3 Tips Penting Belajar Bahasa Korea Sehari-Hari

3 Tips Penting Belajar Bahasa Korea Sehari-Hari

Belajar Bahasa Korea sehari-hari sebenarnya tidak sukar, tetapi bisa menjadi penuh tantangan. Belum lagi, setiap orang punya tujuan belajar yang berbeda. Barangkali Sobat Pintar ada yang sungguh-sungguh pengin fasih berbahasa Korea, sebagian lagi mungkin sekadar tahu – cukup untuk bisa menikmati drama kesukaanmu atau bernyanyi bersama idol-mu.

Karena berbeda tujuan, cara belajar Bahasa Korea kita pun tak sama. Namun terlepas dari cara belajarnya, yang pasti kita pengin bisa menggunakan Bahasa Korea. Jadi yuk, kita sama-sama belajar biar pintar Bahasa Korea, Sobat.

Baca juga: 10 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari Hari

 

1. Belajar Hangul

belajar bahasa korea sehari-hari
Image by duckman Yoon on Pixabay

Tau dong, kalau Bahasa Korea menggunakan alfabet yang berbeda dari yang biasa kita gunakan. Iya, hangul (atau hangeul) namanya. Nah, penting dan wajib banget kita menguasai – minimal tau – hangul ini. Tenang, enggak kudu bisa menulis semua huruf dan angka, kok. Setidaknya, kamu cukup tahu dahulu hangul untuk beberapa kosa kata sehari-hari Bahasa Korea yang sering digunakan.

Misalnya, untuk mengucapkan terima kasih, kamu enggak ketuker antara komapseumnida dan kamsahamnida. Kosakata Bahasa Korea sehari-hari yang enggak boleh kelupaan juga adalah meminta maaf. Kamu udah tau bedanya antara choesonghamnida dan mianhamnida, Sobat Pintar?

Untuk sekadar tahu hangul beberapa vocab Korea sederhana yang sering digunakan sehari-hari di drama yang sedang kamu tonton, coba buka kamus Bahasa Korea, deh. Meskipun cara belajar Bahasa Korea seperti ini biasanya butuh waktu yang tak sebentar, lama-kelamaan jumlah kata-kata Bahasa Korea yang kamu kuasai akan bertambah juga.

 

2. Mengenal Budaya Korea

cara belajar bahasa korea
Photo by Clement on Unsplash

Bahasa adalah salah satu produk budaya manusia, begitu pula dengan Bahasa Korea. Untuk itu, belajar bahasanya saja tak cukup. Kita juga perlu memahami bagaimana orang-orang Korea saling berinteraksi satu sama lain, bagaimana mereka bersikap pada orang yang berusia lebih tua dan lebih muda, pilihan kosakata Bahasa Korea yang mereka gunakan untuk senior dan juniornya, hingga bagaimana mereka memanggil satu sama lain sesuai dengan status kekeluargaan, jabatan pekerjaan, maupun usia.

Ada banyak faktor yang memengaruhi diksi, baik situasi yang sedang berlangsung maupun status atau hubungan antar penutur. Dengan memahami bermacam faktor seperti ini, kita dapat terlibat dalam sebuah percakapan Bahasa Korea dengan lebih percaya diri.

Misalnya, dengan menilai situasi di sekitarmu dan hubunganmu dengan orang yang kamu sapa, kamu harus dapat memilih menggunakan annyeong hasimnikka atau annyeong haseo. Keduanya cukup sering kita jumpai dalam percakapan Bahasa Korea sehari-hari. Meskipun maksudnya sama-sama menyapa “Apa kabar?” tetapi kamu harus memperhatikan apakah sedang menghadapi atasan di kantor atau bestie yang sudah lama tak jumpa.

 

3. Mengikuti Kelas Bahasa Korea

kosa kata sehari-hari bahasa korea
Photo by lilartsy on Unsplash

Oke, setelah menonton sekian banyak drama, mungkin kamu sudah menguasai berbagai macam percakapan Bahasa Korea sehari-hari dan artinya. Namun apalah artinya menguasai bahasa asing tanpa benar-benar mempraktikkannya? Bukankah kita belajar suatu bahasa agar dapat menggunakannya?

Nah, di situlah pentingnya sebuah komunitas yang bisa menjadi support system kita untuk belajar, Sobat Pintar. Kita bisa mendapatkan dan membangun sebuah circle belajar Bahasa Korea sehari-hari melalui kelas kursus.

Pembelajaran klasikal sebenarnya merupakan cara belajar Bahasa Korea sehari-hari yang lebih cepat ketimbang otodidak. Dalam pembelajaran klasikal, kita punya kesempatan yang seluas-luasnya untuk mempraktikkan percakapan Bahasa Korea. Belajar di kelas bersama tutor juga memungkinkan kita untuk belajar secara terstruktur, sehingga dapat menguasai hangul dengan lebih mudah dan cepat.


© Aku Pintar

Di samping itu, keberadaan tutor juga dapat membantu kita untuk lebih familier dengan budaya Korea. Barangkali kita terlalu fokus pada jalan cerita alih-alih memperhatikan seorang tokoh drama mengucapkan annyeong higaseyo atau annyeong higyeseyo, misalnya. Nah, belajar bersama tutor memungkinkan kita untuk mendapatkan feedback sehingga dapat memilih kalimat Bahasa Korea yang tepat, sesuai dengan situasi dan kondisi.


 

© Aku Pintar

Baca juga: Fenomena Korean Wave di Tengah Pandemi Covid-19

Dipikir-pikir, tinggal beberapa bulan lagi nih, sebelum konser Blackpink 2023 di GBK Jakarta. Yakin, kamu bakal survive di meet and greet-nya nanti? Yuk, join Kak Ilham Kurnia Gustavakuan di Next Level Kelas Korea: Pintar Basa-Basi dalam Bahasa Korea!

The post 3 Tips Penting Belajar Bahasa Korea Sehari-Hari first appeared on E-TEST.ID.

Belajar Bahasa Korea sehari-hari sebenarnya tidak sukar, tetapi bisa menjadi penuh tantangan. Belum lagi, setiap orang punya tujuan belajar yang …

The post 3 Tips Penting Belajar Bahasa Korea Sehari-Hari first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/3-tips-penting-belajar-bahasa-korea-sehari-hari/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=3-tips-penting-belajar-bahasa-korea-sehari-hari
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : November 12, 2022 9:02 am