3 Rekomendasi Terbaik: Jurusan Untuk yang Suka Membaca

3 Rekomendasi Terbaik: Jurusan Untuk yang Suka Membaca

Hobi membaca buku boleh dibilang merupakan salah satu hobi yang unik, kalau bukan langka. Apa pasal? Sebenarnya enggak banyak orang yang suka baca, Sobat, apalagi buku-buku yang serius – bukan novel atau bacaan fiksi ringan lain yang menghibur. Jika menjadi bagian dari sedikit orang dengan hobi yang unik itu, berarti kamu istimewa, Sobat Pintar.

Membaca buku melatih kita untuk bersabar, tabah, dan tekun menjalani suatu proses dari awal hingga akhir. Membaca buku memberi kita kesempatan untuk memahami penulisnya, dan pada saat yang sama mempelajari pengetahuan baru yang dibagikannya. Membaca buku juga memberi kita sebuah ruang pribadi, tempat kita berimajinasi dan berpikir seluas-luasnya – bahkan seliar-liarnya. Kamu yang punya hobi membaca buku pasti relate dengan semua itu.

Baca juga: 6 Alasan Ini Membuatmu Mau Membaca Buku

Nah, kalau segitunya kamu suka baca, “Jurusan apa yang cocok untuk saya?” Hayo, siapa yang punya pertanyaan kayak gini? Enggak usah overthinking, ini dia tiga rekomendasi jurusan untuk orang yang suka membaca seperti kamu, Sobat.

 

1. Sastra

jurusan untuk orang yang suka membaca
Photo by Matias North on Unsplash

Dengan hobi bacamu itu, bukan tidak mungkin kalau ada Sobat Pintar yang bercita-cita pengin jadi editor. Pas nih, menjalani sebuah profesi yang bisa membuatmu baca buku-buku dengan gratis dan dibayar pula. Oke, pengertian ini terlalu menyederhanakan. Namun pada intinya, bekerja sebagai editor adalah peluang yang menarik buat orang yang hobi membaca buku.

Terus, jurusan editor apa, dong? Untuk menjadi seorang editor buku kuliah jurusan apa? Sastra adalah salah satunya, Sobat. Ada banyak pilihan jurusan sastra yang bisa kamu eksplorasi, antara lain Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Cina, Sastra Perancis.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia? Apakah berbeda dari jurusan sastra yang lain? Perbedaan pilihan bahasa memang menawarkan tantangan yang berbeda, tetapi rutinitas kuliah mahasiswa sastra pada umumnya enggak jauh beda. Enggak bakalan kalian praktikum di lab! Justru kalian bakal baca banyak banget buku literatur, novel, novelet, naskah drama, antologi cerpen, maupun antologi puisi dalam bahasa yang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih.

Terus, lulusan sastra bisa jadi apa? Enggak harus jadi editor kok, Sobat. Sarjana Sastra juga bisa menjalani profesi sebagai copy writer, jurnalis, penerjemah, dan masih banyak lagi.

 

2. Sejarah

jurusan untuk yang suka membaca
Photo by Le Tan on Unsplash

Jangan sampai terlewat Sejarah atau Ilmu Sejarah, Sobat Pintar. Ini adalah salah satu rekomendasi pilihan jurusan untuk yang suka membaca buku seperti kamu. Gimana enggak, bukankah caramu belajar tentang kerajaan-kerajaan kuno Nusantara, sejarah Indonesia dan dunia, hingga geografi adalah dengan membaca buku?

Udah gitu, mahasiswa Sejarah juga harus mempelajari konteks dan fenomena berbagai peristiwa sejarah. Di situ ada budaya, politik, ekonomi, seni, agama, sosial, bahasa, hingga militer yang terlibat dan harus kamu pahami. Pastinya, banyak banget buku-buku terkait yang harus kamu baca, Sobat. Tak heran bila Sejarah juga terkenal sebagai salah satu jurusan editor karena menempa lulusannya untuk terlatih berpikir dan memandang dari beberapa perspektif sekaligus. Selain menjadi editor, alumni jurusan ini juga berpeluang untuk menjalani profesi sebagai juru arsip, arsiparis museum, ataupun institusi pemerintah.

 

3. Perpustakaan

jurusan yang cocok untuk orang yang suka membaca
Photo by Darwin Vegher on Unsplash

Perpustakaan bukan hal baru buat si hobi membaca buku. Nah, ada jurusan kuliahnya nih, Sobat. Secara spesifik, jurusan ini bernama Perpustakaan, Ilmu Perpustakaan, Perpustakaan dan Sains Informasi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, atau Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Jangan dibayangin kuliah Perpustakaan bakal membuatmu baca banyak buku di perpustakaan, Sobat Pintar. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang penyimpanan buku dan dokumen, sistem pengarsipan, hingga pengelolaan informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, mahasiswa Perpustakaan belajar pula tentang sistem informasi dan teknologi. Di samping membuat kunjungan perpustakaan menjadi lebih mudah, penguasaan teknologi informasi juga diperrlukan guna menjembatani digitalisasi bahan bacaan seperti buku. Gimana? Udah bener banget jadi jurusan yang cocok untuk orang yang suka membaca kan, Sobat?

Bukan hanya kuliahnya, bahkan prospek kerjanya pun sangat menggiurkan buat kalian yang hobi membaca buku. Alumni jurusan ini punya kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi kurator maupun pustakawan.

Sebaliknya, tiga rekomendasi jurusan untuk orang yang suka membaca di atas mungkin kurang menarik, atau bahkan cenderung membosankan, buat Sobat Pintar yang lebih tertarik dengan komunikasi interpersonal. Seseorang yang tertarik dengan komunikasi antar orang mungkin lebih cocok kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi. Emangnya apa saja yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi?

Baca juga: Jurusan Ilmu Komunikasi – Ini yang Perlu Diketahui oleh Calon Mahasiswa

Alih-alih menerima pesan seperti membaca, kuliah Ilmu Komunikasi membuatmu belajar tentang bagaimana menyampaikan pesan. Tampak berkebalikan banget kan, antara apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi dan ketiga jurusan yang telah dibahas di atas, Sobat? Kalau begitu, apa lagi nih, rekomendasi jurusan yang cocok untuk orang yang suka membaca, menurutmu?

The post 3 Rekomendasi Terbaik: Jurusan Untuk yang Suka Membaca first appeared on E-TEST.ID.

Hobi membaca buku boleh dibilang merupakan salah satu hobi yang unik, kalau bukan langka. Apa pasal? Sebenarnya enggak banyak orang …

The post 3 Rekomendasi Terbaik: Jurusan Untuk yang Suka Membaca first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/3-rekomendasi-terbaik-jurusan-untuk-yang-suka-membaca/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=3-rekomendasi-terbaik-jurusan-untuk-yang-suka-membaca
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 17, 2022 1:00 pm