5 Jurusan tentang Alam buat Si Enviromentalist

5 Jurusan tentang Alam buat Si Enviromentalist

Jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta alam itu apa saja? Pecinta alam bukan hanya mereka yang suka naik gunung nih, Sobat Pintar. Mencintai alam dan lingkungan enggak melulu diwujudkan dengan naik gunung. Kamu yang membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan halaman rumah, hingga mengurangi penggunaan plastik juga bisa dibilang sebagai pecinta alam, loh.

Baca juga: 4 Pertimbangan Penting dalam Memilih Jurusan Kuliah

Kalau begitu, apa saja nih rekomendasi jurusan untuk pecinta alam? Yuk, kepoin beberapa jurusan kuliah pecinta alam di bawah ini.

 

1. Teknik Lingkungan

jurusan untuk pecinta alam
Photo by Theau NICOLAS on Unsplash

Teknik Lingkungan (Environmental Engineering) pasti menjadi salah satu jurusan yang dipertimbangkan oleh kalian yang punya perhatian serius terhadap sustainability bumi. Teknik Lingkungan atau Environmental Engineering adalah adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan yang sehat, konservasi sumber daya air, pengendalian pencemaran akibat limbah, dan berbagai permasalahan lingkungan yang lain beserta solusinya.

Sebagai sebuah jurusan teknik, Environmental Engineering adalah salah satu rekomendasi jurusan yang cocok untuk anak IPA. Alumni jurusan ini tak sedikit yang bekerja di bidang pertambangan, petrokimia, maupun perkebunan. Mau kuliah di jurusan ini, Sobat? Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, UPN Veteran Jawa Timur, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah beberapa kampus terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

 

2. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan

jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta alam
Photo by Dustan Woodhouse on Unsplash

Alternatif kuliah Environmental Engineering adalah Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, yang saat ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan serupa tapi tak sama dengan Teknik Lingkungan.

Ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum menjatuhkan pilihan antara kedua jurusan tentang alam ini, Sobat. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan lebih menekankan pada kualitas sanitasi masyarakat, sedangkan Teknik Lingkungan mengkaji lebih dalam tentang toksikologi. Selain itu, fokus Rekayasa Infrastruktur Lingkungan adalah pada air, meliputi penyediaan air bersih, pengendalian pencemaran limbah cair, serta sanitasi lingkungan. Beda banget dengan Teknik Lingkungan yang lebih luas mencakup pengelolaan udara dan industri.

 

3. Teknik Geologi

jurusan kuliah pecinta alam
Photo by ROMAN ODINTSOV on Pexels

Kamu tahu jurusan ilmu alam apa saja? Entah seberapa panjang jawabanmu, tetapi takkan lengkap tanpa menyertakan Teknik Geologi di dalamnya. Pasalnya, ilmu yang dipelajari di Teknik Geologi meliputi sifat, bahan, dan struktur pembentuk bumi, proses yang terjadi di atas permukaan dan di dalam bumi, kedudukan bumi di alam semesta, hingga perkembangan bumi sampai sekarang. Ilmu alam banget ga, tuh?

Teknik Geologi adalah salah satu jurusan yang cocok untuk anak IPA karena selama kuliah kamu bakalan belajar tentang komposisi, struktur, sifat fisik, proses pembentukan, dan sejarah bumi hingga pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, perminyakan, konstruksi bangunan, dan lain-lain. Saking banyaknya penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Geologi, sampai-sampai jurusan ini dikenal sebagai jurusan penelitian. Wah, kok kayak hardcore gitu, ya.

Terus, kira-kira prospek kerja Teknik Geologi untuk wanita bagaimana, nih? Eitts, siapa bilang pekerjaan pertambangan dan konstruksi bangunan bukan untuk wanita? Ada berbagai pekerjaan di bidang Geologi, seperti menjadi peneliti geografi, peneliti dan ahli teknologi informasi geospasial, ahli peta geografi, ahli hidrologi, teknisi geologi dan perminyakan, ataupun pengajar ilmu atmosfer, ilmu bumi, ilmu luar angkasa, dan ilmu kelautan. Semua pekerjaan itu tergantung kamunya sendiri, Sobat, apakah mau dan mampu menjalaninya atau tidak.

 

4. Kehutanan

jurusan yang cocok untuk anak ipa
Photo by Jonas Gerlach on Unsplash

Jika cita-citamu adalah memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan alam suatu saat kelak, kuliah Kehutanan bisa banget dipertimbangkan nih, Sobat. Kegiatan perkuliahannya saja sudah membuatmu cukup sering keluar masuk hutan. Kecintaanmu pada alam juga dipupuk selama kuliah karena kamu akan belajar tentang bagaimana memelihara hutan dengan baik. Alih-alih mengeksploitasi hutan, kuliah Kehutanan membuatmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan.

Berbekal ilmu yang telah dipelajari selama kuliah, kamu dapat melakukan kegiatan pembibitan tanaman hutan dan berbagai kegiatan reforestasi atau penghutanan kembali. Itulah sebabnya Kehutanan dikenal sebagai jurusan untuk pecinta alam. Kampus rekomendasi jurusan ini antara lain Universitass Gadjah Mada, Universitas Lampung, Universitas Mulawarman, dan Institut Teknologi Bandung.

 

5. Rekayasa Pertanian

Jurusan ilmu alam apa saja
Photo by NOAA on Unsplash

Jangan mengaku pecinta alam kalau kamu enggak tertarik sama sekali dengan kegiatan pertanian. Di samping menjadi pekerjaan yang berhubungan dengan alam, bertani itu penting banget karena kegiatan ini secara langsung berdampak pada kelangsungan hidup manusia. Bayangin aja enggak ada petani, kita mau makan apa, coba?

Baca juga: 5 Jurusan Pertanian

Namun bertani di masa depan itu enggak sama persis dengan yang dikerjakan kakek nenek buyut kita dahulu. Lahan pertanian sudah berkurang drastis, sementara  kebutuhan pangan semakin meningkat karena populasi manusia akan terus bertambah. Nah, kuliah Rekayasa Pertanian bakal membekalimu dengan cara bercocok tanam, pengetahuan tentang tanah dan hama, nutrisi, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa mengembangkan sistem pertanian yang modern. Tak hanya untuk para pecinta alam, Rekayasa Pertanian juga menjadi jurusan yang cocok untuk anak IPA, loh.

Jurusan ini baru ada di Institut Teknologi Bandung saja. Kamu berminat untuk kuliah di jurusan tentang alam ini, Sobat Pintar?

The post 5 Jurusan tentang Alam buat Si Enviromentalist first appeared on E-TEST.ID.

Jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta alam itu apa saja? Pecinta alam bukan hanya mereka yang suka naik gunung nih, …

The post 5 Jurusan tentang Alam buat Si Enviromentalist first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/5-jurusan-tentang-alam-buat-si-enviromentalist/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=5-jurusan-tentang-alam-buat-si-enviromentalist
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 31, 2022 5:05 pm