10 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari Hari

10 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari Hari

Kosakata Bahasa Korea yang kamu miliki saat ini sudah seberapa banyak, Sobat Pintar? Kalau rajin nonton drama Korea, semestinya kosa kata sehari-hari Bahasa Korea yang sudah kamu ketahui saat ini cukup banyak. Apalagi kalau drama incaranmu enggak ada subtitle-nya, kamu pasti tak segan berburu subtitle sampai-sampai menyiapkan sebuah kamus Korea sebagai back up plan.

Jika pernah mengalaminya, sederet kata-kata sehari-hari dalam Bahasa Korea di bawah ini pasti pernah kamu temui. Yuk, ingat kembali, di drama yang manakah kamu sempat menjumpai kosa kata Bahasa Korea sehari-hari berikut.

Baca juga: 5 Tips Belajar Bahasa Korea bagi Pemula

kosa kata sehari-hari bahasa korea
Photo by rawkkim on Unsplash

1. Daebak

Kita sudah berkali-kali mendengar vocab Korea yang satu ini di berbagai drama kan, Sobat? Daebak berarti mengagumkan, sesuatu yang hebat. Kita menggunakan kosa kata Bahasa Korea ini saat merasa kagum atas sesuatu atau pada tindakan seseorang.

 

2. Aigo

Apa saja kosa kata bahasa Korea? Pasti banyak, dong. Saat kamu tak bisa menyebutkan satu saja vocab Korea, orang yang berada di depanmu akan berata, “Aigo” dengan air muka penuh keprihatinan. Secara harfiah, aigo berarti aduh.

 

3. Hajima

Kosa kata sehari-hari Bahasa Korea ini terbilang cukup penting, Sobat. Dengan mengucapkan hajima, kita menunjukkan larangan – bahkan terkadang yang cukup keras: “Jangan!” Ekspresi dan penggunaan vocab Korea ini biasanya muncul dalam scene drama dengan konflik yang sedang tegang-tegangnya.

 

4. Kwenchana

Berbeda suasana dengan hajima, kwenchana menunjukkan pemakluman, persetujuan kita. Dalam situasi yang berbeda, kita juga menggunakan kwenchana untuk menjelaskan bagaimana keadaan kita. Vocab Korea ini berarti tidak apa-apa. Berapa kali kita mengatakannya dalam sehari, Sobat Pintar? Saking seringnya, wajib banget menambahkan kwenchana ke dalam kosa kata Bahasa Korea sehari-hari yang kamu miliki saat ini.

 

5. Kol

Hayo, berapa kali subtitle dramamu menerjemahkan kol dengan cool? Enggak salah juga kok, Sobat. Namun sebenarnya, saat kamu mempelajari Bahasa Korea dan artinya, kol berarti ‘setuju.’

 

6. Eottoke

Eottoke juga pasti cukup sering kamu dengar di drama Korea. Kosa kata sehari-hari Bahasa Korea ini memang sebenarnya sudah menjadi bagian dari kehidupan, baik secara nyata maupun di dunia drama. Habis, siapa sih yang enggak pernah menghadapi masalah? Nah, saat kita merasa panik, cemas, tak tahu harus bagaimana ketika dihadapkan dengan masalah atau kesulitan, saat itulah kita berkata “Eottoke!” Dalam kamus Korea, mungkin kamu akan mendapati eottoke dengan arti bagaimana.

 

7. Yeoboseyo

Yeoboseyo adalah bagian dari kata-kata sehari-hari dalam Bahasa Korea yang sangat sering diucapkan, terutama di masa ketika setiap orang memiliki setidaknya satu ponsel seperti sekarang. Yeoboseyo dalam Bahasa Korea sama seperti moshi-moshi dalam Bahasa Jepang, halo dalam Bahasa Indonesia, atau hello dalam Bahasa Inggris.

 

8. Chotha

Apa itu chotha? Saat ada orang yang meminta pendapatmu, dan kamu menjawab “chotha” berarti menurutmu sesuatu itu bagus, Sobat. Coba ingat, adegan drama favorit manakah yang menggunakan vocab Korea ini?

 

9.  Eotteoke jinaeseyo

Berjumpa dengan seseorang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang tak bisa kita hindari. Nah, saat bertemu, jangan ragu bersikap ramah dan bertanya kabar, Sobat: Eotteoke jinaeseyo?” Emangnya apa arti jinaeseyo? Dalam konteks pertemuan yang formal seperti ini, eotteoke jinaeseyo menjadi satu paket yang tak terpisahkan, Sobat. Kosa kata Bahasa Korea sehari-hari ini dapat diterjemahkan ‘Apa kabar?’

 

10. Jaljinaeyo

Kemudian, kalau ditanya kabar, jawablah dengan sopan: “Jaljinaeyo.” Kamu sudah bisa menebak dong, apa arti kosakata Bahasa Korea ini, Sobat Pintar?

kosa kata bahasa korea sehari-hari
Photo by zero take on Unsplash

Baca juga: Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Kuliah Bahasa Korea

Atau sebaliknya nih, kamu masih belum terbayang bagaimana rasanya bertegur sapa dengan sopan secara formal? Tak apa, kita pasti pernah kesulitan memahami atau mengerti sesuatu. Kalau cuma kesulitan memahami daftar kosa kata Bahasa Korea sehari-hari dan artinya di atas, kamu masih bisa mengikuti kursus Bahasa Korea bersama KenalKorea.

Ada jauh lebih banyak lagi kosa kata sehari-hari Bahasa Korea yang bisa kamu pelajari selama mengikuti kursus. Belajar bahasa asing secara nonformal juga akan membantumu mengenal sisi budaya penuturnya dengan lebih baik lagi. Dijamin, enggak bakal kagok kalau harus bersikap sopan dan formal dalam budaya Korea. Layak banget untuk diperjuangkan dong, Sobat? Masak cuma doi yang diperjuangkan…

The post 10 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari Hari first appeared on E-TEST.ID.

Kosakata Bahasa Korea yang kamu miliki saat ini sudah seberapa banyak, Sobat Pintar? Kalau rajin nonton drama Korea, semestinya kosa …

The post 10 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari Hari first appeared on E-TEST.ID.

Source : https://e-test.id/10-kosa-kata-bahasa-korea-sehari-hari/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=10-kosa-kata-bahasa-korea-sehari-hari
feed url : https://e-test.id/feed/
Date Time : October 22, 2022 5:09 pm