pemula/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=5-tips-belajar-bahasa-korea-bagi-pemula
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 6, 2022 2:00 pm